Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

Tips Agar Keuangan Keluarga Anda Selalu Sehat

KTA Bank - Perekonomian atau keuangan sehat menjadi salah satu tanda keharmonisan keluarga yang diidamkan setiap manusia. Wajar jika kemudian sebagai kepala rumah tangga atau ibu rumah tangga kita senantiasa berusaha sekuat tenaga mencari nafkah demi mencapai kesejahteraan, terlebih dalam mencukupi kebutuhan buah hati baik dari segi pendidikan maupun gaya hidup. Tapi sayang tidak semua dari kita mampu mewujudkan perkara tersebut.

Kebutuhan hidup yang semakin meningkat seiring berjalannya usia rumah tangga terkadang membuat keuangan keluarga terasa compang-camping. Meski hal ini kerap disiasati oleh sang istri untuk turut bekerja membatu mencari nafkah rupanya solusi ini hanya mampu sedikit meringankan beban suami saja. Lantas bagaimana tips agar keuangan keluarga sehat?
tips-agar-keuangan-keluarga-sehat

Tips Agar Keuangan Keluarga Sehat

Setidaknya terdapat beberapa cara agar keluarga kita memiliki ekonomi kuat dan sehat disamping mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini secara jelas dapat kita lihat dari beberapa tips berikut.

1. Persiapkan Dana Darurat

Dalam setiap perjalanan hidup manusia tidak selalu berada dalam kondisi dan situasi yang sama, demikian pula keadaan ekonomi keluarga. Ada kalanya situasi tertentu semisal bencana alam dan musibah melanda keluarga. Keadaan ini kemudian menjadi situasi di mana anda membutuhkan dana darurat yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan. Dana darurat yang anda miliki bisa menjadi cara utama agar keuangan keluarga anda dalam keadaan sehat. Menurut beberapa pakar, dana darurat yang baik berkisar antara enam hingga dua belas kali kebutuhan keluarga (per bulan).

2. Jangan Berlebihan memegang Uang Tunai

Meski tidak pasti, namun setiap hari keluarga kita membutuhkan transaksi secara tunai baik dalam membeli kebutuhan makan maupun gaya hidup. Tapi perlu kita ingat bahwa uang tunai yang kita pegang tidak perlu berlebihan, setidaknya cukup untuk kebutuhan selama 1 bulan.

3. Minimalisir Tagihan Hutang

Meminjam uang memang bisa menjadi solusi finansial ketika keluarga sedang membutuhkan untuk menutup suatu keperluan. Maraknya tawaran pinjaman dari lembaga keuangan mulai dari kredit tanpa agunan (KTA) hingga sistem gadai BPKB menjadikan kita serasa dimanjakan oleh jasa tersebut. Terlebih tawaran yang berbentuk penjualan barang secara kredit mulai HP, Motor, Mobil, Rumah dan lain sebagainya sering kali menggoda untuk kita ambil.

Meski layanan kredit semacam itu cukup membantu kita dalam memenuhi gaya hidup namun ada baiknya kita hanya memiliki satu tagihan hutang saja. Semisal anda telah memiliki cicilan KPR setiap bulan, sebaiknya jangan kemudian mengambil kredit mobil yang mana justru akan mempersulit kita dalam mengatur keuangan keluarga.

4. Miliki Asuransi

Sadar tidak sadar kehidupan kita senantiasa terancam akan keadaan yang menyedihkan, salah satunya musibah dan sakit. Anda pasti tidak mau karena suatu musibah semua harga terkuras habis tak tersisa. Hal ini dapat kita siasati dengan mendaftarkan diri dan keluarga menjadi anggota asuransi baik kesehatan seperti BPJS maupun asuransi pendidikan bagi putra putri kita.

Meski masih banyak jenis asuransi yang ada namun setidaknya 2 jenis asuansi di atas yakni asuransi kesehatan dan pendidikan akan membantu anda dalam mewujudkan keuangan keluarga yang sehat.

Keempat poin di atas merupakan beberapa cara dari sekian banyak tips agar keuangan keluarga sehat dan sejahtera. Selain dari tips di atas anda juga dapat memilih investasi sebagai upaya mengatur keuangan keluarga di masa depan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Agar Keuangan Keluarga Anda Selalu Sehat