Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

3 Kebiasaan ini Bisa Saja Bikin Kamu Jatuh Miskin

Hidup berkecukupan, memiliki harta benda mewah, dan dihormati orang lain menjadi idaman setiap manusia. Tapi sadarkah kamu bahwa ada banyak sekali kebiasaan yang bisa membuatmu jatuh miskin? Untuk itu kamu harus senantiasa waspada dan menghindari kebiasaan yang dapat mengancam diri dan keluarga.

Jika anda saat ini dalam kondisi ekonomi sehat, tidak ada salahnya mengetahui beberapa kebiasaan yang kurang tepat. Dengan demikian ekonomi keluarga yang selama ini sehat tetap dapat terjaga guna menjamin kehidupan anda dan anggota keluarga. Prioritaskan masa depan baik untuk diri sendiri maupun anak-anak.

Simak saja ulasan berikut ini tentang kebiasaan yang bisa bikin kamu jatuh miskin:

1. Kesehatan Jadi Faktor Utama yang Sering Diabaikan

Kesehatan merupakan hal terpenting bagi setiap orang. Dengan memiliki tubuh sehat kita bisa melakukan segala aktivitas mulai dari bekerja, bersosial, hingga beribadah. Sayangnya banyak dari kita yang mengabaikan kesehatan dan tidak menerapkan pola hidup sehat.

Kenyataan ini cukup terlihat dari kebiasaan kita yang jarang berolahraga dan kurang memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Dengan kondisi yang seperti ini tidak menutup kemungkinan seseorang jatuh sakit dan mengharuskan berobat ke dokter. Disisi lain banyak diantara kita yang belum memiliki asuransi kesehatan sehingga mau tidak mau harus merogoh kocek untuk biaya berobat. Padahal biaya berobat di rumah sakit tidaklah murah, bahkan tidak jarang seseorang merelakan aset berharganya seperti menjual mobil, tanah, bahkan rumah untuk menutup biaya berobat. Jika sudah demikian, harta benda akan habis dan membuat seseorang jatuh miskin.

Dari kasus di atas tentu kita harus segera menyadarkan diri untuk menjaga kesehatan. Olahraga teratur 2 kali seminggu dan mengkonsumsi makanan sehat menjadi langkah tepat untuk memulai hidup sehat. Olahraga secara teratur sekaligus mengkonsumsi makanan sehat dapat menyehatkan organ tubuh kita sehingga tubuh akan lebih segar dan bugar. Selain dua faktor tersebut, bagi kamu yang memiliki kebiasaan buruk seperti begadang, m3I20k0k hingga mengkonsumsi minuman I3er4Ik0h01 sebaiknya perlahan menghilangkan kebiasaan tersebut untuk mendukung pola hidup sehat.

2. Gengsi dan Gaya Hidup Mewah yang Seharusnya Kamu Hindari

“Hidup ini nggak mahal, yang bikin mahal itu Gengsi!”, kalimat tersebut sepertinya sangat cocok menggambarkan kebiasaan buruk masyarakat saat ini. Bahkan “gengsi” biasanya tidak disadari oleh pelakunya. Gengsi mengantarkan seseorang pada sifat iri, misalnya tetangga ada yang beli kulkas kita ikut-ikutan beli kulkas, padahal daya listrik di rumah kita tidak cukup untuk kebutuhan daya barang elektronik tersebut. Terpaksanya mau tidak mau ya harus menaikkan daya listrik agar mencukupi kapasitas daya yang dibutuhkan.

Contohnya lagi ketika tetangga ada yang beli mobil kita ikut-ikutan beli mobil, padahal dari segi finansial kita belum layak menggunakan kendaraan roda empat lantaran harganya yang tidak terjangkau dan biaya perawatan yang mahal. Fenomena ini kerap kita temukan pada kehidupan sehari-hari, teman sekantor, tetangga, saudara, bahkan kita sendiri.

Gengsi dan gaya hidup semacam ini sangat membahayakan diri sendiri. Terlalu memaksakan diri mengikuti trend bisa saja membuat seseorang rela membeli sesuai secara kredit, bahkan mengajukan pinjaman ke bank untuk membeli barang yang sebenarnya belum terlalu dibutuhkan. Jika sudah seperti ini, bisa saja kita jatuh miskin lantaran mengikuti ego dan gengsi. Untuk itu hiduplah secara wajar sesuai kemampuan, tahu mana yang benar-benar kita butuhkan dan mana yang belum kita butuhkan.

3. Manajemen Keuangan yang Salah

Perlu kita sadari bahwa kehidupan ini seperti roda, selalu berputar dan tidak bisa diam di tempat. Demikian pula dalam hal ekonomi, ada kalanya kita merasa berkecukupan namun akan tiba pula saatnya kita merasa kekurangan. Kesalahan yang kerap kita lakukan tanpa sadar yakni menghambur-hamburkan uang ketika merasa rezeki sedang lancar. Saat kondisi ekonomi sedang di atas biasanya seseorang akan membeli apa saja yang mereka pengen, misalnya alat elektronik, kendaraan bermotor yang lebih bagus,  TV berlangganan, dan lain sebagainya. Disisi lain jarang dari kita yang menyadari bahwa kebutuhan tersebut justru akan membebani pengeluaran bulanan seperti biaya listrik yang bertambah, cicilan bulanan yang semakin besar, dan sebagainya.

Untuk itu kita harus berhati-hati dan selalu mengatur keuangan dengan sebaik-baiknya. Sekalipun kondisi ekonomi kamu sedang berada di atas, alangkah baiknya untuk menyisihkan nya dalam bentuk tabungan maupun investasi.

Ketiga kebiasaan di atas bisa saja bikin kamu jatuh miskin. Untuk itu tetaplah menjaga kondisi kesehatan, menghindari gengsi, dan sisihkan sebagian pendapatan untuk masa depan. Dengan demikian kita akan senantiasa bersyukur lantaran sehat dan merasa nyaman.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 3 Kebiasaan ini Bisa Saja Bikin Kamu Jatuh Miskin