Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

4 Pertimbangan Sebelum Mengajukan Kredit Untuk Mengembangkan Usaha

Menjadi seorang wiraswasta merupakan pilihan tepat di tengah minimnya penghasilan karyawan suatu perusahaan. Namun dengan memilih berwiraswasta berarti kita juga harus siap dengan segala resiko dan tuntutan yang ada. Salah satu tuntutan yang mesti kita hadapi yakni dalam mengembangkan usaha atau bisnis yang kita geluti.

Selain menarik investor untuk menginvestasikan dana pada usaha kita mengajukan pinjaman modal kerja ke perbankan menjadi alternatif lain sebagai solusi pengembangan usaha. Lalu apa saja yang perlu kita pertimbangkan sebelum mengajukan kredit untuk mengembangkan usaha? Ya, memang ada beberapa pertimbangan yang harus kita perhatikan sebelum mengajukan kredit sebagai modal pengembangan bisnis kita. Berikut 4 pertimbangan sebelum mengajukan kredit untuk mengembangkan usaha.

Pemasukan Stabil

pertimbangan-sebelum-mengajukan-kredit-untuk-mengembangkan-usaha
Hal pertama yang harus kita pertimbangkan sebelum mengajukan kredit modal kerja yakni pemasukan dari hasil usaha kita telah stabil. Stabil di sini bukan berarti pemasukan pada dari bulan ke bulan tetap sama nominalnya akan tetapi pemasukan tersebut tetap dijalur positif sesuai dengan iklim dari usaha yang kita geluti.

Selain bisa kita pertimbangkan sebagai sumber angsuran kredit kestabilan pendapatan usaha juga akan banyak bermanfaat dalam proses persetujuan kredit oleh perbankan. Perbankan skala nasional biasanya akan meminta laporan keuangan perusahaan sebagai salah satu pertimbangan persetujuan kredit yang kita ajukan.

Prospek Usaha di Masa Depan

Jika kita lihat prospek dari bisnis kita di masa datang akan semakin bagus maka memilih kredit sebagai sarana pengembangan usaha merupakan keputusan tepat. Dengan melihat prospek di masa depan berarti sedikit banyak kita telah memiliki rencana untuk maju dan berkembang. Metode observasi dan penelitian bisa juga kita terapkan dalam melihat prospek bisnis kita di masa depan.

Sebaliknya jika dari prediksi serta observasi terhadap usaha kita terlihat akan mengalami penurunan di masa depan sebaiknya kita urungkan terlebih dahulu untuk mengajukan pinjaman modal kerja dan mencari alternatif bisnis lain yang masih akan berjaya di masa depan.

Dalam kasus ini bisa kita contohkan usaha warung internet atau warnet. Jika kita lihat dari perkembangan teknologi sampai saat ini warung internet semakin hari semakin sepi pengunjung karena maraknya fasilitas modem dan wifi. Dalam kondisi seperti ini bisa kita prediksi jika usaha warnet dalam 5 hingga 10 tahun ke depan akan semakin mengalami penurunan baik dari segi pelanggan maupun pemasukan. Dengan pertimbangan tersebut maka tidak disarankan melakukan pengajuan pinjaman kredit modal kerja ke perbankan sebagai cara mengembangkan usaha warnet. Malah ada baiknya kita mencari alternatif usaha lain yang mampu menggantikan bisnis warnet yang telah kita jalankan tersebut. Kita juga dapat mempertimbangkan dengan usaha WarTel yang pernah berjaya pada masa lalu dimana saat ini usaha serupa hampir sudah tidak ada lagi karena perkembangan teknologi telephon seluler (Handphone).

Pembukaan Cabang Baru

Mengembangkan sayap dengan membuka cabang baru merupakan keputusan yang tentunya telah kita pertimbangkan secara matang. Bahkan dari pertimbangan tersebut kita dapat memilih kredit modal kerja dari perbankan sebagai salah satu dana untuk mewujudkan cabang baru di tempat lain.

Jika kita ibaratkan semakin banyak ember yang kita miliki untuk menampung air maka peluang memperoleh air akan semakin besar pula bagi kita. Demikian halnya dalam mengusakan pendapatan dari usaha kita, semakin banyak cabang yang kita miliki akan semakin besar pula pelang kita dalam mendulang pundi rupiah. Kondisi seperti ini menjadi waktu yang tepat mengajukan kredit untuk mengembangkan usaha kita.

Kemunculan Pesaing Baru

Jika usaha yang kita geluti memiliki prospek bagus pastinya akan semakin banyak pesaing baru yang bermunculan dengan menjiplak usaha serupa. Jika Anda berpikir jika kemunculan pesaing mengancam keberlangsungan usaha Anda sebaiknya ubah mindset seperti itu. Jadikan kemunculan pesaing baru sebagai motivasi dalam melakukan inovasi terhadap usaha yang Anda geluti.

Melakukan inovasi dan mengajukan kredit modal kerja pada perbankan menjadi salah satu solusi yang bisa jadi di kemudian hari justru akan memberikan keuntungan berlipat terhadap bisnis Anda. Ingat, sebagai pemain lama berarti Anda telah memiliki pengalaman dan jam terbang dalam bidang tersebut lebih lama makanya jangan khuatir atas kemunculan para pesaing asalkan mereka sama-sama bermain secara sehat.

Keempat kodisi di atas merupakan beberapa pertimbangan sebelum mengajukan kredit untuk mengembangkan usaha. Semoga memberikan inspirasi bagi kita semua dan jangan lupa simak juga ulasan terkait Tabel Resmi Angsuran KUR BRI Terbaru.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 4 Pertimbangan Sebelum Mengajukan Kredit Untuk Mengembangkan Usaha

0 komentar:

Posting Komentar