Untung Rugi Kredit Mobil Bekas Murah dengan Angsuran 1 Jutaan

Advertisement
Advertisement
Kredit mobil bekas murah dengan angsuran 1 jutaan per bulan akhir-akhir ini banyak ditawarkan oleh sales maupun pedagang melalui berbagai media. Internet dan surat kabar menjadi salah satu media yang paling sering terlihat iklan sang pedagang mobil murah ini. Meski demikian tahukah anda jika mengambil kendaraan dengan sistem kredit dengan angsuran murah memiliki keuntungan dan kerugian? Simak selengkapnya melalui ulasan di bawah ini.

Target penjualan seringkali membuat sales atau pedagang mobil melakukan berbagai strategi dalam memasarkan dagangan nya. Selain melakukan penawaran secara personal mereka juga kerap menarik pembeli melalui iklan di berbagai media. Salah satu penawaran yang mereka tawarkan ialah kredit mobil dengan DP murah dan angsuran 1 jutaan per bulan. Penawaran-penawaran semacam ini seolah membuktikan bahwa masyarakat Indonesia dipermudah dalam memiliki kendaraan pribadi.
 Kredit Mobil Bekas Murah dengan Angsuran 1 Jutaan

Keuntungan Kredit Mobil Bekas Angsuran Ringan

Jika kita lihat dari segi keunggulan tentu saja proses pembelian kendaraan bermotor jenis apapun termasuk mobil menawarkan berbagai keuntungan bagi konsumen. Beberapa keuntungan tersebut diantaranya sebagai berikut:
  1. Mempermudah seseorang dalam membeli mobil impian.
  2. Kemudahan selama proses angsuran karena sangat ringan.
  3. Uang muka yang ditawarkan dapat diatur secara fleksibel sesuai kemampuan pembeli.
  4. Proses yang mudah karena adanya kerjasama antara dealer/ penjual dengan perusahaan leasing.
Beberapa keuntungan di atas tentu saja tidak sedikit menarik minat seseorang untuk membeli mobil bekas secara kredit dengan angsuran ringan. Terlebih jika uang muka dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan calon pembeli saat ini.

Kerugian Kredit Mobil Bekas dengan Angsuran Ringan

Di samping keunggulan atau keuntungan melakukan kredit mobil bekas murah dengan angsuran 1 jutaan tentu saja terdapat beberapa kekurangan dalam proses pembelian mobil bekas secara kredit. Adapun kekurangan tersebut diantaranya sebagai berikut:
  1. Limit antara pembayaran akhir dan harga sebenarnya cukup besar.
  2. Jangka waktu angsuran terlalu lama.
  3. Biaya perawatan yang lebih besar karena keausan suku cadang.
Selain ketiga poin di atas terkadang seorang pembeli lupa jika terdapat risiko kerusakan unit kendaraan yang mereka ambil. Tidak sedikit lho mobil yang baru saja dibeli mengalami kerusakan dan perlu adanya perawatan serius. Hal ini menjadi faktor kerugian serius bagi konsumen yang sebenarnya akan menambah daftar pengeluaran bulanan anda.
Untuk mendapatkan perkiraan lebih gamblang kita bisa mencontohkan pembelian unit mobil bekas dengan harga awal Rp 60.000.000. Dari harga awal di atas mungkin saja ada leasing yang berani menawarkan DP Rp 10 Juta dengan masa kredit selama 3 tahun atau 36 bulan.

Singkatnya dari harga normal Rp 60 Juta jika dibeli secara kredit dengan DP Rp 10 Juta anda memang bisa mengatur angsuran bulanan kurang lebih sebesa Rp 1,9 Juta per bulan dengan asumsi tenor selama 36 bulan. Dengan demikian hingga pelunasan kredit anda akan mengeluarkan uang DP + Anguran selama 36 bulan (Rp. 10.000.000 + (36*Rp. 1.900.00)) = Rp. 10.000.000 +  Rp. 68.400.000 = Rp. 78.400.000. Berapa selisihnya? Selisih harga awal dengan harga kredit didapati sekitar Rp 18,4 Juta atau setara dengan memberikan keuntungan leasing Rp 500.000 per bulan.
Dengan hitung-hitungan di atas mungkin keuangan bulanan anda mencukupi untuk melakukan angsuran kredit, namun ada hal yang terkadang terlupakan. Yak biaya perawatan unit mobil itu sendiri. Semakin tua usia mobil sudah bisa dipastikan biaya perawatan akan semakin mahal. Selain perawatan rutin seperti service dan ganti olie beberapa onderdil/ suku cadang tentunya juga perlu diganti karena keausan seiring berjalannya waktu.

Kesimpulan dari ulasan kredit mobil bekas murah dengan angsuran 1 jutaan di atas anda perlu mempersiapkan pula biaya perawatan kendaraan. Jadi bila anda ingin membeli mobil bekas secara kredit setidaknya pertimbangan kemampuan anda dalam menyiapkan angsuran bulanan ditambah perkiraan perawatan mobil termasuk perkiraan suku cadang yang perlu anda ganti.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Untung Rugi Kredit Mobil Bekas Murah dengan Angsuran 1 Jutaan