Dana Tunai Jaminan BPKB Motor 2017, Pinjaman Uang Proses Cepat

Advertisement
Advertisement
Bukan hal naif jika kita mencari pinjaman dana tunai jaminan BPKB Motor dengan proses cepat ketika dalam keadaan terhimpit masalah keuangan. Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) di Indonesia merupakan salah satu aset berharga sebagai bukti legalitas kepemiliki kendaraan baik motor maupun mobil yang dapat dijadikan sebagai salah satu agunan saat mengajukan pinjaman di lembaga keuangan. Tak heran jika kemudian Mobil/ Motor tanpa BPKB sulit untuk dijual karena tidak memiliki bukti hukum yang sah. Selain sebagai bukti kepemilikan berkekuatan hukum, BPKB kendaraan juga menjadi salah satu aset paling mudah untuk dijadikan uang dengan cara gadai.

Keberadaan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat di Indonesia saat ini bisa dibilang sudah menjadi hal biasa. Tidak seperti sepuluh tahun yang lalu dimana kendaraan dapat mencerminkan kemapanan dan kekuatan ekonomi sang pemilik. Bahkan saat ini hampir setiap anggota keluarga memiliki sepeda motor sendiri-sendiri sebagai alat transportasi pribadi. Tingkat ekonomi masyarakat serta kemudahan dalam membeli kendaraan menjadi salah satu penunjang tercapai nya kebutuhan transportasi pribadi. Hal ini yang kemudian menjadikan pinjaman beragun kendaraan bermotor khususnya BPKB menjadi produk kredit yang banyak diminati.
dana-tunai-jaminan-bpkb-motor

Keunggulan Pinjaman Dana Tunai Jaminan BPKB Motor

Sebagaimana yang telah kita sampaikan di atas BPKB menjadi bukti hukum sah kepemilikan kendaraan sehingga nilainya cukup mahal. Salah satu manfaatnya yakni dapat kita jadikan sebagai agunan saat melakukan pengajuan pinjaman baik di bank, pegadaian, maupun di perusahaan multifinance.

Cukup banyak keunggulan meminjam uang dengan jaminan BPKB motor, salah satunya yakni unit kendaraan tetap dapat kita pergunakan sebagai transportasi sebagaimana biasanya sehingga tidak mengganggu mobilitas kita. Bisa kita banyangkan bagaimana jadinya jika aset yang kita jaminkan adalah unit kendaraan itu sendiri. Tentu akan mengganggu mobilitas kita dalam segala urusan termasuk dalam mencari nafkah.

Selain keunggulan di atas masih ada lagi keuntungan lain dari pinjaman dengan sistem gadai BPKB yakni plafon kredit yang dapat diajukan cukup besar hingga 80% dari nilai kendaraan itu sendiri. Bahkan jika kita pahami lebih dalam lagi pinjaman dengan agunan kendaraan bermotor memiliki suku bunga lebih rendah jika kita bandingkan dengan layanan kredit tanpa agunan seperti kredit tanpa agunan BNI maupun KTA Bank Mandiri.

Penilaian Unit Kendaraan dalam Penentuan Pemberian Pinjaman

Selama ini lembaga keuangan melakukan appraisal atau penilaian harga kendaraan bermotor dari dua penilaian utama. Penilaian pertama dilakukan berdasarkan kondisi kendaraan, semakin baik unit motor yang dijadikan jaminan maka akan semakin besar pula nilai pinjaman yang dapat diberikan.

Selain dari penilaian fisik kendaraan petugas biasanya juga akan memperkirakan harga jual dari tahun perakitan kendaraan itu sendiri. Semakin muda tahun produksinya makan nilai asetnya semakin besar pula dan akan berdampak pula terhadap persetujuan kredit yang diajukan oleh calon debitur. Bahkan untuk memastikan kondisi motor/ mobil masih dalam keadaan baik biasanya perbankan maupun multifinance mematok usia kendaraan tersebut maksimal 10 tahun.

Persyaratan gadai BPKB Motor Untuk Pinjaman Dana Tunai

Perlu kita pahami bahwa setiap lembaga pembiayaan baik pegadaian, perbankan, maupun multifinance masing-masing memiliki ketentuan dalam memberikan pinjaman dana tunai jaminan BPKB kendaraan bermotor. Meski demikian ada beberapa ketenutan umum yang dapat kita lihat di bawah ini.
  1. WNI berstatus sebagai karyawan/ pengusaha/ profesional dengan pendapatan tetap.
  2. Berusia antara 21 hingga 55 tahun pada saat jatuh tempo pelunasan.
  3. Fotocopy KTP, Kartu Keluarga, Akta Nikah (Bagi yang sudah menikah), dan fotokopy rekening tabungan.
  4. Syarat tambahan berupa slip gaji dan SPT bagi calon debitur yang berstatus sebagai karyawan.
  5. Syarat tambahan berupa Legalitas usaha baik SIUP/ TDP/ NWPW bagi pengusaha.
  6. Fotokopi ijin praktek khusus bagi calon debitur yang berstatus sebagai profesional.
Persyaratan di atas merupakan syarat pengajuan pinjaman dana tunai jaminan BPKB Motor untuk personal atau pribadi. Selain itu biasanya lembaga pembiayaan juga mengijinkan badan hukum untuk mengajukan pinjaman dengan sistem serupa dengan tambahan persyaratan sesuai ketentuan.

Tempat Gadai BPKB Motor Terkmuka

Secara garis besar terdapat 3 tempat yang dapat kita jadikan sebagai tempat pengajuan pinjaman dengan jaminan BPK kendaraan bermotor. ketiga tempat tersebut dapat kita kelompokan sebagai berikut.

PT. Pegadaian

Sudah menjadi pengetahuan umum jika PT. Pegadaian merupakan tempat melakukan pinjaman dengan jaminan aset berharga. Selain menerima aset berupa emas, sertifikat tanah, dan rumah  Pegadaian juga menerima gadai BPKB Kendaraan baik motor maupun mobil. Bahkan saat ini pegadaian telah membuka layanan unit syariah dyang dapat diajukan dalam waktu 15 menit. Baca Juga: Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian.

Perbankan

Perbankan di Indonesia baik konvensional maupun syariah juga memiliki produk pinjaman dana tunai jaminan BPKB motor dan mobil. Selain dapat diajukan secara mudah, proses pencairan juga dapat dilakukan dengan cepat langsung ke rekening debitur sehingga debitur lebih leluasa dalam mempergunakan dana tersebut. beberapa perbankan terkemuka di Indonesia seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank Danamon, dan BCA menjadi pilihan tepat bagi anda yang ingin menggadaikan BPKB Motor, bahkan saat ini anda juga bisa melakukan gadai BPKB Motor di Bank Syariah Mandiri.

Multifinance

Perusahaan Mutlfinance sebenarnya lebih konsentrasi ke pembiayaan pembelian kendaraan bermotor. Namun demikian perusahaan tersebut kini telah berekspansi dengan memberikan layanan kredit agunan kendaraan bermotor. Beberapa multifinance terkemuka di Indonesia seperti Adira, Wom Finance, BFI Finance, Sinarmas, dan lain sebagainya dapat anda jadikan sebagai pilihan dalam pengajuan kredit jaminan BPKB. Baca Juga: Gadai BPKB Maxi Adira Finance.

Ulasan di atas merupakan beberapa hal yang perlu kita tahu sebelum memilih layanan kredit dana tunai jaminan BPKB Motor. Semoga dapat menambah wawasan kita semua.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dana Tunai Jaminan BPKB Motor 2017, Pinjaman Uang Proses Cepat