Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

5 Alasan Kenapa Anda Tidak Membutuhkan Kartu Kredit


Fasilitas kartu kredit dapat saja mempermudah seseorang mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mulai dari membeli barang elektronik hingga membeli makanan kini bisa saja dilakukan tanpa uang tunai. Namun tahukah anda bahwa kartu kredit juga dapat menjadi boomerang bagi pemegangnya?

Pengetahuan yang kurang terhadap manfaat dan risiko kartu kredit sering kali diabaikan masyarakat Indonesia. Hal ini kemudian mengantarkan mereka untuk berbondong-bondong mengajukan kartu kredit dari perbankan penerbit. Bahkan tidak sedikit yang memiliki kartu kredit lebih dari satu kartu. Awalnya memang sangat membantu pemegang dalam memenuhi kebutuhan konsumtif. Namun dibalik manfaat tersebut, kesehatan finansial anda sebenarnya terancam jika salah salam penggunaan nya. Berikut 5 alasan kenapa anda tidak membutuhkan kartu kredit:
alasan-seseorang-tidak-membutuhkan-kartu-kredit

1. Memiliki kartu kredit membuat seseorang tidak mampu mengendalikan pengeluaran

Ketidakmampuan mengendalikan diri dalam membeli sesuatu menggunakan kartu kredit bisa saja merampok kesehatan finansial anda. Penggunaan kartu kredit tanpa pengetahuan yang cukup kerap menjerumuskan seseorang dalam gaya hidup yang salah.  Terlebih saat ini super market hingga online shop kerap menawarkan diskon tambahan untuk pembelian menggunakan kartu kredit tertentu dapat mendorong seseorang dalam menggunakan kartu kredit. Disisi lain kebiasaan ini membuat seseorang tidak mampu mengendalikan pengeluaran. Jadi jika anda ingin tetap dapat mengendalikan diri dalam pengeluaran alangkah baiknya menjauhi kartu kredit.

2. Suku bunga kartu kredit yang besar justru akan jadi beban keuangan bulanan

Tahukah anda bahwa suku bunga kartu kredit yang tinggi bisa saja justru akan menambah mahal harga barang yang anda beli? Hal ini kerap diabaikan oleh seseorang, dimana saat melihat adanya potongan harga membuat mereka  tergiur karena beranggapan mendapat harga murah. Disisi lain suku bunga kartu kredit bisa saja lebih besar dari potongan harga yang anda dapat. Belum lagi jika anda tidak dapat melunasi tagihan, besar kemungkinan bunga yang harus anda bayarkan semakin bertambah. Agar tidak menjadi korban strategi pemasaran, ada baiknya anda urungkan niat untuk menggunakan kartu kredit.

3. Tunggakan tagihan kartu kredit mempengaruhi skor kredit bahkan black list BI

Pernahkah anda mendengar pengajuan kredit di bank mendapatkan penolakan karena Black List BI? Setiap perbankan mempergunakan Sistem Informasi Debitur (SID) sebelum menyetujui pengajuan kredit nasabah. Jika nasabah masuk dalam daftar hitam di BI sudah barang tentu aplikasi kredit yang diajukan akan ditolak mentah-mentah oleh perbankan. Permasalahan ini juga bisa terjadi pada pengguna kartu kredit yang tidak melunasi tagihan nya secara tepat. Sayangnya kebanyakan dari mereka menyadari hal ini saat hendak mengajukan pinjaman atau jenis kredit lain seperti KPR maupun Kredit Tanpa Agunan.

4. Kebiasaan finansial yang buruk bisa saja mengganggu keharmonisan keluarga

Masalah finansial tidak menutup kemungkinan memicu pertikaian keluarga karena memang menjadi subjek yang sangat sensitif bagi setiap orang. Penggunaan kartu kredit yang salah bisa juga menjadi faktor utama keharmonisan keluarga menjadi berkurang.

5. Menghindari hutang membuat pikiran seseorang lebih tenang

Bila kita tidak memiliki kartu kredit tentu saja tidak perlu memikirkan akan denda keterlambatan, suku bunga, hingga biaya tahunan yang mungkin saja dibebankan bagi pegguna. Cara terbaik untuk mewujudkan keinginan memang dapat dilakukan dengan cara menabung dan membeli barang ketika benar-benar mampu membelinya.

Kelima hal di atas dapat anda jadikan sebagai alasan kenapa anda tidak membutuhkan kartu kredit. Kalau toh anda terpaksa harus menggunakan fasilitas kartu kredit ada baiknya mempelajari manfaat kartu kredit yang sebenarnya.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Alasan Kenapa Anda Tidak Membutuhkan Kartu Kredit