Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

Cara Mengambil Uang Tunai di ATM BCA

Bagi anda yang belum tahun cara mengambil uang di ATM BCA bisa mengikuti langkah dan panduan lengkap di bawah ini. informasi ini hanya relevan bagi anda yang nasabah BCA yang memegang kartu ATM Silver/ Gold/ Platinum. Agar dapat memberikan pemahaman yang lebih jelas kami juga menyertakan gambar ilustrasi tata cara pengambilan uang tunai melalui mesin ATM.

Sebagai nasabah baru terlebih yang selama ini belum pernah memiliki kartu ATM tentu perlu mencari informasi cara menggunakan fasilitas tersebut. Jangan sampai anda memegang ATM namun tidak pernah menggunakannya karena tidak mengetahui manfaatnya.
cara-mengambil-uang-di-atm-bca

Manfaat Kartu ATM

Pada dasarnya kartu ATM fasilitas yang dikeluarkan oleh perbankan merupakan kartu debit yang ditujukan sebagai alat pembayaran secara elektronik. Manfaat dari kartu debit ini yakni sebagai pengganti transaksi tunai secara mudah dan efisien.

Bicara tentang kartu debit tentu tidak dapat kita lepaskan dengan Automatic Teller Machine (ATM) karena tanpa adanya ATM fungsi dari kartu debit ini akan berkurang. Meski tidak hanya melalui mesin ATM debit card dapat digunakan namun masyarakat di Indonesia saat ini lebih populer mempergunakan kartu debit untuk bertransaksi melalui ATM.

Berbagai transaksi keuangan mulai dari transfer uang, bayar tagihan BPJS, bayar angsuran atau cicilan kredit dapat kita lakukan dengan mudah dan efektif dengan ATM. Selain sebagai alat transaksi pembayaran ATM juga berfungsi sebagai tempat mengambil uang tunai dari saldo tabungan kita.

Cara Mengambil Uang di ATM BCA

Hampir setiap nasabah yang memiliki tabungan BCA mendapatkan fasilitas kartu ATM untuk mempermudah transaksi keuangan. Meski ada beberapa jenis kartu ATM BCA mulai dari silver, gold, hingga platinum namun pada dasarnya manfaat dari kartu debit tersebut tidak berbeda. Demikian pula ketika anda ingin menarik uang tunai melalui ATM BCA. Berikut panduan lengkap cara mengambil uang di ATM BCA.

1. Datangi Automatic Teller Machine (ATM) Tunai Terdekat

Sebaran jaringan ATM BCA saat ini sudah sangat banyak, jadi anda tidak perlu khawatir akan mengalami kesulitan dalam menemukannya. Hal yang perlu anda perhatikan yakni jenis ATM yang anda kunjungi tersebut. Untuk melakukan pengambilan uang tunai anda harus menggunakan ATM tunai juga, jadi jangan salah masuk ke ATM non tunai ya? Biasanya untuk ATM Tunai ada tempelan stiker Rp 50.000 atau Rp 100.000 di kaca depan.
Simak Juga: Tabel Pinjaman BCA
Jika anda melihat terdapat dua jenis ATM yang berbeda nominalnya pilih salah satu yang paling sesuai. Anda harus menggunakan ATM pecahan Rp 50.000 untuk mengambil uang tunai kelipatan 50 ribu, sementara untuk ATM yang terdapat stiker RP 100.000 anda hanya dapat menggunakan untuk penarikan dengan nominal kelipatan 100 ribu.

2. Masukan Kartu ATM

Untuk mengakses menu pada mesin ATM anda perlu memasukkan kartu ATM terlebih dahulu. Ingat ya jangan sampai salah atau terbalik memasukan-nya. Pastikan posisi kartu pada saat anda masukkan terlihat seperti pada gambar ilustrasi di bawah ini.
masukkan-kartu-atm-bca

3. Masukan PIN ATM BCA Anda

Setelah anda berhasil memasukkan kartu ATM dengan benar berikutnya akan tampil pada monitor yang memerintahkan anda mengisi PIN. Untuk itu masukkan 6 digit PIN anda, pastikan anda mengingat PIN tersebut dengan benar. Karena jika sampai salah memasukkan sebanyak tiga kali berturut-turut kartu ATM anda akan diblokir.
masukkan-pin-atm-bca
(Demi keamanan pastikan anda menjaga kerahasian PIN, bisa dengan tangan yang satunya saat menekan angka).

4. Pilih Nominal Tertentu Atau Pilih “Transaksi Lainnya”

Jika PIN yang anda masukan sudah benar selanjutnya monitor akan menampilkan beberapa menu. Pada tahap ini menu yang muncul yakni 100.000 untuk pengambilan uang 100 ribu. 500.000 jika anda ingin mengambil uang tunai sebesar 500 ribu. 1.500.000 jika anda ingin mengambil uang sebesar 1,5 juta. 2.000.000 dapat digunakan untuk mengambil uang 2 juta dan 2.500.000 jika anda menginginkan pengambilan 2,5 juta.
Selain menu tersebut pada tahap ini juga terdapat menu “Daftar E-banking” serta “Transaksi Lainnya”. Dalam panduan ini kita akan memilih “Transaksi Lainnya” untuk mengambil uang tunai yang tidak tercantum pada monitor (sesuai kebutuhan). Selain memungkinkan untuk mengambil uang dengan nominal tertentu melalui menu ini nantinya kita juga akan mendapatkan print out (kertas struk).
cara-mengambil-uang-di-atm-bca

5. Pilih “Penarikan Tunai” Untuk Tarik Tunai

Setelah anda memilih menu “Transaksi Lainnya” selanjutnya akan muncul perintah pada monitor agar anda memilih jenis transaksi. Untuk proses tarik tunai silakan pilih menu “Penarikan Tunai”.
atm-bca

6. Memasukan Jumlah Uang yang Akan Anda Ambil

Setelah menekan menu “Penarikan Tunai” monitor kembali akan memerintahkan anda agar memasukkan jumlah penarikan. Silakan isi jumlah penarikan sesuai kebutuhan dengan cara menekan tombol-tombol angka (PINPAD) yang terdapat di bawah monitor dan pilih tombol “Tekan Jika Benar”. Selanjutnya monitor akan mengkonfirmasi jumlah uang yang akan anda tarik. Jika nominal tersebut sudah benar maka pilih menu “Benar”.
cara-mengambil-uang-di-atm-bca

7. Tunggu Transaksi yang Sedang Berlangsung

Cara mengambil uang di ATM BCA pada tahap ini telah diproses oleh mesin. Akan muncul pemberitahuan di layar monitor bahwa transaksi tersebut sedang diproses. Selain itu jangan kaget jika dari mesin ATM mengeluarkan bunyi. Itu tandanya mesin sedang mencatat dan mengihitung jumlah lembaran uang untuk anda.

cara-mengambil-uang-di-atm-bca

8. Silikan Ambil Uang Anda

Setelah transaksi anda selesai diproses selanjutnya akan muncul pemberitahuan agar mengambil uang anda. Dan silakan ambil uang yang keluar dari mesin tersebut.
Cara Mengambil Uang Tunai di ATM BCA

9. Ambil Print Out/ Struk Bukti Transaksi

Ambilah struk (print out) bukti transaksi penarikan uang anda, simpan atau jika tidak membutuhkan silakan buang ke tempat sampah.
Cara Mengambil Uang di ATM BCA

10. Konfirmasi Mengakhiri Transaksi Jika telah Selasai.

Pada proses berikutnya monitor akan menanyakan apakah anda masih akan melakukan transaksi lain atau tidak. Untuk mengakhiri silakan pilih “Tidak”.
 cara-tarik-tunai-atm-bca

11. Ambil Kembali Kartu ATM Anda

Transaksi tarik tunai di ATM BCA telah berhasil. Selanjutnya jangan lupa untuk mengambil kartu ATM anda kembali.
atm-bca

Langkah di atas merupakan cara mengambil uang di ATM BCA disertai dengan gambar ilustrasi untuk mempermudah pemahaman anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengambil Uang Tunai di ATM BCA