Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

24 Peluang Usaha di Bulan Puasa dan Menjelang Lebaran yang Menguntungkan

KTA Bank - Menurut informasi yang beredar tanggal 1 ramadhan 2018 jatuh pada hari Kamis, 17 Mei namun demikian kita tunggu saja ketetapan pemerintah setelah sidang isbat nanti. Kembali pada fokus pembahasan kali ini yakni peluang usaha di bulan puasa dan menjelang lebaran yang menguntungkan terdapat beberapa jenis bisnis yang  dapat kita pilih. Beberapa diantaranya membutuhkan modal kecil hingga sedang, namun ada pula yang dapat dikerjakan tanpa modal.

Sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging bagi masyarakat Indonesia dimana sifat konsumtif secara signifikan bertambah saat bulan ramadhan. Bagi kita yang jeli terhadap peluang binis, momen bulan puasa dapat menjadi momentum tepat untuk memperoleh tambahan pemasukan baik jenis usaha rumahan maupun usaha dadakan di pinggir jalan.

peluang-usaha-di-bulan-puasa-menjelang-lebaran

Jenis Usaha di Bulan Puasa dan Menjelang Lebaran yang Menguntungkan

Berikut 24 peluang usaha di bulan puasa dan menjelang lebaran yang dapat anda pilih sebagai alternatif bisnis untuk menambah pemasukan:
No Jenis UsahaNo Jenis Usaha
1Jualan Kurma13Jualan Oleh-oleh Khas
2Jualan Es Menjelang Berbuka14Jualan Souvenir dan Pernak-Pernik
3Jualan Snack dan Jajanan15Rental Mobil
4Jualan Menu Buka Puasa16Jualan Sepatu dan Sendal
5Jualan Menu Makan Sahur17Jualan Makeup dan Alat Kecantikan
6Jualan Buah dan Sayur18Jualan Toples dan Tempat Makanan
7Jualan Mainan Anak19Jualan Paket Parcel Lebaran
8Jualan Alat Sholat Peci dan Sarung20Jualan Ketupat
9Bisnis Kolam Pemancingan21Jualan Lampion
10Jualan Busana Muslim22Penyaluran Asisten Rumah Tangga
11Jasa Jahit Baju dan Vermak23Jasa Scurity dan Keamanan Rumah
12Reservasi Tiket dan Agen Travel24Penitipan Hewan Peliharaan

1. Berjualan Kurma Keuntungan Semanis Buahnya

Kurma menjadi salah satu buah favorit yang kerap hadir sebagai pelengkap menu berbuka puasa. Berjualan kurma di saat bulan ramadhan menjadi peluang usaha cukup menguntungkan.

2. Jualan Es dan Minuman Dingin Menyegarkan saat Berbuka 

Es dan minuman dingin merupakan salah satu makanan yang paling laris di bulan puasa. Menariknya lagi jenis bisnis ini tidak membutuhkan modal besar. Terlebih bagi anda yang memiliki rumah di pinggir jalan atau di dekat kompleks perumahan. Meski keuntungan setiap bungkus hanya beberapa ribu saja namun faktor kali penjualan tidak menutup kemungkinan anda menjadi jutawan dalam sebulan.

3. Jualan Snack & Jajanan dengan Untung Manis dan Gurih

Anda dapat memilih jenis makanan yang laris di bulan puasa sebagai alternatif usaha menjelang berbuka. Jenis snack dan jajanan manis dan asin seperti kelepon, puding, manisan, asinan, martabak, hingga risoles menjadi beberapa contoh jajanan yang paling laris diserbu konsumen. Tidak ada tips khusus untuk menjalankan bisnis ini asalkan anda menjajakan dagangan di tepi jalan atau tempat strategis lain.
peluang-usaha-di-bulan-puasa-makanan-paling-laris-di-bulan-puasa

4. Jualan Menu Buka Puasa dan Takjil Potensial dapat Pesanan

Bila kita cermati, hampir setiap warung pinggir jalan mulai dari warung sate, restoran besar, warung tegal, hingga warung lesehan selalu penuh dengan pelanggan saat menjelang buka puasa. Fenomena ini bisa kita baca sebagai peluang bagus saat ingin memulai usaha di bulan puasa. Selain menawarkan menu berbuka anda juga bisa menawarkan paket takjil dan menerima pesanan.

Bila anda berhasil menarik satu pelanggan saja di awal bulan tidak menutup kemungkinan setiap hari warung anda mendapatkan pesanan menu takjil dari satu kompleks yang biasanya mengadakan pengajian menjelang buka puasa. Tips utama dalam memulai bisnis ini yakni melakukan promosi pada masyarakat sekitar khususnya di kompleks-kompleks perumahan.

5. Jualan Menu Makan Sahur Cocok Banget di Kompleks Perumahan & Anak Kost

Jangan anggap sepele usaha berjualan menu sahur sebagai peluang usaha di bulan puasa. Bila anda memiliki lokasi strategis di dekat perumahan atau kawasan anak kost tidak menutup kemungkinan warung anda akan selalu penuh diwaktu sahur tiba. Beberapa warung serupa yang telah berjalan biasa menawarkan menu berbeda di setiap hari. Untuk itu anda bisa mengadopsi tips berjualan dengan menu berbeda setiap hari agar pelanggan tidak jenuh. Service delivery juga memungkinkan dilakukan jik target konsumen anda merupakan anak kost khususnya wanita. Jualan menu makan sahur menjadi alternatif usaha makanan yang laris di bulan puasa.

6. Berjualan Buah dan Sayuran Mentah Target Ibu Rumah Tangga

Peluang usaha di bulan puasa berikutnya yakni berjualan buah dan sayuran mentah. Meski harga buah dan sayur tidak seberapa namun jika anda mampu menjual dalam jumlah besar maka keuntungan anda juga berlimpat ganda. Menawarkan buah dan sayur menjadi salah satu usaha yang layak dilakukan baik saat puasa maupun di luar bulan puasa. Dengan demikian anda bisa melanjutkan usaha rumahan tersebut seusai lebaran nanti yang tentunya akan lebih mudah karena telah memiliki pelanggan.

7. Jualan Mainan Anak, Jajanan yang Tidak Membatalkan Puasa

Mendidik anak untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan menjadi tugas utama orang tua. Meski tidak ada rencana untuk membeli jajanan di siang hari namun uang jajan anak biasanya tetap diberikan. Bahkan beberapa orang tua cenderung memotivasi putra putrinya dengan sejumlah uang bila puasa mereka tidak bolong. Fenomena ini dapat anda jadikan sebagai peluang usaha di bulan puasa dengan berjualan mainan anak.
peluang-usaha-menjelang-lebaran-jualan-mainan
Beberapa jenis mainan anak yang laris di saat bulan ramadhan biasanya berjenis mainan yang bisa menyala seperti senter, bola, laser, dan lain sebagainya. Kenapa jenis mainan yang bisa menyala cenderung lebih laku? Logikanya mudah saja, anak-anak lebih banyak berada di luar saat malam hari bulan ramadhan entah itu menuju masjid untuk tarawih berjamaah atau bermain petak umpet setelahnya.

8. Jualan Alat Sholat, Peci dan Sarung Biar Tambah Islami

Perangkat alat sholat mulai dari mukena, sajadah, peci, sarung, dan tasbih selalu laris menjelang puasa dan lebaran. Untuk itu anda bisa menawarkan jenis produk serupa baik secara online maupun offline. Bisanya sebulan hingga seminggu menjelang puasa dan menjelang lebaran dagangan alat sholat akan mengalami peningkatan omzet.

9. Bisnis Kolam Pemancingan Tempat Ngabuburit

Kolam pemancingan selain diburu sebagai tempat berbuka puasa juga biasa didatangi untuk menghabiskan waktu. Untuk itu anda bisa menerapkan harga sesuai tujuan penjualan baik itu secara kiloan maupun persewaan sistem jam.

peluang-usaha-menjelang-lebaran-jualan-busana-muslim

10. Berjualan Busana Muslim yang Bikin Konsumen Tampan & Cantik Maksimal

Peluang usaha di bulan puasa yang tidak kalah menarik berikutnya ialah berjualan busana muslim. Jenis busana muslim mulai dari baju koko, long dress, stelan baju muslim anak, hingga hijab/ jilbab menjadi contoh baju muslim yang laris di pasaran. Menurut para pelaku usaha busana muslim omzet penjualan bisa meningkat semenjak awal bulan hingga menjelang lebaran.

11. Jasa Jahit Vermak Baju dan Celana Biar Semakin Dhemes Dipakai

Bagi anda yang memiliki ketrampilan menjahit bisa menjadikan jasa jahit baju sebagai alternatif peluang usaha di bulan puasa. Selain menerima jahitan anda juga bisa menerima jasa vermak baik mengecilkan atau membesarkan ukuran baju dan celana.

12. Reservasi Tiket dan Agen Travel Taget Pemudik

Reservasi dan agen travel menjadi salah satu bisnis menjelang lebaran yang menjanjikan. Kebiasaan mudik ke kampung halaman menjadi alasan utama jenis usaha ini sangat berpeluang dilakukan. Bahkan tiket pesawat dan travel akan mengalami peningkatan menjelang lebaran hingga dua minggu setelah lebaran. Membuka reservasi tiket dan agen travel bisa saja anda lakukan tanpa modal bila memiliki relasi atau partner bisnis yang sejenis.

13. Jualan Oleh-oleh Khas, Diserbu Pemudik Buat Keluarga di Kampung

Bisnis ini menjadi peluang usaha di bulan puasa yang menguntungkan dilakukan baik di kota maupun di desa. Oleh-oleh khas di kota besar biasa dicari untuk buah tangan famili di kampung halaman. Demikian pula saat pemudik berada di kampung halaman, mereka juga akan berburu oleh-oleh khas untuk rekan-rekan kerja. Melihat peluang tersebut, berujualan oleh-oleh khas dapat dilakukan dimana saja baik di kampung maupun di kota-kota besar seperti Bandung, Surabaya, Jakarta, Bogor, Batam, dan lain sebagainya.

14. Jualan Souvenir dan Pernak-Pernik Buat Cindera Mata Saudara

Souvenir dan penak-pernik bisa menjadi alternatif lain berjualan buah tangan. Pernak pernik seperti gantungan kunci, hiasan dinding, dan mainan anak menjadi beberapa contoh souvenir yang layak anda tawarkan bagi konsumen.

15. Rental/ Persewaan Mobil, Bagi yang Mudik sekeluarga

Rental mobil menjadi peluang usaha menjelang lebaran yang paling menguntungkan. Banyak sekali para pekerja di kota-kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, dan lain sebagainya memilih menyewa mobil untuk mudik ke kampung halaman. Namun demikian sebelum membuka jasa rental dan persewaan mobil ada baiknya anda mengetahui lebih jauh tentang tips dan keamanan yang harus dilakukan mengingat jenis usaha ini membutuhkan modal cukup besar.

16. Jualan Sepatu dan Sendal Untung Berlipat

Sepatu dan sendal menjadi pelengkap fashion yang tidak boleh ketinggalan. Untuk itu anda bisa menjual sepatu dan sendal untuk menambah pemasukan di bulan ramadhan. Jenis sepatu anak dan sendal menjadi dagangan yang paling laris menjelang lebaran. Bila anda terkendala masalah modal bisa menawarkan produk melalui sistem dropsip dan affiliate yang bisa dilakukan tanpa modal.

17. Berjualan Make Up dan Alat Kecantikan biar Cantik Maksimal

Bagi kaum hawa baju yang dikenakan akan terasa hambar tanpa makeup yang serasi. Untuk itu anda bisa memilih usaha untuk berjualan make up dan alat kecantikan wanita. Beberapa jenis make up seperti pemerah bibir, bedak, dan parfum menjadi jenis makeup paling laris menjelang lebaran. Selain make up anda juga bisa menambahkan alat kecantikan sebagai tambahan dagangan seperti softline, alat smooting rambut, dan lain sebagainya.

18. Jualan Toples dan Tempat Makanan, Suasana Lebaran Makin Kece

Jika anda lebih tertarik menjual produk perlengkapan lebaran bisa memilih peluang usaha menjelang lebaran dengan berjualan toples dan tempat makanan. Anda bisa saja memilih jenis produk yang terbuat dari kaca dan plastik seperti toples tempat kue, tupperware, maupun tempat buah unik untuk ditawarkan. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang berburu gelas atau cangkir unik khusus di pakai untuk menjamu tamu di hari lebaran.

19. Jualan Paket Parcel Lebaran Laris Manis

Kebiasaan memberikan kue lebaran bagi sanak famili menjadi hal yang lumrah dilakukan. Paket parcel lebaran dengan isi beberapa toples kue kering juga bisa anda jadikan sebagai alternatif usaha menjelang lebaran. Anda bisa menawarkan paket parcel lebaran mulai dari paket hemat hingga paket super lengkap mulai harga puluhan ribu hingga jutaan rupiah.

20. Berjualan Ketupat Menjelang Lebaran

Jualan ketupat bisa anda jadikan sebagai alternatif peluang usaha menjelang lebaran terbaik. Bila tidak memungkinkan membuat ketupat sendiri anda bisa saja mengambil dari pengrajin atau tengkulak sehingga tinggal menjajakan-nya di pinggir jalan. Selain menjual ketupat (tanpa isi) anda juga bisa menjual ketupat yang sudah jadi atau matang. Hal utama yang perlu anda perhatikan yakni jenis usaha ini hanya berlaku menjelang lebaran saja.

21. Jualan Lampion Menjelang Malam Takbiran

Lampion di malam takbiran sangat menarik bagi anak-anak. Lampion bisa saja anda jadikan tambahan jenis dagangan bila anda memiliki warung kelontong atau jenis usaha lain seperti mainan anak maupun makanan menjelang buka puasa. Meski terlihat sangat sepele namun jualan lampion juga termasuk peluang usaha di bulan puasa yang menjanjikan sebagai tambahan pendapatan.

22. Penyaluran Asisten Rumah Tangga, Peluang Usaha di Kompleks Perumahan

Kembali lagi pada kebiasaan mudik ke kampung halaman, tidak terkecuali para asisten rumah tangga juga mengambil cuti agar bisa berlebaran bersama keluarga d kampung halaman.  Jasa penyaluran asisten rumah tangga bisa anda lakukan di kota-kota besar yang mayoritas penduduknya merupakan pendatang. Hal yang perlu diperhatikan dalam usaha jenis ini ialah sumber daya manusia dan sistem promosi yang tepat.

23. Jasa Security dan Keamanan Rumah Saat Ditinggal Mudik Pemiliknya

Tidak kalah menguntungkan untuk dilakukan, jasa security dan keamanan rumah menjadi bisnis sangat menjanjikan. Kompleks perumahan yang ditinggal mudik penghuninya biasa terlihat lengang dan sepi. Untuk itu tawaran jasa keamanan selama ditinggal pemiliknya menjadi peluang usaha sangat smart dan menguntungkan.
peluang-usaha-di-bulan-puasa-menjelang-lebaran-penitipan-hewan

24. Penitipan Hewan Peliharaan Bagi yang Sayang Hewan

Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang memiliki hobi memelihara hewan mulai dari kucing, anjing, ikan, hingga unggas lain. Anda bisa menawarkan jasa penitipan hewan peliharaan selama pemiliknya mudik. Hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis ini tidak lain ialah kemampuan anda dalam mengurus binatang-binatang.

Selain 24 peluang usaha di bulan puasa dan menjelang lebaran di atas sebenarnya masih banyak jenis bisnis lain yang layak dilakukan pada momen ramadhan dan lebaran. Tertarik membuka usaha di bulan puasa tahun 2018 ini? Silakan tentukan jenis usaha sesuai minat dan kemampuan anda. Selamat mencoba dan semoga sukses.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 24 Peluang Usaha di Bulan Puasa dan Menjelang Lebaran yang Menguntungkan