Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

20 Cara Mengatur Uang Belanja Bulanan Agar Tidak Boros

Uang belanja menjadi hal lumrah dibelanjakan oleh ibu rumah tangga. Berbagai pengeluaran mulai kebutuhan makanan, tagihan lisrik, air pam, hingga gaya hidup menjadi kebutuhan yang tidak dapat kita hindari. Cara mengatur uang belanja bulanan agar tidak boros di bawah ini bisa anda coba untuk diterapkan. Selain sebagai sarana berhemat beberapa metode  juga bisa kita jadikan sebagai cara mendisiplinkan diri agar hidup hemat.

Kemungkinan hidup boros memang bisa terjadi pada siapa saja mulai dari mereka yang berpenghasilan besar hingga berpenghasilan kecil sekalipun. Untuk mengetahui faktor apa saja pemicu hidup boros dan solusinya simak uraian lengkap di bawah ini.
cara-mengatur-uang-bulanan-agar-tidak-boros

Faktor Pemicu Hidup Boros

1. Acuh Terhadap Pengeluaran

Menyepelekan pengeluaran menjadi salah satu faktor utama yang membuat hidup boros. Bahkan tidak jarang seorang ibu rumah tangga membeli barang yang sama padahal barang sebelumnya belum dipergunakan.

2. Hobi Makan di Luar

Makanan di luar memang sekilas terlihat sangat nikmat. Apalagi kita bisa menyantap-nya tanpa harus bersusah payah memasak dan mempersiapkan bahan. Di sisi lain makan di luar bisa saja menjadi pemicu hidup boros. Jika anda dapat berhemat bisa saja harga satu prosi makanan katakanlah Rp 45.000 bisa anda atur untuk menu makanan seluruh anggota keluarga.

3. Memegang Uang Tunai Terlalu Besar

Ada juga diantara kita yang lebih merasa aman saat memegang uang tunai. Padahal uang tunai yang terlalu banyak justru akan menjerumuskan kita dalam keborosan. Terlebih jika kita menyimpan uang tersebut di dalam dompet.

4. Hobi Nongkrong dan Jalan

Jalan-jalan dan nongkrong memang bisa kita jadikan untuk refresing. Tapi jika dilakukan terlalu sering hal ini bisa saja memicu kebiasaan hidup boros. Terlebih jika anda kerap nongkrong dan jalan-jalan ke pusat perbelanjaan, “harga coret” sering membuat kita lupa segalanya.
cara-mengatur-uang-bulanan-agar-tidak-boros

Cara Mengatur Uang Bulanan Agar Tidak Boros

1. Rencanakan Anggaran Belanja Bulanan

Cara pertama agar bisa menghemat keuangan bulanan bisa kita lakukan dengan membuat rencana anggaran belanja. Rincian ini nantinya bisa kita gunakan sebagai panduan belanja bulanan. Dengan adanya rencana belanja kita juga tidak akan membeli barang yang kurang bermanfaat apalagi dobel pembelian dengan jarak waktu yang dekat. Awalnya memanage belanja bulanan dengan metode ini memang tidak muda. Tapi jika hal tersebut telah berjalan maka akan sangat bermanfaat dalam mendisiplinkan diri kita sekaligus menghemat belanja bulanan.

2. Membuat Daftar Pengeluaran

Daftar pengeluaran atau catatan pengeluaran bisa juga kita terapkan dalam usaha menghemat belanja bulanan. Catatan ini nantinya akan bermanfaat dalam mengontrol jumlah pengeluaran yang telah kita lakukan dalam waktu tertentu.

3. Simpan Uang di Tempat Berbeda

Jika uang tunai yang anda persiapkan terlalu sebaiknya mulai simpan pada tempat yang berbeda misalnya sebagian di dalam dompet, sebagian di dalam laci, dan sebagian lain di bawah baju.Meski metode ini terlihat sepele dan kuno tapi tidak ada salahnya anda lakukan guna menekan pengeluaran. Selain itu akan lebih baik pula jika  setiap uang yang anda simpan terdiri dari beragam pecahan. Dengan demikian kita bisa membeli sesuatu dengan pecahan terkecil sesuai harga barang/ bahan yang akan kita beli.

4. Kurangi Makan di Luar

Selain bisa diterapkan untuk berhemat, mengurangi intensitas makan di luar ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan. Hal ini yang perlu kita tekankan pada diri agar tidak mudah tergiur dengan masakan warung. Dengan masak di rumah kita bisa saja menghemat pengeluaran sekaligus mengatur menu makanan sehat sesuai kebutuhan gizi keluarga.

Cara Lain Mengatur Uang Bulanan Agar Tidak Boros

Berikut daftar cara lain mengatur uang belanja bulanan agar tidak boros yang bisa anda coba.

5. Menyimpan Makanan Agar Awet

6. Kontrol dan Kurangi Penggunaan Kartu Kredit

7. Menghemat Pengeluaran yang Tidak Perlu

8. Manfaatkan Promo dan Voucer Belanja

9. Hilangkan Kebiasaan Jalan & Nongkrong

10. Membandingkan Harga Produk Sebelum Membeli

11. Beramal & Sedekah

12. Siapkan Celengan di Rumah

13. Jangan Mudah Terkena Bujukan Sales

14. Menyimpan Struk Pembayaran

15. Kurangi Uang Tunai

16. Cari Penghasilan Tambahan

17. Perbanyak Kesibukan di Rumah

18. Tips Amplop Kuno Untuk Mengatur Pengeluaran Harian

19. Buat Catatan Pemasukan

20. Buka Rekening Tanpa ATM


Semoga Dari 20 cara mengatur uang belanja bulanan agar tidak boros di atas dapat membantu menekan pengeluaran bulanan. Pastikan anda mempersiapkan dana tak terduga serta menyisihkan sebagian sebagai tabungan. Dengan demikian kehidupan keluarga akan lebih disiplin dan tenang menghadapi segala kemungkinan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 20 Cara Mengatur Uang Belanja Bulanan Agar Tidak Boros