Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

3 Jenis KUR BRI yang Perlu Anda Tahu

KTA Bank - Sebagai perbankan penyalur kredit usaha rakyat BRI memberikan layanan bagi beberapa kalagan mulai dari calon TKI hingga pengusaha ritel. Untuk mengetahui perbedaan tersebut di bawah ini kami sampaikan ulasan mengenai Jenis KUR BRI yang perlu Anda tahu.

Kredit usaha rakyat merupakan program pemerintah yang khusus diperuntukan bagi beberapa kalangan. Melalui program ini pemerintah Indonesia memberikan subsidi suku bunga yang diberlakukan dalam pengajuan kredit. Adapun suku bunga untuk tahun 2016 ini pemerintah bersama rekanannya telah menetapkan 9% per tahun dengan alokasi dana lebih dari 100 Triliun rupiah. Dari sekian banyak perbankan rekanan pemerintah Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjadi perbankan penyalur dana terbesar di tahun ini.
jenis-kur-bri

Kebijakan pemerintah menunjuk BRI sebagai perbankan terbesar dalam menyalurkan dana kredit tidak lain karena record mereka di tahun-tahun sebelumnya. BRI dianggap sebagai jasa keuangan paling bagus dan efektif guna menyalurkan kredi usaha rakyat di seluruh nusantara.

Bank Rakyat Indonesia sendiri menyalurkan 3 jenis kredit usaha rakyat yang bisa dilihat dari jenis usaha dan kalangannya. Adapun ketiga jenis KUR BRI yakni sebagai berikut.

1. KUR Mikro

KUR Mikro merupakan layanan kredit usaha rakyat khusus bagi para pelaku usaha usaha kecil menengah dengan plafond maksimal sebesar 25 juta rupiah dan jangka waktu pinjaman maksimal 3 tahun serta.

Adapun sektor usaha yang diijinkan mengajukan jenis kredit tersebut tentunya harus sesuai dengan peraturan pemerintah seperti usaha perdagangan, perikanan, peternakan, pertanian dan lain sebagainya.

2. KUR Ritel

Meskipun sama-sama mendapatkan subsidi suku bunga namun jenis kredit KUR Ritel memiliki plafond berbeda yakni antara 25 juta rupiah hingga 500 juta rupiah dengan jangka waktu pinjaman maksimal mencapai 4 tahun atau 48 bulan.

Pinjaman dengan bunga ringan ini sangat cocok bagi wiraswasta yang ingin mengembangkan usahanya dengan tambahan modal kerja antara 25 hingga 500 juta rupiah.

3. KUR TKI

Jika kita lihat dari namanya tentu kita dapat menebah jika kredit usaha rakyat yang satu ini khusus diperuntukan bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Namun maksud dengan TKI disini ialah mereka yang masih berada di dalam negeri namun telah lolos mengikuti serangkaian test untuk magang/ bekerja di luar negeri.

Dengan kata lain KUR TKI diperuntukan sebagai modal awal pemberangkatan TKI ke luar negeri. Adapaun plafond maksimal yang bisa diajukan sama dengan jenis KUR Mikro yakni sebesar Rp. 25 Juta.
Dari ketiga jenis kredit di atas sama-sama diperuntukkan bagi masyarakat umum yang memenuhi kualifikasi sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Bagi Anda yang ingin mengajukan salah satu dari jenis KUR BRI di atas silahkan untuk menanyakan langsung ke kantor Bank Rakyat Indonesia terdekat dengan tempat tinggal Anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 3 Jenis KUR BRI yang Perlu Anda Tahu