Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah BTN 2017

Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah BTN 2017

Advertisement
Advertisement
Mengajukan kredit BTN untuk bangun rumah bisa menjadi solusi bagi anda yang memiliki lahan kosong. Di atas lahan tersebut anda bisa membangun rumah sesuai kriteria yang diharapkan. Ulasan berikut merupakan informasi mengenai cara mengajukan kredit bangun rumah BTN. Silakan simak baik-baik dan pahami berbagai ketentuan dan dokumen yang dibutuhkan dalam pengajuan pinjaman.

Ada banyak sekali kelebihan membangun rumah di atas tanah sendiri. Selain dapat ditentukan desain dan ukurannya dengan membangun rumah sendiri anda juga bisa mengawasi bahan bangunan yang dipergunakan. Sehingga anda tidak perlu ragu terhadap kualitas bangunan yang ada. Alasan ini yang membuat sebagian orang memilih untuk mengajukan pinjaman sebagai dana tambahan pembangunan rumah dari pada membeli rumah secara KPR.
cara-mengajukan-kredit-bangun-rumah-btn
Selain alasan di atas ada pula sebagian orang memilih membangun rumah di tanah warisan orang tua agar bisa menjaga kedua orang tua. Tanah warisan ini biasanya terletak tidak terlalu jauh dari tempat tinggal orang tua sehingga anda tetap dapat hidup berdekatan dan menjaga orang tua. Sayangnya tidak semua pemilik tanah mampu membangun rumah di atas tanah tersebut karena faktor biaya.

Cara Mengajukan Kredit Bangun Rumah BTN

Sebagai jawaban atas kendala biaya dalam pembangunan rumah, Bank Tabungan Negara (BTN) menawarkan pinjaman khusus untuk bangun rumah. Produk kredit ini sangat cocok bagi anda yang telah memiliki tanah sendiri dan berniatan untuk membangun rumah di atas tanah tersebut. Berikut tata cara pengajuan kredit bangun rumah di bank BTN.
  1. Mendatangi kantor cabang BTN terdekat/ melakukan pengajuan secara online (Optional).
  2. Mengisi formulir pengajuan kredit bangun rumah dengan lengkap.
  3. Menyertakan dokumen yang menjadi persyaratan.
  4. Menunggu hasil verifikasi dan persetujuan pihak BTN.
  5. Melakukan penandatanganan akad kredit dan menyerahkan agunan.
  6. Proses pencairan dana sesuai ketentuan.
  7. Membayar angsuran bulanan sampai lunas.
Langkah di atas merupakan beberapa tahap dalam proses pengajuan kredit melalui Bank BTN untuk keperluan bangun rumah.

Ketentuan Debitur dan Dokumen Persyaratan

Berikut ketentuan calon debitur dan dokumen yang dibutuhkan dalam proses pengajuan kredit.
  • Warga Negara Indonesia (WNI) dengan usia di atas 21 tahun atau sudah berkeluarga.
  • Memiliki pekerjaan tetap baik sebagai karyawan tetap, wiraswasta, maupun profesional.
  • Memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) sebagai bukti warga negara taat pajak.
  • Melengkapi dokumen persyaratan berupa FC KTP, Bukti penerimaan gaji, FC Surat Nikah, FC Kartu Keluarga, FC NPWP, FC rekening tabungan, dan Pas Foto ukuran 3x4.
  • Menyertakan Fotocopy agunan berupa sertifikat tanah dan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB).
Melalui produk kredit bangun rumah BTN anda bisa mencairkan pinjaman hingga 70% dari nilai jaminan. Selain plafon kredit yang cukup tinggi BTN juga memberikan pilihan bagic alon debitur dalam memilih tenor pinjaman hingga 10 tahun. Proses persetujuan aplikasi kredit BTN biasanya memakan waktu sekitar seminggu atau 7 hari kerja.

Demikian sekilas tentang cara mengajukan kredit bangun rumah BTN semoga dapat memberikan gambaran awal bagi anda. Sebelum mengajukan aplikasi kredit pastikan pula anda mengetahui suku bunga dan biaya lain seperti biaya provisi, asuransi, appraisal, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan pinjaman dengan bunga paling murah silakan bandingkan dengan produk perbankan lain, simak Bank Penyedia Layanan Kredit Bangun Rumah.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+