Cara Cerdas Melunasi Tagihan Kartu Kredit Yang Menumpuk

Cara Cerdas Melunasi Tagihan Kartu Kredit Yang Menumpuk

Advertisement
Advertisement
Cara melunasi tagihan kartu kredit – Memiliki hutang yang menumpuk menjadi salah satu masalah yang perlu segera diselesaikan. Terlebih jika tagihan tersebut berasal dari lembaga keuangan baik bank, koperasi, maupun rentenir. Demikian pula saat kita dihadang tagihan atau hutang karena kartu kredit yang sudah telat tentu akan menjadi masalah besar jika tidak segera kita lunasi.

Meski kartu kredit diciptakan untuk mempermudah pengguna dalam melakukan transaksi keuangan, namun tidak jarang dari mereka mengalami kendala tagihan yang menumpuk. Masalah ini dapat menghampiri nasabah karena berbagai sebab mulai dari kondisi keuangan pribadi yang sedang buruk atau  kurangnya pengetahuan tentang pemanfaatan kartu kredit secara tepat. Jadi bagi anda yang baru memiliki kartu kredit ada baiknya membaca ulasan kami sebelumnya tentang manfaat kartu kredit yang sebenarnya.
cara melunasi tagihan kartu kredit yang meumpuk

Cara Melunasi Tagihan Kartu Kredit yang Menumpuk

Bagi anda yang sedang mengalami masalah tagihan hutang khususnya karena penggunaan kartu kredit sebaiknya jangan risau dan panik. Coba tips cerdas di bawah ini agar anda dapat segera melunasi hutang yang ditagihkan.

Berhenti Menggunakan Kartu Kredit

Ketika anda mendapati tagihan hutang kartu kredit yang telah menumpuk sebaiknya tanamkan dalam diri untuk berhenti menggunakan fasilitas tersebut. Terlebih jika anda memiliki kartu kredit lebih dari satu. Meski cara ini tidak dapat melunasi tagihan tapi setidaknya tidak menambah jumlah hutang yang anda miliki. Dari keputusan ini diharapkan anda mendapatkan pengalaman baik dari segi pemanfaatan kartu kredit.

Lakukan Negosiasi dengan Pihak Bank Penerbit Kartu Kredit

Tips ini bisa saja anda pilih sebagai alternatif ketika benar-benar mencari cara melunasi tagihan kartu kredit. Negosiasi dengan penerbit kartu kredit bisa menjadi solusi terbaik dalam menghentikan hutang yang semakin membesar. Anda bisa mencoba meminta pihak bank memberikan fasilitas refinance hutang yang anda miliki. Jika hal ini tidak berhasil coba dengan meminta penerbit kartu kredit menghentikan penambahan bunga agar anda dapat lebih berkonsentrasi melunasi tagihan yang telah menumpuk. Meski tidak dapat dijadikan sebagai solusi pelunasan tagihan, tapi setidaknya jumlah atau nominal hutang yang anda miliki tidak semakin membengkak.

Mencari Tambahan Penghasilan

Jika proses negosiasi disetujui oleh pihak bank tidak ada salahnya anda memutar otak untuk mencari tambahan penghasilan. Beberapa pekerjaan freelace saat ini juga bisa anda jadikan sebagai alternatif tersebut. Dengan memiliki tambahan penghasilan diharapkan anda apat menyisihkan uang lebih besar guna melunasi tagihan hutang. Namun demikian pastikan anda melakukan pekerjaan yang legal dan tidak melanggar hukum.

Mengajukan Pinjaman Lain Untuk Melunasi Tagihan

Cara melunasi tagihan kartu kredit selanjutnya ialah dengan mengajukan pinjaman lain untuk menutup hutang sebelumnya. Jika anda memiliki teman atau saudara bisa saja mereka anda jadikan prioritas utama dalam mencari pinjaman guna melunasi tagihan. Namun jika hal tersebut tidak memungkinkan anda bisa saja mengajukan jenis pinjaman lain ke pihak bank. Beberapa jenis pinjaman seperti Kredit Tanpa Agunan (KTA) di beberapa perbankan bisa saja anda jadikan sebagai solusi utama pelunasan kartu kredit. Jenis kredit lain mungkin juga dapat anda jadikan sebagai alternatif misalnya pinjaman multiguna dengan agunan rumah ataupun kendaraan bermotor. Hal yang perlu anda perhatikan dalam mencari pinjaman sebagai solusi pelunasan kartu kredit ialah suku bunga. Pastikan bunga kredit tersebut lebih ringan dibandingkan dengan bunga kartu kredit sehingga tidak menjadi boomerang yang lebih berbahaya di kemudian hari.

Jual Sebagian Aset Berharga

Opsi terakhir ketika anda terlilit hutang kartu kredit yakni dengan cara menjual sebagian aset berharga yang anda miliki. Hal ini dapat anda pilih jika beberapa cara sebelumnya tidak dapat anda lakukan. Beberapa aset berharga seperti mobil, motor, tanah, bahkan rumah bisa saja anda jual untuk melunasi tagihan yang ada. Mengawali hidup dari nol kembali lebih bijak anda lakukan daripada dikejar-kejar pelunasan hutang.

Kelima tips di atas merupakan cara melunasi tagihan kartu kredit yang bisa anda pilih sesuai situasi dan kondisi. Semoga hutang yang anda miliki segara lunas dan dapat menjalankan kehidupan bersama orang-orang tercinta lebih nyaman dan tentram.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :