Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

Pinjaman Modal Usaha KKPE dari Pemerintah

Meskipun program pinjaman modal usaha dari Pemerintah dalam bentuk Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE) telah lama diluncurkan pemerintah, namun hingga saat ini tidak banyak pelaku usaha KPE yang mengetahui dan memanfaatkan kredit tersebut.

Hampir sama dengan kredit usaha rakyat (KUR) program KKPE juga mendapatkan subisdi suku bunga sekitar 4 persen per tahun. Sebagaimana namanya Kredit Ketahanan Pangan dan Energi dikhususkan bagi para pelaku usaha di bidang pangan terutama pertanian, peternakan, perikanan dan nelayan.
pinjaman-modal-usaha-dari-pemerintah

Dari informasi yang kami himpun pinjaman modal usaha dari pemerintah bagi para pelaku usaha pangan dan energi ini telah diluncurkan sejak 2007 silam melalui beberapa perbankan baik skala nasional maupun daerah. Adapun daerah yang menjadi target dari program KKPE antara lain Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Pulau Jawa, Bali, Kalimantan Selatan, Papua, Riau, dan Sulawesi Selatan. Di antara perbankan penyalur KKPE di Indonesia saat ini yakni Bank Jateng dan Bank Jatim dalam lingkup daerah serta Bank BRI, Mandiri, BCA, Bank Bukopin, dan BRI dalam lingkup nasional.

Melalui program KKPE pelaku usaha beberapa sektor di atas dapat mengajukan kredit baik secara pribadi maupun kelompok. Palfon pinjaman yang dapat diajukan melalui program pemerintah ini dapat kita klasifikasikan menjadi tiga.
  1. Maksimal pinjaman Rp 500 Juta berlaku bagi koperasi pengadaan pangan khususnya makanan pokok seperti jagung, gabah, serta kedelai.
  2. Maksimal pinjaman Rp 500 Juta juga berlaku bagi kelompok tani dengan tujuan pengadaan mesin pertanian.
  3. Sementara itu plafon kredit maksimal bagi pengajuan secara individu dari jenis perikanan, pertanian, nelayan, hingga perkebunan sebesar Rp 50 Juta.
Secara umum ketiga klasifikasi di atas mendapatkan tenor pinjaman yang sama dengan maksimal angsuran selama 60 bulan. (Simak Juga: Cara Mengajukan Kredit Modal Kerja di Bank Mandiri).

Salah satu keistimewaan pinjaman modal usaha dari pemerintah bagi usaha ketahanan pangan yakni sistem angsuran yang ringan dan bisa dilakukan setelah panen sehingga debitur tidak harus melakukan angsuran per bulan.

Bagi Anda pelaku usaha di bidang ketahanan pangan dan berniat untuk melakukan pinjaman modal usaha KKPE dari pemerintah kami sarankan untuk mencari informasi lebih lanjut ke perbankan pelaksana program tersebut baik untuk mencari tahu syarat terbaru maupun sistem yang berlaku di masing-masing bank.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pinjaman Modal Usaha KKPE dari Pemerintah