Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

7 Cara Mudah Pengajuan Pinjaman KTA Ke Bank

Cara pengajuan pinjaman KTA ke Bank di bawah ini berlaku dalam proses permohonan kredit tanpa agunan agar cepat diproses serta disetujui. Bagi kita yang pernah melakukan apply kredit cara di bawah ini mungkin sudah menjadi hal biasa, namun bagi Anda yang belum pernah sama sekali menjadi debitur di sebuah perusahaan jasa keuangan barang kali akan membutuhkan referensi guna melakukan langkah pengajuan KTA dari awal hingga akhir pencairan pinjaman.

Kebutuhan mendadak yang tak terduga acap kali datang menghampiri kita tanpa pandang situasi dan kondisi. Dalam keadaan terdesak seperti ini tidak ada salahnya bagi kita untuk melakukan pengajuan kredit melalui berbagai produk pinjaman bank yang saat ini sangat beragam jenisnya.

cara-mudah-pengajuan-pinjaman-kta-ke-bank
Salah satu jenis yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia di era modern seperti tahun 2016 ini adalah Kredit Tanpa Agunan atau yang kerap disingkat dengan KTA. Berbagai kemudahan terutama dalam persyaratan pengajuan tanpa memerlukan jaminan menjadi pokok utama jenis kredit ini.

Nah 7 cara pengajuan pinjaman KTA ke Bank berikut merupakan langkah-langkah untuk melakukan apply kredit melalui produk pinjaman tanpa jaminan.

1. Memilih Jasa Keuangan

Hal utama dan pertama yang wajib kita lakukan dalam cara pengajuan KTA ialah menentukan perusahaan jasa keuangan atau perbankan mana yang akan kita pilih sebagai bank yang kita tuju.

Perkembangan teknologi informasi seperti saat ini baik melalui situs resmi sebuah bank maupun situs perantara pengajuan kredit dapat dengan mudah kita akses serta kita bandingkan.

Sebelum menentukan pilihan perbankan mana yang kita pilih ada baiknya terlebih dahulu kita bandingkan antara satu bank dengan perbankan lain yang memiliki produk kredit serupa.

Adapun beberapa hal yang wajib kita bandingkan diantaranya ialah: Suku bunga kredit yang diberlakukan, jumlah plafon maksimal pengajuan pinjaman; pembiayaan keterlambatan maupun percepatan; biaya administrasi, dan lain sebagainya.

2. Lengkapi Persyaratan

Jika pilihan kita telah tertuju pada salah satu perbankan langkah berikutnya yang perlu kita lakukan ialah mencari informasi terkait dengan syarat pengajuan KTA serta melengkapi persyaratan tersebut.

Persyaratan yang biasanya berupa berkas atau dokumentasi tentu perlu kita siapkan terlebih dahulu sebelum melakukan pengajuan. Beberapa persyaratan yang tidak dapat dibuat secara instan seperti kartu kredit, slip gaji, maupun surat-surat lainnya dapat kita siapkan terlebih dahulu.

Persyaratan ini menjadi sangat penting karena melalui data inilah nantinya pihak perbankan melakukan verifikasi serta persetujuan.

3. Pilih Metode Pengajuan

cara pengajuan pinjaman KTA ke bank secara umun dapat kita lakukan melalui dua yakni online sebagaimana yang telah kita sampaikan dalam pengajuan KTA online melalui Bank Danamon dan sistem offline. Bagi Anda yang ingin melakukan pengajuan KTA ke Bank melalui sistem online kami sarankan untuk mengunjungi situs resmi perbankan tersebut jika sudah support pelayanan online.

Namun jika perbankan tersebut belum memiliki pelayanan secara online Anda bisa mengajukan nya melalui situs perantara yang banyak bertebaran di internet seperti kreditgogo, cekaja, cermati, uang teman, dan lain sebagainya.

Sebaliknya jika Anda memilih pengajuan kredit melalui offline bisa saja mendatangi kantor cabang bank terdekat sesuai pilihan Anda. Biasanya petugas bank/ customer service akan memberikan pelayanan ramah dan informasi yang akurat terkait segala macam syarat hingga simulasi KTA sesuai dengan yang Anda tanyakan.

4. Apply Kredit Tanpa Agunan

Langkah pengajuan KTA yang ke-4 yakni pengisian formulir aplikasi/ formulir permohonan pinjaman. Baik secara online maupun offline aplikasi ini wajib diisi secara lengkap serta sesuai dengan keadaan sebenarnya.

Formulir ini nantinya yang akan menjadi data verifikasi petugas bank guna memutuskan apakah kita termasuk orang-orang berhak menerima pinjaman uang ataupun tidak. Perlu kita ingatkan bahwa perbankan memberikan pinjaman hanya kepada mereka yang mampu mengembalikan.

5. Menunggu Verifikasi

Verifikasi data debitur dari perbankan satu dan yang lain memang tidak ada yang sama. Namun pada dasarnya pihak bank akan melakukan verifikasi data yang telah kita isikan dalam formulir pengajuan kredit dengan berbagai cara.

Dalam beberapa kasus petugas bank juga diwajibkan melakukan survei keadaan rumah tangga serta perekonomian keluarga calon debitur. Selain itu validasi data juga bisa dilakukan dengan cara menanyakan langsung pada perusahaan tempat calon debitur bekerja maupun kepada orang yang kita cantumkan dalam pengisian aplikasi kredit.

6. Persetujuan

Nah jika kelima cara pengajuan KTA di atas telah selesai berikutnya kita tinggal menunggu proses persetujuan. Lama menunggu persetujuan ini biasanya memakan waktu sekitar 3 hingga 14 hari kerja terhitung sejak kita memasukkan berkas pengajuan.

Setelah pihak perbankan memutuskan kita termasuk calon debitur yang berhak menerima pinjaman biasanya akan ada konfirmasi dari petugas terkait baik via telephone maupun surat resmi sekaligus meminta kita untuk menandatangani surat perjanjian/ kesepakatan sesuai dengan peraturan.

7. Pencairan Dana

Proses pencairan dana antara satu bank dengan yang lainnya juga memiliki metode berbeda. Ada yang langsung memberikan pinjaman tersebut melalui rekening ada pula dengan metode lain sesuai dengan peraturan perbankan yang berlaku.

Metode serta biaya administrasi sebaiknya juga kita tanyakan kepada petugas bank agar tidak menimbulkan kesalahpahaman terhadap jumlah pembiayaan yang akan dikenakan kepada kita.

7 cara pengajuan pinjaman KTA ke Bank di atas merupakan langkah umum yang bisa saja tidak sama dengan peraturan bank yang Anda tuju. Untuk itu pastikan Anda mencermati setiap kalimat dan persyaratan dalam proses pengajuan KTA.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Cara Mudah Pengajuan Pinjaman KTA Ke Bank

0 komentar:

Posting Komentar