Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah dan Bantuan Modal Gratis

Ulasan di bawah ini akan menginformasikan mengenai pinjaman modal usaha dari pemerintah dan bantuan modal usaha gratis. Sebelum terlalu jauh membahas mengenai hal tersebut perlu kita ingat bahwa modal usaha merupakan uang yang dipergunakan untuk memulai atau mengembangkan bisnis. Dengan modal berupa uang dapat mendorong seseorang untuk membuka sebuah usaha maupun mengembangkan usaha yang telah ada.

Bukan hal naif jika anda sebagai calon pengusaha maupun sebagai pengusaha beranggapan bahwa modal menjadi faktor penting penunjang kesuksesan. Meski tidak sedikit bisnis yang bisa dikerjakan tanpa modal namun kebanyakan peluang usaha membutuhkan sejumlah uang sebagai modal kerja. Berikut ulasan singkat tentang pinjaman modal dari pemerintah Indonesia dan bantuan modal usaha gratis.
bantuan-modal-usaha-dari-pemerintah

Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah

Ketersedian lapangan pekerjaan yang kurang memadahi dan upah tenaga kerja yang kecil sedikit banyak mendorong terciptanya usaha baru. Wajar jika sebagai seorang manusia kita lebih cenderung memilih menjadi seorang pengusaha daripada bekerja dengan umum minim. Namun demikian suatu usaha atau bisnis tidak pula dapat langsung terlihat sukses melainkan butuh waktu dan keuletan.

Di Indonesia sendiri keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja. Wajar jika kemudian tercipta program guna mendorong tumbuh kembang UMKM. Bantuan modal tersebut terealisasikan dalam program Kredit Usaha Rakyat yang kemudian lebih akrab disingkat sebagai program “KUR”. KUR merupakan program bantuan pinjaman ringan dengan suku bunga rendah yang ditujukan sebagai modal kerja, dan investasi. Suku bunga yang diterapkan dalam kredit usaha rakyat dapat mencapai 9% per tahun berkat adanya subsidi dari pemerintah.

Selanjutnya pemerintah menunjuk beberapa perbankan baik bank milik negara, milik pemerintah daerah, maupun bank swasta sebagai penyalur KUR. Dengan demikian masyarakat khususnya mereka yang bergelut di usaha sektor produktif dapat mengajukan pinjaman sebagai modal usaha secara mudah melalui perbankan penyalur KUR. Jika kita bandingkan dengan jenis kredit lain KUR memiliki tingkat suku bunga jauh lebih kecil. Untuk itu pinjaman ini sangat diminati oleh masyarakat Indonesia dalam upaya mengembangkan bisnis yang telah berjalan.  Sayangnya Kredit Usaha Rakyat masih terbatas diberikan bagi masyarakat yang telah menjalankan usaha selama enam bulan sehingga belum dapat diajukan sebagai modal memulai bisnis baru. Untuk mengetahui lebih detail terkait syarat pengajuan KUR anda dapat menyimak ketentuan dan persyaratan nya disini.

Bantuan Modal Usaha Gratis

Bantuan modal usaha gratis adalah sebuah bantuan yang diberikan oleh suatu pihak sebagai modal mendirikan dan mengembangkan usaha. Meski saat ini bantuan modal semacam ini sangat jarang ditemukan di Indonesia, namun anda dapat mencari alternatif untuk mengikuti sayembara maupun sebuah kompetisi bisnis. Beberapa kompetisi yang bisa anda jadikan sebagai alternatif mendapatkan modal usaha seperti kompetisi Businisse Plane, baik yang diadakan secara nasional maupun internasional.

Demikian sekilas informasi dan ulasan mengenai pinjaman modal usaha dari pemerintah serta alternatif mendapatkan modal usaha secara gratis. Semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pinjaman Modal Usaha dari Pemerintah dan Bantuan Modal Gratis