Cara Mengatasi Kartu Kredit Bermasalah (Macet)

Advertisement

Jika Anda tengah mencari cara mengatasi kartu kredit bermasalah, sedikit ulasan di bawah ini mungkin dapat menjadi solusi bagi Anda yang tengah kebingungan karena terbentur masalah. Ada banyak hal penyebab kenapa CC kita bermasalah maka dari itu sejak awal pengajuan kartu kredit ada baiknya kita mengetahui hal-hal yang perlu kita pertimbangkan sebelumnya.

cara-mengatasi-kartu-kredit-bermasalah-macet
Mengatasi kartu kredit bermasalah source

Kartu kredit sebenarnya diciptakan untuk mempermudah sekaligus menjadi solusi bagi kita dalam memenuhi kebutuhan mendadak. Namun pada kenyataan nya tidak jarang pengguna kartu kredit terbentur dengan masalah tunggakan pembayaran. Jika mengalami kartu kredit macet segeralah mencari cara untuk mengatasinya. Karena jika dibiarkan terus menerus hal ini bisa saja memberikan dampak negatif baik bagi diri Anda sendiri maupun keluarga. Masalah kartu kredit ini biasanya ditimbulkan karena banyak faktor, diantara adalah:

Masih awam dengan aturan kartu kredit

Orang yang tidak tahu bagaimana sistem penggunaan dan cicilkan CC biasanya akan lebih mengandalkan gesekan kartunya untuk mendapatkan uang atau sebagai belanja. Yang mereka tahu hanyalah bagaimana mendapatkan uang secara cepat tanpa menyadari jika ia harus mengembalikan dana tersebut dalam jangka waktu tertentu dengan bunga tertentu.

Belum juga dapat mengembalikan penarikan dana yang ia gunakan malah sering di bulan berikutnya mengambil lagi sesuai dengan limit yang dimilikinya. Hal ini kemudian menjadikan tunggakan pembayaran atau keterlambatan cicilan yang membengkak kan suku bunga yang harus diberikan.

Royal

Pemegang kartu kredit yang royal dan suka berbelanja menjadi faktor penentu pula membengkak nya piutang dalam kartu kredit. Karakter orang seperti ini biasanya akan mudah terpengaruh dengan promo-promo dan diskon yang diberikan oleh berbagai macam toko terlebih online shop yang sedang booming-booming nya di Indonesia.

Limit Terlalu Besar

Limit kartu kredit yang terlalu besar sebenarnya akan membahayakan pengguna jika tidak dapat memanage keuangan dengan baik. Bisa kita ibaratkan jika memiliki fasilitas kartu kredit dengan limit 45 juta dan telah kita habiskan seluruhnya. Sementara itu pendapatan per bulan kita hanya berkisar 5 juta rupiah itu pun masih kotor.

Secara logika sebenarnya kita dapat berfikir jika cicilan kartu kredit dengan nominal tersebut akan sangat berat kita jalankan dengan memiliki gaji 5 juta per bulan. Bisa dipastikan setiap bulannya akan ada keterlambatan pembayaran yang melahirkan bunga sekitar 3,5% dari tunggakan tersebut.

Kartu Kredit Bermasalah

Jika sudah mentok dengan keterlambatan biasanya para pemegang kartu kredit baru akan menyadarinya jika tindakannya selama ini merupakan kesalahan besar. Semakin lama tunggakan pembayaran tersebut upaya menghindar dari tagihan tentu saja tak dapat lagi kita lakukan.

Dari sini masalah demi masalah pasti akan muncul satu per satu mulai dari tidak tenang dalam menjalani kehidupan sehari-hari hingga mudah tersulutnya emosi Anda. Hal ini yang kemudian akan mengorbankan orang-orang disekitar Anda termasuk keluarga.

Solusi terbaik atau cara mengatasi kartu kredit bermasalah ini salah satunya ialah dengan melakukan pinjaman KTA Bank (Kredit Tanpa Agunan) dari sisa limit kartu kredit yang Anda pegang dan kemudian digunakan untuk menutup seluruh tunggakan penarikan kartu kredit yang belum terbayarkan.

Dengan ini setidaknya Anda akan lebih memiliki waktu dalam melakukan pelunasan piutang yang Anda miliki. Demikian sedikit ulasan tentang cara mengatasi kartu kredit bermasalah atau macet.

Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Kartu Kredit Bermasalah (Macet)

0 komentar:

Poskan Komentar