Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

Tips Jitu Dapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Agunan

Pinjaman Modal Usaha Tanpa Agunan – Apakah Anda saat ini memiliki ide bisnis besar dan sangat potensial di masa yang akan datang namun kesulitan dalam mencari modal usaha? Tawaran modal usaha atau kredit produktif dari lembaga keuangan kebanyakan diperuntukkan bagi debitur yang telah menjalankan bisnis dalam jangka waktu tertentu. Hal ini menjadi kendala munculnya wiraswasta baru yang ingin memulai usaha namun terbentur masalah modal.

Meski pemerintah telah menjalankan program kredit kerakyatan melalui kredit usaha rakyat (KUR) dengan modal 9% per tahun, namun lagi-lagi program tersebut khusus diberikan pada masyarakat yang telah menjalankan usaha minimum 6 bulan. Jadi tidak ada toleransi bagi masyarakat yang benar-benar ingin memulai usaha baru yang saat proses pengajuan belum ada.
pinjaman-modal-usaha-tanpa-agunan
Di sisi lain untuk mengajukan pinjaman melalui layanan gadai sertifikat tanah suku bunga dalam jasa tersebut tergolong cukup besar, lebih-lebih jika dana hasil pinjaman akan kita pergunakan untuk membuka sebuah usaha tentu perlu mempertimbangkan kembali keputusan tersebut.

Menyiasati hal tersebut ada baiknya jika kita memiliki tips dalam mendapatkan pinjaman modal usaha tanpa agunan sehingga kita dapat berkonsentrasi dalam menjalankan sebuah usaha ketimbang memikirkan pengembalian hutang. Berikut 4 tips jitu mendapatkan pinjaman modal tanpa jaminan:

1. Merencanakan Usaha dengan Matang

Rencana usaha menjadi kunci utama ketika kita membutuhkan dana talangan dalam memulai bisnis tersebut. Rencana dari ide usaha yang menjanjikan kerap sekali mengundang investor untuk meng-investasikan dananya melalui bisnis yang telah kita rencanakan dengan matang.

Perencanaan matang secara umum memuat seperti apa produk/ jasa, bagaimana cara kita menawakan produk tersebut pada konsumen, dan berapa keuntungan bagi investor yang akan kita berikan.

Rencana usaha dapat kita utarakan dalam sebuah proposal atau yang kerap disebut dengan business plan. Melalui proposal usaha tersebut kita dapat mengutarakan mulai dari visi misi usaha hingga perkiraan balik modal atau Break Even Point (BEP), serta hasil bagi antara kita selaku pelaku usaha dengan pihak investor.

2. Tawarkan Proposal pada Investor/ Relasi

Jika proposal usaha tersebut telah sempurna langkah selanjutnya ialah menawarkan pada investor mulai dari relasi hingga para pebisnis yang mungkin tertarik untuk berinvestasi melalui ide bisnis yang kita miliki.
Meski langkah ini tidak begitu mudah namun perlu kita ingat jika kita sedang berusaha mencari pinjaman modal usaha tanpa agunan. Maklum saja jika kita harus meyakinkan pada investor akan prospes dari ide bisnis kita ke depan. Intinya seorang investor tidak akan ragu mengeluarkan uang mereka jika keuntungan besar mereka dapatkan. Untuk itu buat prosentasi keuntungan yang profesional dan tidak merugikan pihak investor.

3. Tawarkan Perjanjian Berkekuatan Hukum

Jika kita dengan investor memiliki hubungan darah mungkin saja hal ini tidak perlu kita lakukan. Namun jika hubungan kita dengan investor sebatas relasi ada baiknya kita tawarkan perjanjian kerjasama tersebut di hadapan notaris. Dengan adanya perjanjian berkekuatan hukum pihak investor tidak akan meragukan rencana kita dalam melakukan usaha khususnya menjalankan ide bisnis yang telah ada.

4. Menjaga Kepercayaan Investor

Jangan mudah puas terhadap pencapaian yang kita dapat. Apalagi merasa aman karena usaha yang kita jalankan mendapatkan pinjaman tanpa jaminan dari seorang investor. Selain berusaha menjalankan bisnis sesuai rencana ada baiknya kita perhatikan pula faktor kepercayaan investor pada kita. Jangan sampai tindakan khususnya hasil pembagian keuntungan yang kita lakukan merugikan mereka. Jika hal tersebut terjadi kecil kemungkinan ia akan kembali memberikan investasi pada kita di kemudian hari.

Meski tidak merupakan langkah mutlak namun tips di atas dapat kita jalankan dalam mempermudah pencarian pinjaman modal usaha tanpa agunan dari seorang investor. Semoga bermanfaat dan sedikit memotivasi Anda semua dalam upaya menciptakan usaha baru yang kreatif dan inovatif.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Jitu Dapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Agunan