Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

Begini Cara Membuat Kartu ATM dan Tabungan di Semua Bank

Barang kali ada diantara pembaca yang masih awam dan bertanya-tanya, bagaimana sih cara membuat kartu ATM dan Tabungan di bank? Bagi anda yang belum memiliki kartu debit atau yang lebih dikenal dengan sebutan kartu ATM akan merasa istimewa melihat teman atau sahabat yang sudah menggunakan fasilitas ATM baik dari bank BCA, Mandiri, BRI, Danamon, BRI Syariah, maupun bank lain. Pasalnya, dengan memiliki kartu debit seseorang akan sangat mudah melakukan transaksi keuangan mulai tarik tunai hingga belanja online.

Meski perkembangan sistem keuangan di Indonesia saat ini bisa dibilang telah modern, namun pada kenyataannya tidak sedikit diantara masyarakat yang belum memiliki fasilitas kartu ATM. Terlebih bagi anda yang masih berusia belasan tahun baik yang masih menyandang status sebagai seorang pelajar maupun mahasiswa baru. Untuk itu bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai cara membuat kartu ATM dan menabung di bank, informasi di bawah ini sangat tepat untuk anda baca.
cara-membuat-kartu-atm-dan-tabungan-di-semua-bank

Bagaimana Cara Membuat Kartu ATM?

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya anda memahami terlebih dahulu bahwa kartu ATM merupakan salah satu fasilitas yang didapatkan seorang nasabah karena membuka rekening tabungan di suatu bank. Saat ini semua perbankan di Indonesia mulai dari BRI, Mandiri, BCA, BNI, BRI Syariah, Danamon, dan lain sebagainya akan memberikan fasilitas kartu ATM bagi nasabah yang membuka atau memiliki rekening tabungan di bank tersebut. Bahkan di beberapa perbankan ternama seperti BRI mewajibkan seluruh nasabah pemilik rekening menggunakan fasilitas kartu ATM.

Menariknya lagi, jika pada masa awal kemunculannya kartu ATM hanya bisa dibuat dalam waktu satu minggu dalam perkembangannya saat ini penerbitan kartu ATM bisa langsung dibuat bersamaan dengan nasabah membuka rekening tabungan, sangat cepat dan efesien tentuanya. Tujuan dari diterbitkannya kartu debit atau ATM tidak lain yakni untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi keuangan tanpa repot-repot harus ke Teller pada jam kerja.

Jika kita telaah lebih lanjut, kepemilikan kartu ATM saat ini bukan lagi menjadi suatu kebutuhan namun bisa dibilang sebagai suatu tuntutan bahkan kewajiban. Bagaimana tidak beberapa transaksi seperti jual beli online hingga pembayaran tagihan tertentu saat ini lebih megutamakan melakukan transaksi keuangan non tunai agar lebih efektif dan efisien. Jadi manfaat kartu ATM saat ini bukan lagi sebatas melakukan transaksi seperti cek saldo, transfer uang ke rekening tabungan lain, atau tarik tunai saja.

Simak Juga: Cara Buka Tabungan BNI Taplus Muda

Lantas bagaimana cara membuat kartu ATM? Berikut langkah yang harus anda tempuh untuk bikin kartu ATM dari perbankan tertentu:
  1. Siapkan kartu identitas diri baik berupa EKTP maupun kartu mahasiswa.
  2. Persiapkan pula NPWP dan kartu keluarga jika anda berkeinginan membuka tabungan di bank BCA.
  3. Persiapkan juga uang tunai untuk melakukan setoran awal sesuai ketentuaan minimum setoran awal di masing-masing rekening bank.
  4. Datangi kantor layanan perbankan yang anda inginkan misal BRI, BCA, Mandiri, Danamon, dan lain sebagainya.
  5. Ambil nomor antrian untuk menuju Customer Service (CS). Jika di depan anda ditanya oleh scurity tentang maksud dan tujuan langsung saja jawab mau buka rekening baru, biasanya scurity akan mengarahkan anda untuk mengambil nomor antrian ke CS.
  6. Setelah dipanggil, silakan menuju loket sesuai instruksi. Pada tahap ini CS akan menanyakan perihal nama dan tujuan kedatangan. Untuk itu pastikan anda menjawab secara konsisten yakni membuka rekening tabungan, namun jika anda telah mengetahui secara pasti produk simpanan dari bank tersebut ada baiknya langsung menjawab dengan lengkap misalanya “mau membuka rekening Simpedes/ lainnya”.
  7. Pada tahap selanjutnya petugas CS akan memberikan informasi terkait produk simpanan di bank tersebut. Dengarkan setiap penjelasan dan pahami secara seksama.
  8. Jika petugas telah selesai memberikan informasi produk dan anda masih merasa bingung atau belum jelas ada baiknya langsung saja ditanyakan, misal masalah fasilitas kartu ATM maupun fasilitas lain.
  9. Selanjutnya anda akan dikasih lembaran kertas formulir pembukaan rekening tabungan untuk diisi. Pada saat pengisian formulir anda tidak perlu tergesa-gesa agar tidak salah dalam penulisannya. Beberapa data pribadi seperti alamat, nomor telephone, dan identitas lain jangan sampai salah. bersamaan anda mengisi formulir aplikasi biasanya petugas akan meminjam kartu identitas EKTP untuk di fotokopi.
  10. Setelah formulir terisi secara lengkap, jangan lupa bubuhi tanda tangan di tempat yang disediakan. Anda juga bisa mengisi fasilitas yang diinginkan khususnya kartu ATM atau fasilitas lain seperti mobile banking, maupun internet banking.
  11. Pada tahap berikutnya biasanya petugas akan memberikan formulir setor tunai dan atau memberikan buku tabungan yang barusan dicetak untuk anda guna melakukan setoran awal. Setelah itu anda akan diminta melakukan setora langsung ke teller. Jangan khawatir dengan antrian panjang karena anda tidak perlu lagi mengantri untuk melakukan setoran awal.
  12. Jika setoran awal sudah anda lakukan selanjutnya kembali ke CS dan anda akan diminta membuat PIN ATM, pastikan anda menghafal PIN tersebut karena berfungsi sebagai password saat anda menggunakan kartu ATM nanti. Untuk mengaktifkan fasilitas lain seperti internet banking atau mobil banking ikuti saja instruksi dari petugas.
  13. Jika seluruh proses dan prosedur telah selesai anda akan menerima buku tabungan dan fasilitas kartu ATM yang bisa langsung dipergunakan.
Dengan memiliki fasilitas kartu ATM, sekarang anda bisa melakukan transaksi melalui ATM baik untuk melakukan tarik tunai, transfer ke rekening lain, maupun transaksi keuangan yang lain.

Tidak sulit kan prosedur dan cara membuat kartu ATM dan tabungan di bank? Sebelum memilih salah satu perbankan tidak ada salahnya anda melakukan perbandingan antara produk tabungan di beberapa bank misalnya BRI, Mandiri, BCA, BNI, Danamon, BRI Syariah, dan lain sebagainya. Meski saat ini telah banyak layanan online untuk membuka rekening tabungan, namun untuk keamanan dan kenyamanan membuka rekening dengan langsung mendatangi kantor layanan masih kami sarankan bagi pemula.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Begini Cara Membuat Kartu ATM dan Tabungan di Semua Bank