Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

Manfaat Kartu Kredit yang Sebenarnya, Jangan Salah Kaprah Menggukannya!

Manfaat kartu kredit sebenarnya cukup membantu kita dalam melakukan transaksi non tunai baik itu dalam berbelanja maupun berbisnis. Namun jika kita salah kaprah menggunakan nya bisa-bisa fasilitas tersebut justru akan menjadi boomerang bagi kita sendiri. Minimnya kesadaran masyarakat pemegang kartu kredit akan fungsi utama fasilitas tersebut menyebabkan masalah serius di kemudian hari, tak heran jika tingkat kredit macet atas fasilitas keuangan yang satu ini cukup tinggi.

Di lain sisi sebagai lembaga profit di bidang keuangan, perbankan senantiasa menargetkan pertumbuhan pengguna kartu kredit sebagai upaya meningkatkan laba perusahaan. Hal inilah yang kemudian menjebak para marketing bank dalam mencari nasabah khususnya pengguna kartu kredit baru. Beberapa marketing mengaku mendapatkan target dari atasan untuk mencari nasabah baru pengguna layanan credit card. Bagi mereka yang piawai dalam menawarkan sebuah jasa keuangan serta memiliki relasi cukup luas hal ini tentunya tidak menjadi masalah, namun jika marketing tersebut tidak berkompeten dalam menarik pengguna baru maka berbagai hal dan trik akan dilakukan untuk memenuhi target yang diberikan tanpa memperhatikan SOP dari perusahaan.

manfaat-kartu-kredit
Anehnya lagi fenomena di atas ditanggapi oleh beberapa kalangan yang tertarik akan fasilitas credit card namun tidak mampu memenuhi ketentuan sebagai penerima manfaat sekaligus tidak cukup mengetahui sistem kerja dari kartu kredit. Al hasil nasabah ini nantinya akan merasa ngos-ngosan dalam melakukan pengembalian pinjaman bahkan tidak jarang menimbulkan kredit macet. Jika Anda berkeinginan mendapatkan fasilitas kartu kredit dari perbankan sebaiknya mengetahui terlebih dahulu sistem kerja dari dana talangan tersebut sekaligus skema pengembalian plus bunga yang dibebankan bagi pengguna. Di bawah ini sedikit kita uraikan fungsi utama kartu kredit yang sebenarnya.

Manfaat Kartu Kredit

Dalam 10 tahun belakangan perkembangan teknologi digital di Indonesia tumbuh sangat cepat. Keadaan ini mendorong perubahan sosial ekonomi dari tradisional ke modern, salah satu bukti perkembangan teknologi digital di bidang keuangan yakni munculnya produk kartu kredit hampir dari seluruh perbankan di Indonesia mulai dari BRI, BNI, BCA, Bank Mandiri, dan lain sebagainya.
Perlu kita pahami jika kartu kredit merupakan fasilitas pinjaman atau dana talangan, bukan dana hibah. Maka dari itu berapapun nominal yang Anda pergunakan maka wajib dikembalikan sesuai ketentuan yang berlaku. Secara garis besar manfaat dari kartu kredit dapat kita kelompokan menjadi 2 yakni untuk keperluan berbelanja dan keperlua modal usaha.

Sebagai Alat Transaksi dalam Belanja

Memang benar, tujuan utama penerbitan kartu kredit oleh bank untuk memudahkan transaksi keuangan bagi penggunanya. Meski hal ini sedikit mendorong tingkat pengeluaran nasabah namun di sisi lain cukup banyak keuntungan yang didapat oleh nasabah dalam menggunakan layanan kartu kredit.

Hampir seluruh online shop baik di dalam negeri maupun di luar negeri memberikan layanan pembayaran melalui credit card yang tentunya sangat memudahkan bagi pemegang fasilitas tersebut. Selain itu, kerjasama antara toko online dengan perbankan penerbit kartu kredit sering sekali diwujudkan pada jenis promo tertentu misalnya diskon sebesar 20% bagi pengguna kartu kredit Bukopin atau diskon 50% khusus pengguna kartu kredit visa dan lain sebagainya. Inilah manfaat utama kartu kredit yang perlu kita tahu.

Sebagai Tambahan Modal Usaha

Bisa, nasabah pemegang kartu kredit dapat menggunakan fasilitas ini sebagai upaya mencari tambahan modal usaha disaat bisnis mereka memerlukan dana tambahan secara mendadak. Namun demikian jika Anda merupakan pebisnis yang jeli tentu akan memperhatikan tingkat suku bunga serta margin keuntungan dari bisnis yang tengah Anda jalankan.

Manfaat kartu kredit sebagai dana talangan modal usaha menjadi solusi terbaik dibandingkan dengan pengajuan pinjaman lain baik itu kredit tanpa agunan maupun kredit dengan agunan yang memerlukan waktu serta proses persetujuan cukup panjang. Meski manfaat cerdit card sebagai dana talangan cukup menjanjikan namun tetap kami ingatkan jika Anda perlu melakukan perhitungan kembali terkait kapan Anda dapat melunasi tagihan kartu kredit serta berapa laba yang Anda dapatkan dari perputaran uang tersebut. Jika laba yang Anda dapatkan tidak jauh lebih besar dibandingkan dengan tingkat suku bunga kartu kredit ada baiknya keputusan tersebut Anda urungkan dan mencari solusi lain dalam mencari dana talangan.

Dengan melihat uraian di atas tentu kita akan mengetahui manfaat kartu kredit yang sebenarnya sehingga tidak mudah tergiur akan iming-iming tertentu karena bisa saja justru akan menimbulkan masalah keuangan bagi diri kita pribadi. Demi keamanan sebaiknya pemegang kartu kredit selalu memeriksa jumlah tagihan secara berkala.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Kartu Kredit yang Sebenarnya, Jangan Salah Kaprah Menggukannya!