Alasan Kenapa UMKM Lebih Memilih Pinjaman KUR BRI

Advertisement
Advertisement
Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah program pemerintah dalam bentuk pinjaman ringan sebagai modal usaha dan investasi. Tujuan utama pelaksanaan program ini tidak lain ialah menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) sehingga dapat terus tumbuh dan berkembang di tengah persaingan global. Dengan berkembangnya UMKM tentunya akan menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi lebih baik.

Dengan konsep pemberian subsidi suku bunga, pemerintah meluncurkan pinjaman KUR dengan bunga 9% per tahun yang kemudian disalurkan oleh perbankan yang ada di Indonesia. Beberapa bank penyalur KUR 2018 diantaranya ialah Bank BRI, BNI, BRI Syariah, Bank Mandiri, dan lain sebagainya.
kredit usaha rakyat

Dari sekian banyak perbankan penyalur kredit usaha rakyat, BRI menjadi salah satu perbankan milik negara yang mendapatkan kepercayaan UMKM dalam mengajukan pinjaman KUR. Lantas kenapa  pelau UMKM lebih memilih pinjaman KUR BRI? Simak beberapa alasan di bawah ini:

# Reputasi Perusahaan

Sudah tidak diragukan lagi, BRI memiliki reputasi bagus di hati masyarakat Indonesia. Selain terdaftar sebagai salah satu BUMN, Bank dengan kode BBRI ini juga semakin profesional dalam melayani nasabah. Bahkan untuk menunjang layanan terbaik di masa yang akan datang perbankan yang identik dengan logo warna biru ini menginvestasikan sebagian modalnya untuk meluncurkan satelit sendiri. Wajar jika masyarakat khususnya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memilih pengajuan KUR BRI sebagai modal usaha.

# Jaringan Luas dan Ketersediaan Layanan

Jaringan dan layanan yang luas menjadi alasan berikutnya kenapa UKMK lebih memilih untuk mengajukan kredit usaha rakyat melalui BRI. Mulai dari perkotaan hingga pedesaan BRI memiliki cukup banyak kantor layanan baik kantor unit, cabang pembantu, kantor cabang, maupun teras BRI. Dengan demikian masyarakat lebih mudah menemukan layanan pengajuan KUR BRI.

# Persyaratan dan Proses Persetujuan

Meski persyaratan pengajuan KUR BRI hampir sama dengan persyaratan pengajuan KUR melalui perbankan lain namun proses persetujuan yang cepat menjadi alasan tersendiri bagi masyarakat untuk mengakses pinjaman modal usaha dan investasi melalui bank yang satu ini. Disisi lain pengalaman nasabah yang telah mendapatkan pinjaman KUR melalui Bank BRI juga memberikan dampak bagi nasabah lain. Selain itu BRI juga biasa menyediakan brosur KUR di setiap kantor layanan sehingga nasabah lebih mudah mengetahui persyaratan sekaligus tabel angsuran KUR BRI.

# Jatah Dana Lebih Besar

Jatah dana KUR BRI yang lebih besar dibandingkan dengan perbankan lain menjadi alasan terakhir kenapa masyarakat lebih memilih pengajuan KUR melalui bank BRI. Secara logika dengan ketersediaan dana yang lebih besar maka pelang persetujuan pengajuan pinjaman cuku semakin besar pula. Di tahun 2018 ini BRI menargetkan penyaluran dana KUR sebesar Rp 71 Triliun dan lebih diutamakan untuk disalurkan bagi sektor mikro.

Tertarik mengajukan kredit usaha rakyat bank BRI? Silakan ajukan melalui kantor cabang, cabang pembantu, kantor unit, maupun Teras BRI. Anda dapat mengajukan pinjaman modal kerja dan investasi jenis mikro dengan total pengajuan maksimal Rp 25 juta dan KUR Ritel dengan total pinjaman maksimal Rp 500 juta.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Alasan Kenapa UMKM Lebih Memilih Pinjaman KUR BRI