Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

Syarat Membuka Rekening BRI (Tabungan, Giro, Deposito)

Jenis rekening Bank BRI mulai dari rekening tabungan (Simpedes, BRItama), Rekening Giro, dan rekenig deposito merupakan pilihan tepat bagi kita yang berkeinginan memiliki simpanan. Bank Rakyat Indonesi (BRI) menjadi pilihan tepat karena memiliki beragam keunggulan dibanding dengan perbankan lain.

Selain prioritas pelayanan, BRI juga mengedepankan kepuasan bagi nasabah sehingga sangat cocok bagi kita yang memiliki banyak agenda transaksi harian mulai dari transfer ke sesama rekening BRI maupun ke rekening bank lain seperti BNI, Bank Mandiri, BCA, dan lain  sebagainya.
cara-dan-syarat-buka-rekening-bri

Sebelum membahas mengenai cara membuka rekening BRI alangkah baiknya jika kita mengetahui beberapa jenis produk simpanan BRI mulai dari tabungan, giro, hingga deposito. (Baca juga: Cara Meminjam Uang di Bank BRI).

Jenis dan Syarat Buka Rekening BRI

Bank Rakyat Indonesia memiliki beragam produk simpanan yang dikelompokkan menjadi 3 jenis simpanan yakni Rekening Tabungan, Rekening Giro, dan Rekening Deposito. Dari ketiga jenis simpanan tersebut masih terdapat beberapa sub jenis yang memiliki keunggulan serta peruntukkan masing-masing. Jenis dan syarat buka rekening BRI secara lengkap dapat kita simak melalui tabel berikut ini.
Jenis SimpananJenis RekeningSyarat
TabunganTabungan BRItamaIdentitas diri (KTP/SIM), Surat Keterangan Domisili (Bagi pemegang KTP luar Kota), Biaya Buka Rekening Rp 12.000, Setoran Awal Rp 250.000.
Britama BisnisIndividu: Blangko pengajuan, KTP/SM | Corporate: Blangko pengajuan, Legaitas usaha, Surat kuasa pengelola rekening, Identitas diri pemegang rekening, setoran awal Rp 1.000.000.
Britama DollarFC Identitas diri (KTP/SIM), Perorangan: Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS), Kartu Ijin Tinggal Tetap (KITAP), Corporate: FC Akta Pendirian, Legalitas Usaha, Daftar Struktur Perusahaan, NPWP.
Britama ValasBlangko pendaftaran, Identitas diri, Setoran Pertama 50 USD/ Nominal setara pada mata uang lain.
Britama RencanaWNI: Blangko pendaftaran, KTP, memiliki rekening Simpedes/ Britama/ Giro. WNA: Memiliki rekening BRI, FC Paspor dan KITAS.
TabungankuWNI, Blangko Pendaftaran, Identitas diri (KTP/SIM/Paspor), Setoran Awal Rp 20.000.
Tabungan BRI JunioUsia dibawah 17 tahun: Ortu memiliki rekening BRI, FC C1/ Akte Lahir, Diatas 17 tahun: FC KTP/ SIM (Setoran Awal Rp 250.000
SimpedesKTP/SIM/Paspor, Setoran Awal Rp 100.000, Surat keterangan domisili (KTP luar kota).
Simpedes TKIRekomendasi PPTKIS, Identitas diri (KPT/Paspor), Setoran Pertama Rp 10.000
Tabungan HajiKTP/SIM.
DepositoDeposito ValasIndividu: Blangko pengajuan, KTP/SIM, NPWP | Corporate: Blangko pendaftaran, Akta perusahaan, Surat kuasa pengelola rekening, Identitas diri pemegang rekening, setoran awal disesuaikan dengan jenis mata uang.
Deposito RupiahIndividu: Blangko pengajuan, KTP/SIM, NPWP | Corporate: Blangko pendaftaran, Akta perusahaan, Surat kuasa pengelola rekening, Identitas diri pemegang rekening, setoran awal Rp 10.000.000.
Deposito On CallIndividu: Blangko pengajuan, KTP/SIM, NPWP | Corporate: Blangko pendaftaran, Akta perusahaan, Surat kuasa pengelola rekening, Identitas diri pemegang rekening, setoran awal Rp 500.000.000.
GiroGiro RupiahIndividu: Blangko pengajuan, KTP/SIM, NPWP, Setoran awal Rp 500.000 | Corporate: Blangko pendaftaran, Akta perusahaan, Surat kuasa pengelola rekening, Identitas diri pemegang rekening, setoran awal Rp 1 Juta.
Giro ValasIndividu: Blangko pengajuan, KTP/SIM, NPWP | Corporate: Blangko pendaftaran, Akta perusahaan, Surat kuasa pengelola rekening, Identitas diri pemegang rekening, setoran awal disesuaikan dengan jenis mata uang.

Keunggulan BRI

Naif sebenarnya jika kita masih membicarakan keunggulan BRI, karena secara umum pasti sudah kita ketahui sendiri ragam kelebihan Bank Milik Pemerintah yang satu ini. Beberapa kelebihan BRI antara lain bisa kita simpulkan sebagai berikut:
  • Jaringan kantor perwakilan luas di seluruh Indonesia bahkan Mancanegara.
  • ATM Tersebar dimana-mana mempermudah tarik tunai maupun transfer antar rekening Bank seperti Bank Mandiri, BNI, BCA, BNI, dan lain sebagainya.
  • Fasilitas E-banking, Mobile Banking, dan Internet Banking.
  • Harga beli mata uang lain relatif lebih tinggi.
  • Pelayanan yang profesional.
  • Suku bunga kompetitif.
  • Biaya administrasi bulanan terjangkau bahkan gratis pada jenis rekening tertentu.
  • Kualitas teknologi yang memadahi bahkan memiliki satelit sendiri.
Beberapa keunggulan Bank BRI di atas menjadi bukti jika perusahaan keuangan milik negara tersebut layak untuk kita andalkan baik dari segi pelayanan maupun keamanan.

Cara Membuka Rekening BRI

Untuk membuka rekening di Bank BRI hal pertama yang perlu kita lakukan yakni memilih jenis rekening entah itu Rekening Simpedes, BRItama, Britama Bisnis, Britama Rencana, Britama Valas, Britama Dollar, Tabunganku, Tabungan BRI Junio, Tabungan Haji, maupun jenis rekening giro dan deposito lainnya.

Selanjutnya sebelum mendatangi kantor perwakilan terdekat simak terlebih dahulu syarat membuka rekening BRI pada jenis yang akan kita pilih. (Misalnya bagi nasabah di bawah usia 17 tahun dan ingin membuat rekening BRI Junio maka persiapkan data diri dan keluarga serta bukti rekening tabungan BRI milik orang tua).

Jika telah mengantongi persyaratan langkah berikutnya yakni mendatangi kantor perwakilan terdekat baik kantor cabang maupun kantor cabang pembantu dan mengutarakan maksud untuk membuka jenis rekening pada customer service.

Pada tahapan ini kita akan diminta untuk mengisi blangko pengajuan sekaligus menyertakan persyaratan sesuai dengan jenis rekening yang akan dibuka. Setelah proses selesai nasabah akan mendapatkan buku tabungan serta kartu ATM pada jenis rekening tertentu. Nah mudah kan Prasarat membuka rekening BRI? Tunggu apa lagi silahkan kunjungi dan daftarkan diri Anda untuk menikmati beragam fasilitas yang ditawarkan Bank Rakyat Indonesia.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Syarat Membuka Rekening BRI (Tabungan, Giro, Deposito)