Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

Cara Mengajukan Pinjaman di Bank Kalsel (BPD Kalimantan Selatan)

KTA Bank - BPD Kalsel adalah salah satu perbankan milik pemerintah daerah yang bertujuan memberikan pelayanan keuangan bagi masyarakat sekitar. Berdiri sejak tahun 1964 membuat Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan ini cukup profesional dalam memberikan layanan. Tidak heran jika kemudian masyarakat lokal lebih memilih produk Bank Kalsel dibandingkan pelayanan Bank Nasional yang jauh telah berdiri sebelumnya.

Selai produk tabungan atau simpanan layaknya perbankan lain, BPD Kalsel juga menawarkan produk pinjaman atau kredit. Di bawah ini merupakan informasi mengenai tata cara mengajukan pinjaman di Bank Kalsel yang perlu anda pahami.
cara mengajukan pinjaman di bank kalsel

Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mengumpulkan Aplikasi Kredit

Sebelum mengajukan pinjaman ada beberapa informasi yang perlu kita ketahui. Informasi ini setidaknya dapat menambah referensi kita dalam memilih produk kredit tepat guna. Dalam artian kita bisa mengajukan pinjaman sesuai pemanfaatan. Berikut beberapa hal yang perlu anda cari sebelum mengajukan kredit di Bank Kalsel.
  • Jenis Pinjaman BPD Kalsel
  • Syarat Pengajuan Jenis Kredit Tertentu
  • Suku Bunga Kredit
  • Simulasi kredit atau Tabel Angsuran Pinjaman
Untuk memahami lebih lanjut mengenai keempat poin di atas silakan simak uraian singkat di bawah ini.

1. Jenis Pinjaman BPD Kalsel

Bank Perkredita Kalimantan Selatan atau BPD Kalsel memiliki beragam produk kredit yang dikelompokkan menjadi 5 jenis kredit. Berikut kelima jenis pinjaman yang bisa anda pilih sebagai salah satu media pendanaan.

Kredit Umum

Yakni layanan kredit yang ditujukan sebagai pembiayaan bagi nasabah umum. Adapun produk pinjaman yang terdapat pada kredit umum diantaranya ialah: Kredit Modal Kerja Umum; Kredit Investasi; Kredit Modal Kerja Konstruksi; Kredit Kepada PemDa; Cash Collateral Credit; dan Kredit Kepada Lembaga Keuangan.

Kredit UMKM

Kredit UMKM ditujukan bagi masyarakat Kalimantan Selatan yang berkecimpung di usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Produk pinjaman bagi UMKM sendiri dibedakan menjadi 4 jenis yakni Kredit Wirausaha; Kredit Banua Mikro, Kredit Banua Ritel, dan Kredit Banua Peduli. Anda dapat memilih salah satu pinjaman tersebut sebagai sarana mendapatkan pinjaman pengembangan usaha.

Kredit Konsumtif

Khusus bagi anda yang ingin mengajukan pinjaman untuk keperlua konsumtif, BPD Kalsel menyiapkan produk Kredit konsumtif yang terdiri dari Kredit Multiguna; Kredit Pemilikan Rumah; Kredit Kendaraan Bermotor; dan Kredit Pinjaman Haji. Layanan ini sangat cocok bagi anda yang mengalami kekurangan dalam mewujudkan kebutuhan konsumtif.

Kredit Program

Layanan Kredit Program BPD KalSel terdiri dari dua jenis yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan Kredit Resi Gudang. Kedua produk ini memiliki target pasar tersendiri sehingga terdapat syarat dan ketentuan berbeda dari jenis kredit lain.

Kredit Jenis Lain

Kredit jenis lain yang mungkin bisa kita pergunakan dalam mengakses Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan yakni produk garansi bank dan surat keterangan berdomisili dalam negeri. Meski masyarakat umum kurang begitu familier dengan dua jenis produk ini namun BPD Kalbar tetap memberikan layanan bagi anda yang membutuhkan.

Sebelum mengajukan pinjaman di BPD Kalbar ada baiknya anda memahami jenis produk pinjaman di atas. Tujuan utama dalam memahami produk kredit bukan lain ialah menentukan pilihan paling tepat jenis pinjaman mana yang sesuai dengan kondisi serta pemanfaatan dari uang pinjaman tersebut.

2. Syarat Pengajuan Kredit Multiguna Bank Kalsel

Jika anda telah mendapatkan jenis produk yang sesuai dengan tujuan berikutnya anda dapat mencari informasi mengenai syarat pengajuan salah satu kredit di Bank Kalsel. Dengan mengetahui syarat pengajuan setidaknya kita bisa mendapatkan gambaran cara mengajukan pinjaman di Bank Kalsel.
Sebagai contoh di bawah ini kami rangkum syarat pengajuan kredit multiguna Bank Kalsel.
  • FC Identitas diri yang masih berlaku
  • Surat Keputusan Pengangkatan Karyawan/ Pegawai Tetap maupun PNS.
  • Surat Kuasa Autodebit atau pemotongan gaji sebagai cicilan/ angsuran kredit.
  • Kartu Taspen atau Jamsostek asli.
  • Salinan rekening tabungan selama tiga bulan terakhir.
  • Dokumen lain sesuai ketentuan.
Dengan mengetahui persyaratan yang dibutuhkan anda dapat mempersiapkannya terlebih dahulu sebelum mendatangi kantor pelayanan BPD Kalsel terdekat.

3. Suku Bunga Kredit Bank Kalsel

Menanyakan suku bunga kredit juga menjadi hal yang vital bagi calon debitur. Dengan mengetahui bunga kredit Bank Kalsel setidaknya anda dapat membandingkan bunga yang dibebankan bagi debitur baik antar produk pinjaman di Bank Kalsel sendiri maupun membandingkan bunga dari produk pinjaman Bank Lain.

4. Simulasi Kredit atau Tabel Angsuran Pinjaman

Untuk menambah keyakinan dalam suatu pengajuan kredit ada baiknya anda juga mencari informasi mengenai simulasi kredit atau tabel angsuran Bank Kalsel. Anda bisa menanyakan informasi ini melalui Accoun Officer di kantor pelayanan terdekat.
Simulasi kredit merupakan informasi penting guna memperkirakan jumlah cicilan atau angsuran bulanan yang nantinya akan anda bayarkan. Dengan demikian anda bisa mengukur kemampuan finansial pribadi sehingga tidak mengganggu keuangan anda.

Empat poin di atas merupakan informasi yang perlu anda ketahui sebelum mengajukan pinjaman melalui Bank Kalsel. Cara mengajukan pinjaman di Bank Kalsel secara runtut dapat anda ajukan melalui kantor pelayanan terdekat, mengisi formulir pengajuan, dan mengumpulkan persyaratan yang dibutuhkan. Proses selanjutnya pihak bank akan memberikan panduan dan informasi lebih lengkap kepada calon debitur. Anda tinggal menunggu proses verifikasi dan persetujuan saja.

Keunggulan dari BPD Kalsel selain memiliki produk kredit yang beragam juga memiliki unit usaha syariah sehingga anda bisa memilih layanan syariah di samping layanan konvensional. Hingga saat ini Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan telah memiliki 14 kantor cabang dan 9 kantor cabang pembantu. Kantor pelayanan tersebut diantaranya terdapat di Kotabaru, Barabai, Amuntai, Tanjung, Rantau, Pelaihari, Martapura, Kandangan, Banjarbaru, dan lain sebagainya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengajukan Pinjaman di Bank Kalsel (BPD Kalimantan Selatan)