Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

Kelebihan dan Kekurangan Meminjam Uang di Koperasi Simpan Pinjam

Sebagaimana tujuan dalam meningkatkan kesejahteraan anggotanya, Koperasi Simpan Pinjam memiliki kontribusi baik bagi setiap anggota di dalamnya. Salah satu wujud dari layanan koperasi yakni memberikan pinjaman kepada anggota yang membutuhkan untuk berbagai keperluan baik itu sebagai modal usaha maupun untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya mendesak seperti biaya pendidikan dan biaya lainnya. Bukan hal naif jika kemudian layanan pinjaman sering kali dimanfaatkan anggota untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Kelebihan meminjam uang di koperasi simpan pinjam perlu kita ketahui agar tidak terjerumus pada jenis pinjaman yang kurang bermanfaat sekaligus mengetahui tingkat risiko di dalamnya. Melalui ulasan di bawah ini KTA Bank akan memberikan ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan pengajuan pinjaman melalui Koperasi Simpan Pinjam.
Kelebihan dan Kekurangan Meminjam Uang di Koperasi Simpan Pinjam

Manfaat dan Tujuan Koperasi

Sebelum lebih jauh membahas mengenai kelebihan dan kekurangan koperasi simpan pinjam ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa saja manfaat dan tujuan koperasi bagi para anggotanya. Secara umum manfaat koperasi yakni meningkatkan kesejahteraan bagi anggota sekaligus membangun tatanan perekonomian dari lingkup terkecil sehingga mampu mendorong terwujudnya masyarakat yang makmur dengan kemandirian ekonomi. Sementara itu peraturan mengenai koperasi di Indonesia bisa kita temukan dalam Undang-Undang Koperasi Nomor 17 tahun 2012 tentang Perkoperasian.

Kelebihan Melakukan Pinjaman di Koperasi Simpan Pinjam

Bagi anda yang masih bertanya-tanya apa sih keuntungan atau kelebihan meminjam uang melalui Koperasi Simpan Pinjam? Bisa menemukan jawabannya di bawah ini.

1. Mekanisme Pinjaman yang Mudah

Ketika kita menjadi salah satu anggota koperasi bisa dipastikan mekanisme melakukan pinjaman sangat mudah. Hal ini dikarenakan saling kenal antara pengurus dan anggota koperasi sehingga mekanisme yang dilakukan tidak serumit meminjam uang di bank yang membutuhkan survey bahkan tanpa BI Checking.

2. Proses pengajuan dan pencairan cepat

Selain mekanisme yang mudah proses pengajuan pinjaman melalui koperasi simpan pinjam juga sangat cepat mulai dari syarat pengajuan hingga pencairan dana. Bahkan pada beberapa jenis pengajuan pencairan dana dapat dilakukan secara langsung waktu itu juga. inilah salah satu kelebihan meminjam uang di koperasi yang susah didapatkan melalui lembaga keuangan perbankan.

3. Dapat Diajukan Tanpa Jaminan

Meski tidak seluruh koperasi simpan pinjam menerapkan pemberian pinjaman tanpa jaminan/ agunan namun pada beberapa koperasi pengajuan dengan nominal tertentu dapat dilakukan tanpa harus memberikan jaminan/ agunan. Jadi sangat tepat bagi kita yang memiliki keterbatasan dalam memberikan jaminan berupa aset berharga baik sertifikat tanah maupun BPKB Motor.

4. Suku Bunga Ringan dan Terjangkau

Sudah pernah membandingkan suku bunga pinjaman koperasi dengan bunga kredit di bank maupun multifinance? Coba deh bandingkan antara ketiga layanan lembaga keuangan tersebut, pasti anda akan kaget kenapa bisa memiliki selisih bunga cukup besar. Hal ini tidak lain dikarenakan koperasi simpan pinjam bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya sehingga tidak serta merta mencari keuntungan sebesar-besarnya. Namun demikian anda perlu waspada jika terdapat lembaga keuangan berkedok koperasi yang menawarkan pinjaman dengan suku bunga jauh lebih besar dibanding perbankan.

Layanan pinjaman di manapun senantiasa terdapat kelebihan dan kekurangan begitu pula ketika kita mengajukan pinjaman uang melalui koperasi simpan pinjam. Mungkin anda akan menemukan batasan pengajuan tidak sebesar pinjaman bank hal ini dikarenakan modal usaha dari koperasi sangat terbatas dari modal bersama. Semoga ulasan mengenai kelebihan meminjam uang di Koperasi Simpan Pinjam dapat memberikan wawasan bagi anda.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kelebihan dan Kekurangan Meminjam Uang di Koperasi Simpan Pinjam