Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

10 Tips Menabung Untuk Berangkat Umroh di Usia Muda

KTABank.com - Siapa yang tidak mau melaksanakan ibadah umroh di usia muda? Jika ditawari pasti mayoritas umat muslim bersedia untuk berangkat umroh secara gratis walaupun usia masih mudah misal masih 30 tahun atau 25 tahun sekalipun. Tapi berbeda ketika kita ditawari untuk berangkat dengan merogoh kocek sendiri, jika tidak tergerak dari dalam hati ada saja alasan untuk menolak tawaran tersebut entah tidak siap biaya lah, ada keperluan yang lebih penting, bahkan sekalipun berkecukupan rezeki ada pula yang memprioritaskan untuk kebutuhan gaya hidup.

Di sisi lain, tidak semua muslim yang tergerak hatinya untuk melaksanakan ibadah umroh memiliki uang yang cukup sebagai biaya keberangkatan ke tanah suci. Maka dari itu tidak ada salahnya kamurencanakan keberangkatan umroh sedini mungkin. Agar rencana berjalan dengan mulus berikut kami uraikan 10 tips menabung untuk berangkat umroh di usia muda.
tips-menabung-untuk-berangkat-umroh-usia-muda
Umrah via pixabay.com

1. Bekerja Dengan Giat Untuk Mengumpulkan Pundi Rupiah

Dengan bekerja kamu akan mendapatkan upah dari tempat kerja. Bekerja dengan giat memungkinkan untuk meraih jenjang karier yang cemerlang sehingga semakin lama bekerja serta semakin tinggi jabatan kamu maka gaji yang diterima akan semakin besar pula. Terlebih jika kamu bekerja di perusahaan bonafit, tidak mustahil akan menerima bonus dan tunjangan yang dapat dijadikan sebagai modal utama keberangakan ibadah haji.

2. Menghemat Pengeluaran Bulanan Sehingga Penghasilan Dapat Disisihkan Semaksimal Mungkin

Siapa bilang usia muda tidak memiliki kebutuhan besar? Jika tidak kamu atur dengan baik bisa-bisa gaji bulanan akan ludes tanpa kesan yang berarti. Untuk itu ada baiknya berhemat terhadap kebutuhan sendiri mulai dari kebutuhan pokok hingga gaya hidup seperti parfum, fashion, kosmetik, dan lain sebagainya. Dengan berhemat kamu lebih mudah dalam mengatur keuangan, menulis pengeluaran dan membandingkannya dengan pendapatan bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi pribadi sehingga dapat menekan pengeluaran yang berlebihan di bulan selanjutnya. Jika kamu mampu menghemat pengeluaran bulanan segera simpan uang tersebut.

3. Membuka Tabungan Khusus Umroh Agar Tidak Terpakai Untuk Kebutuhan Lain

Jika hati telah tergerak untuk melaksanakan ibadah umroh, tidak ada salahnya kamu planing kapan kira-kira akan berangkat ke tanah suci semisal di usia 30 tahun atau 25 tahun sekalipun. Untuk mendukung rencana tersebut ada baiknya kamu membuka tabungan khusus umroh dan haji agar tabungan tersebut tidak berkurang. Pastikan pula kamu membuka tabungan umroh dan haji yang bebas biaya administrasi bulanan sehingga tidak memotong saldo simpanan. Jangan khawatir melalui tabungan khusus ini kamu tidak akan mendapatkan fasilitas kartu ATM yang tentunya akan melatih kamu dalam berdisiplin.

4. Patok Setoran Bulanan Semaksimal Mungkin Agar Cepat Terkumpul

Agar tabungan di bank semakin bertambah kamu bisa menargetkan untuk melakukan setoran bulanan semaksimal mungkin. Tips menabung untuk berangkat umroh di usia muda memang melatih kamu untuk berdisiplin dalam hal keuangan, ada baiknya segera kamu sisihkan untuk setoran bulanan sesaat setelah menerima gaji.

5. Kurangi Kegiatan yang Kurang Bermanfaat

Kegiatan di Mall via youtube.com
Semuda apapun usia kamu pasti banyak memiliki kegiatan non formal yang sifatnya sebagai hiburan. Untuk itu kamu harus memilah dan memilih kegiatan mana yang perlu kamu lakukan dan tidak. Cobalah untuk menolak ajakan jalan maupun nongkrong yang hanya bertujuan menghabiskan waktu. Ingat, semakin banyak kegiatan tak penting di luar semakin banyak pula uang yang harus kamu keluarkan, yang artinya semakin kecil kesempatan kamu mengumpulkan sisa uang bulanan sehingga tabungan yang kamu miliki sulit bertambah.

6. Siapkan Uang Tunai Secukupnya Saja

Jika terpaksanya kamu mengiyakan ajakan teman langkah berikutnya kamu harus kurangi uang tunai yang ada di dompet, untuk sementara waktu tinggal saja di laci lemari. Tips ini secara tidak langsung akan menekan keinginan kamu tergiur akan sesuatu yang kamu temukan di luar sana, terlebih jika kamu pergi ke pusat perbelanjaan. Tidak perlu merasa tersiksa, karena ini salah satu tips menabung untuk berangkat umroh di usia muda.

7. Bijak Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi

Dewasa ini perkembangan teknologi semakin pesat dan cepat misal transportasi dan komunikasi. Jika kita ibaratkan membeli barang secara kredit, belum juga lunas barang tersebut sudah terasa ketinggalan zaman. Untuk itu bersikaplah bijak dalam menghadapi perkembangan teknologi agar tidak mudah tergiur akan penawaran. Ingat, alokasi dana untuk beli barang bisa kamu alihkan untuk menabah biaya perjalanan umroh.

8. Pelajari Tata Cara Ibadah Umroh Sehingga Semakin Menumbuhkan Keingin Kamu untuk Berangkat ke Tanah Suci

Dengan membaca buku dan panduan ibadah Umroh selain menambah pengetahuan juga bisa menjadi motivasi dalam menambah saldo tabungan. Semakin tinggi tingkat kepahaman tentu akan semakin tinggi pula minat kamu untuk segera pergi ke tanah suci melaksanakan umroh. Bahkan kamu juga bisa kok mencari pembimbing sekaligus mendapatkan kawan baru di sana.

9. Tempel hiasan Masjidil haram di Kamar, Setting Wallpaper Hp & Laptop Juga

Guna memotivasi diri untuk menabung sebagai biaya keberangkatan ibadah umroh kamu juga bisa memasang hiasan dinding bergambar Masjidil haram di kamar. Tambah lagi setting wallpaper laptop dan android kamu dengan foto Masjidil Haram pula. Dengan demikian kamu akan selalu mengingat bahwa punya impian berangkat ke tanah suci di usia muda.

10. Lihat Biaya Keberangkatan Umroh melalui Biro Perjalanan

Meski tidak mutlak harus kamu lakukan, namun melihat biaya paket biro perjalanan umroh akan secara bertahap akan semakin memotivasi dalam mengumpulkan uang. Apalagi jika kamu tahu dari tahun ke tahun biaya tersebut semakin meningkat, sudah tentu semakin menginginkan keberangkatan secepat mungkin.

Selain 10 tips menabung untuk berangkat umroh di usia muda yang telah kita bahas sebenarnya kamu juga bisa mencari alternatif mudah jika ingin berangkat ke tanah suci lebih cepat. Beberapa alternatif yang bisa kamu pilih diantaranya melakukan investasi sehingga mendapatkan keuntungan, mengikuti program member get member dari biro perjalanan, atau mengajukan pembiayaan perjalanan umroh di salah satu perbankan. Simak Juga: 5 Tabungan Syariah Tanpa Biaya Administrasi Bulanan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 10 Tips Menabung Untuk Berangkat Umroh di Usia Muda