Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

2017, Dana KUR Turun Jadi Rp 9,02 Triliun untuk Disalurkan BRI, Mandiri, BNI, dan Lembaga Keuangan Lain

Berdasar konferensi pers yang dilakukan pada hari kasmi 27 oktober di Jakarta, Kemenkeu menyampaikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 salah satunya yang dialokasikan khusus untuk subsidi bunga KUR 2017 sebesar 9,02 triliun. Rencananya anggaran tersebut akan disalurkan pada pelaku usaha kecil menengah (UKM) melalui bank penyalur seperti BRI, BNI, Mandiri, dan lembaga keuangan lain baik berbentuk perbankan maupun non perbankan.

Lebih lanjut, dana KUR 2017 mengalami pengurangan dari tahun sebelumnya yang mencapai lebih dari Rp 10 Triliun. Keputusan ini diambil berdasar atas evaluasi penyaluran kredit usaha rakyat pada tahun 2016 yang dirasa belum terlaksana secara optimal.

Sumber gambar: www.infokreditbank.com

Melihat arah kebijakan pemerintah melalui kementerian keuangan alokasi dana tersebut akan tetap disalurkan melalui tiga jenis KUR yakni Mikro, KUR Ritel, dan TKI. Sementara itu belum ada keterangan lebih lanjut untuk jenis kredit usaha khusus usaha ekspor.

Rincian Dana KUR

Subsidi suku bunga KUR Rp 9,02 Triliun tersebut rencananya akan dibagi menjadi beberapa jenis dengan rincian sebagai berikut:
  • Alokasi dana sebesar Rp 6,857 Triliun akan ditujukan untuk KUR Mikro yakni pinjaman modal usaha untuk kelas kecil dengan nominal pinjaman di bawah Rp 25 Juta.
  • Subsidi bunga sebesar Rp 1,91 Triliun diberikan khusus dalam pinjaman kredit usaha rakyat jenis Ritel dengan nominal pinjaman di atas Rp 25 Juta hingga Rp 500 Juta.
  • KUR TKI mendapatkan jatah subsidi sebesar Rp 257 Miliar khusus diberikan bagi tenaga kerja Indonesia guna pembiayaan penempatan dengan nilai pinjaman di bawah Rp 25 Juta.
Dari rincian di atas secara global Rp 9,02 Triliun tersebut diperkirakan mampu mengcover subsudi pinjaman kredit sebesar Rp 120 Triliun yang nantinya akan disalurkan oleh beberapa perbankan dan lembaga keuangan non perbankan.

Rencananya Kredit usaha rakyat 2017 akan diberikan dengan bunga  sebesar 9% per tahun. Selain ditujukan untuk dukungan bagi pelaku UMKM langkah ini juga diambil untuk mendorong perbankan memberikan layanan kredit dengan suku bunga single digit. Dengan demikian harapannya angka kredit mengalami pertumbuhan dua digit di sepanjang tahun 2017.

Bagi masyarakat yang berminat mengajukan KUR 2017 bisa mempersiapkan diri sejak saat ini. Pastikan usaha yang rencananya akan diajukan sebagai objek terdanai memenuhi persyaratan sesuai ketentuan dari pemerintah dan perbankan penyalur.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 2017, Dana KUR Turun Jadi Rp 9,02 Triliun untuk Disalurkan BRI, Mandiri, BNI, dan Lembaga Keuangan Lain