Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta Agar Bisa Menabung Tiap Bulan

Cara Mengatur uang gaji 2 juta per bulan untuk hidup di kota memang perlu kedisiplinan. Meski hal ini tidak bisa dilakukan secara instan setidaknya kita dapat melatih kedisiplinan secara bertahap. Dewasa ini tuntutan gaya hidup memperbanyak masyarakat yang merasa pendapatan bulanan tidak cukup untuk biaya kebutuhan sehari-hari. Sekalipun cukup tidak banyak dari mereka yang bisa menyisihkan gaji sebagai tabungan.

Jika hal ini terjadi pada diri anda maka banyak sekali dampak buruk yang akan dialami. Mulai dari merasa kurang semangat dalam bekerja, tidak memiliki motivasi untuk menabung, sampai merasa was-was akan masa depan. Bahkan bagi sebagian remaja permasalahan ini bisa saja menghalangi mereka untuk segera menikah karena diliputi rasa was-was akan ketidaksiapan mencukupi kebutuhan keluarga. Bagi anda yang merasa demikian yuk simak tips di bawah ini.

cara-mengatur-uang-gaji-2-juta

Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta Per Bulan Untuk Kebutuhan Hidup dan Tetap Bisa Menabung

Jika kita kelompokan kebutuhan hidup selama satu bulan, mayoritas pengeluaran rutin kita tidak jauh-jauh dari yang namanya konsumsi (makan) dan gaya hidup. Untuk itu perlu adanya tips bagi kita yang bergaji 2 juta per bulan dalam mengatur keuangan bulanan.

1. Potong Gaji Sebagai Tabungan Awal Penerimaan

Seyogyanya dari seluruh pendapatan yang kita terima ada jumlah tertentu yang perlu kita alokasikan sebagai tabungan. Selain bisa kita manfaatkan di masa yang akan datang, tabungan juga bisa kita butuhkan sebagai dana darurat jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Kenapa kita harus memotong sebagian gaji untuk kita tabung  justru di muka? Tidak lain alasan tersebut karena bisa kita jadikan sebagai motivasi dalam mendisiplinkan diri khususnya dalam hal pengeluaran sehari-hari. Untuk tahap awal, alokasi tabungan tidak perlu terlalu besar. Cukup 10% dari total penerimaan atau 200 ribu dari gaji 2 Juta.

2. Pahami Hakikat Makanan Sehat dan Makanan Mahal untuk Menekan Biaya Konsumsi

Perlu kita pahamkan pada diri sendiri jika makanan sehat tidak harus mahal. Mindsite seseorang selama ini dalam beranggapan bahwa makanan sehat merupakan makanan yang berharga mahal perlu kita benahi. Meski sumber protein hewani menjadi favorit bagi sebagian orang, namun pada kenyataannya kelebihan sumber protein hewani tidak baik bagi kesehatan. Untuk itu mulailah beralih mengkonsumsi makanan sehat khususnya sumber protein nabati.
Sumber protein nabati menjadi salah satu makanan sehat dengan harga yang lebih terjangkau. Jika kita bisa membiasakan diri sebagai vegetarian tidak hanya sehat yang akan kita dapat namun juka hemat dalam hal keuangan.

Jika dalam satu hari kita alokasikan tiap makan Rp 10 Ribu maka untuk makan 3 kali membutuhkan biaya sebesar Rp 30 Ribu. Dalam satu bulan kita bisa lah menjatah uang makan sebesar Rp 900 Ribu atau sekitar 45% dari gaji yang kita terima.

3. Menekan Kebutuhan Pokok yang Lain

Kebutuhan pokok memang tidak bisa kita hilangkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Namun kita bisa kok menekan biaya tersebut secara cerdas. Mulailah mengalokasikan dana untuk kebutuhan mandi seperti sabun, pasta gigi, shampo detergen 5% dari gaji kita. dengan asumsi gaji Rp 2 Juta kita memerlukan biaya untuk kebutuhan mandi sebesar Rp 100 ribu. Selain itu patok juga biaya listrik dan pulsa sebesar 5% dari gaji.

Dengan menekan kebutuhan pokok setidaknya kita bisa mengalokasikan dana sebesar Rp 200 ribu setiap bulan. Seandainya anda butuh biaya lain untuk beli gula dan kopi pastikan hal tersebut tidak lebih dari 5% per bulan atau Rp 100 ribu.

4. Disiplin dalam Transportasi

Transportasi memang  menjadi kebutuhan yang tidak kalah penting. Setidaknya untuk berangkat dan pulang kerja kita membutuhkan biaya yang perlu kita pertimbangkan. Bagi kita yang bekerja di dekat rumah tentu saja hal ini bisa kita siasati lebih mudah lagi. Namun jika rumah kita relatif jauh dari tempat kerja ada baiknya kita alokasikan dana RP 300 Ribu setiap bulan.
Tips lain agar bisa menekan biaya transportasi juga bisa kita lakukan dengan naik angkutan umum (jika memungkinkan) atau gantian dengan teman kerja jika ada rekan yang rumahnya berdekatan. Untuk menekan biaya trasportasi ada baiknya pula kita tidak terlalu sering berpergian khususnya jika tidak memiliki kepentingan khusus.

5. Rekreasi dan Entertainment itu Perlu Tapi...

Menjadi hal lumrah jika kita membutuhkan hiburan baik itu jalan-jalan, nonton bioskop, dan lain sebagainya. Rekreasi kita butuhkan setidaknya untuk menghadiahi diri kita sendiri atas kerja keras setiap hari. Untuk biaya hiburan sendiri usahakan tidak lebih dari 10% dari total gaji kita.

Kita bisa mengatur waktu-waktu rekreasi misalnya 2 minggu sekali atau sebulan sekali. Perlu kita waspadai pula di sini usahakan tidak melakukan rekreasi setelah menerima gaji. Kenapa? Karena bisa saja pengeluaran kita tidak terkontrol saat memegang uang cukup.

Nah kelima tips di atas merupakan cara mengatur uang gaji 2 juta agar tetap bisa menabung setiap bulan. Dari total pengeluaran dengan asumsi di atas setidaknya kita masih menyisakan 5% dari gaji kita untuk kebutuhan lain misalnya sedekah, zakat, pengobatan, makanan ringan, atau menjamu kawan yang bertamu.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatur Uang Gaji 2 Juta Agar Bisa Menabung Tiap Bulan