Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

Langkah Sukses Membuat Usaha Franchise dalam menghadapi Persaingan bisnis 2018

Setiap wiraswasta khususnya skala UMKM tentu berharap bisnis yang selama ini digelutinya mengalami perkembangan. Hal tersebut bisa kita lakukan dengan membuat usaha franchise sehingga usaha kita senantiasa dapat berkembang dengan baik. Lebih-lebih pemerintah melalui program kredit usaha rakyat memberikan kesempatan bagi UMKM di Indonesia mengajukan kredit untuk mengembangkan usaha mereka.

Iklan usaha ini memberikan sebuah keuntungan bagi pelaku wiraswasta untuk bertahan dan berkembang di tengah persaingan bisnis. Tahun 2018 telah datang dan sebagai seorang wiraswasta kita perlu melakukan gebrakan untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Salah satu gebrakan tersebut dapat kita lakukan dengan membuat usaha franchise.
cara-membuat-usaha-franchise

Cara Membuat usaha franchise/ Waralaba

Mengawali usaha franchise atau waralaba memang tidak semudah yang kita bayangkan, untuk itu kita perlu jeli dan profesional dalam menentukan brand serta jenis usaha untuk menunjang kesuksesan tersebut. Berikut langkah dalam membuat usaha franchise dalam menghadapi persaingan bisnis 2018.

1. Siapkan Brand & Ciri Utama Usaha

Mengawali sebuah bisnis waralaba hal utama yang tidak boleh ketinggalan ialah brand dan ciri utama dari usaha tersebut. Ciri utama dari usaha kita perlu ditumbuhkan dan diperkenalkan kepada konsumen agar senantiasa mengingat pembeda dari produk yang kita miliki.

Jika kita mengenal bisnis franchise yang kian hari kian bertebaran boleh lah untuk meniru dan belajar dari usaha mereka dalam memperkenalkan produk serta ciri utama dari produk tersebut. Beberapa jenis usaha waralaba di Indonesia yang kini tengah booming sepertinya masih didominasi dari jenis usaha kuliner mulai bakso, siomay, empek-empek, minuman coklat, dan lain sebagainya. Hal ini menunjukkan bahwa usaha franchise dengan modal kecil banyak diminati oleh kalangan masyarakat di Indonesia. Di lain sisi brand yang kita tawarkan juga memberikan nilai plus tersendiri maka dari itu buat nama seunik mungkin sehingga mudah diingat oleh konsumen.

2. Susun SOP agar lebih mudah

Dengan menciptakan standard operasional prosedur (SOP) dalam membuat sebuah produk, kita akan lebih mudah dalam memberikan standarisasi terhadap hasil produk tersebut. Langkah ini bisa kita contohkan dengan mudah melalui jenis franchise minuman coklat. Anda dapat membuat takaran paling pas dalam membuat minuman misalnya dengan resep 2 sendok teh gula pasir, 3 sendok makan bubuk cokla, 200 ml air putih, dan es batu.

Dengan adanya standar tersebut bisa dipastikan siapapun yang meracik minuman itu akan menghasilkan rasa yang sama. Hal ini dapat menentukan pula keberhasilan usaha waralaba yang kita bangun. Ingat, kita sedang membuat usaha franchise yang membutuhkan standarisasi serupa dari satu gerai dengan gerai lain.

3. Mematenkan Produk/ Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

Cara membuat usaha franchise berikutnya dapat kita lakukan dengan mematenkan produk atau membuat hak paten atas produk hasil karya inovasi kita. Jangan beranggapan jika sistem birokrasi serta cara mematenkan produk sangat susah dan membutuhkan biaya besar. Hal ini perlu Anda lakukan secepat mungkin karena setiap bisnis waralaba tanpa tidak sadar kita telah memasarkan HAKI tersebut kepada orang lain.

Carilah informasi tentang syarat yang dibutuhkan dalam membuat HAKI melalui ditjen HAKI Departemen Hukum dan Ham. Jika Anda masih merasa sangat awam terhadap sistem birokrasi boleh mencari konsultan bisnis atau menggandeng teman lain yang pernah membuat hak paten.

4. Susun Tim Management yang Handal

Jangan egois ingin mengerjakan seluruh pekerjaan sendiri tanpa bantuan orang lain. Untuk itu menyusun tim management menjadi hal wajib yang perlu kita lakukan dalam upaya membuat usaha franchise. Dengan memiliki tim management yang handal kita akan lebih mudah dalam menawarkan bisnis kita kepada orang lain. Jika kita belum mampu menggaji mereka, setidaknya kita bisa memanfaatkan relasi yang kita miliki untuk menjadi tim management secara freelance bila memungkinkan.

5. Legalkan Usaha Berbadan Hukum

Bisnis waralaba tergolong sebagai usaha kompleks dan membutuhkan organisasi yang berbadan hukum. Untuk itu kita perlu membentuk bada usaha baik berupa CV, PT, maupun jenis badan usaha lain sesuai bidang usaha kita.

Dengan memiliki usaha berbadan hukum kita akan semakin mudah dalam menawarkan sekaligus mengembangkan bisnis kita di tengah persaingan ketat. Jika dalam pengembangan usaha ini kita masih membutuhkan modal jangan ragu-ragu mengajukan pinjaman modal usaha tanpa agunan ke bank guna pengembangan usaha.

6. Permudah Sistem Pengembangan Gerai

Kunci utama keberhasilan bisnis franchise kita terletak pada kemudahan dalam mengembangkan gerai. Susun langkah dan cara mudah dalam membuka usaha franchise seperti yang Anda tawarkan. Lebih lanjut sistem ini bisa kita terapkan dalam sistem training di mana kita mengajarkan rekanan kita menjalankan bisnis tersebut.
Selain menyusun sistem pengembangan gerai usaha waralaba yang mudah kita perlu menentukan harga yang akan kita tawarkan. Usahakan penawaran tersebut tidak terlalu mahal tapi juga tidak terlalu murah sehingga memberikan kesan profesional terhadap bisnis kita.

7. Tentukan Income Rekanan

Usaha waralaba sebenarnya syarat akan beban mental untuk kerjasama yang berkelanjutan. Selain berusaha mencari keuntungan kita juga perlu memikirkan nasib pembeli franchise yang kita tawarkan. Jangan sampai mereka mengalami kemunduran usaha karena kita salah dalam menentukan perkiraan pendapatan. Ingat jika mereka berhenti menjalankan bisnis tersebut itu berarti income kita dari rekanan tersebut juga akan berhenti.

Untuk itu membuat perkiraan penjualan dan pemasukan mulai harian, hingga bulanan sehingga mempermudah pembeli franchise dalam menghitung keuntungan sekaligus memperkirakan dalam jangka berapa lama BEP akan diperoleh.

Langkah di atas merupakan beberapa cara membuat usaha franchise dalam menghadapi persaingan bisnis di tahun ini. Semoga dapat memberikan inspirasi Anda dalam melakukan pengembangan bisnis yang Anda geluti.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Langkah Sukses Membuat Usaha Franchise dalam menghadapi Persaingan bisnis 2018