Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

Ini Kelebihan dan Kekurangan Uang Elektronik

Kelebihan dan Kekurangan Uang Elektronik – Perkembangan era digital di Indonesia saat ini sudah semakin menjadi dengan banyaknya layanan digital di hampir seluruh jenis jasa. Uang elektronik menjadi salah satu dampak inovasi dari perkembangan teknologi di Indonesia saat ini. Dengan menggunakan uang elektronik kini seseorang bisa mengurangi bahkan tidak perlu lagi memegang uang tunai saat bepergian.Cukup bermodal smartphone dan jaringan, pemegang rekening uang elektronik kini dapat langsung melakukan transaksi keuangan mulai dari membeli pulsa, beli pakaian, hingga membayar tagihan listrik.

Dampak munculnya layanan Uang Elektronik dari sejumlah bank dan lembaga keuangan tentu saja tidak sebatas mengurangi uang tunai dalam dompet seseoang. Lebih lanjut keberadaan Uang Elektronik juga dapat mengurangi nasabah dalam menggunakan kartu ATM untuk melakukan transaksi keuangan. Hampir seluruh bank nasional di Indonesia saat ini memang telah mengadopsi teknologi mobile baking yang membuat nasabah semakin merasa dimanjakan.
kelebihan dan kekurangan uang elektronik

Meski banyak kelebihan namun inovasi di bidang keuangan ini tetap saja memiliki kekurangan. Berikut kelebihan dan kekurangan Uang Elektronik yang perlu anda tahu:

Kelebihan

# Tidak Perlu Membawa Uang Tunai

Dengan top up Uang Elektronik pengguna tidak perlu lagi membawa uang tunai atau minimal bisa mengurangi jumlah uang tunai dalam dompet.

# Tidak Perlu Pergi ke ATM

Meski ATM menjadi salah satu fasilitas untuk memudahkan nasabah dalam bertransaksi namun ketersediaan Uang Elektronik perlahan membuat pemegang ATM lebih jarang pergi ke mesin ATM untuk transaksi keuangan.

Simak Juga: Biaya Transfer BRI ke Mandiri Lewat ATM & Teller

# Efisiensi Waktu

Saat hendak melakukan transaksi keuangan anda tidak perlu pergi ke bank/ loket pembayaran dengan antrian panjang yang dapat memakan waktu. Bisa kita contohkan seseorang yang hendak membayar tagihan listrik prabayar tidak perlu antri ke loket pembayaran karena proses pembayaran dapat dilakukan dengan Uang Elektronik.

# Pembukuan Otomatis

Dengan memiliki rekening Uang Elektronik segala transaksi pengeluaran akan secara otmatis tercatat dalam history payment. Kelebihan ini akan sangat bermanfaat bagi anda yang suka lupa telah mengeluarkan uang untuk kebutuhan apa saja.

# Menghindari Pencurian

Anda tidak perlu khawatir akan tindak kejahatan dan pencopetan karena uang yang anda miliki tersimpan dalam dompet virtual. Meski demikian anda tetap harus menjaga keamanan privasi dan password dompet virtual anda.

# Mudah dan Praktis

Kemudahan dalam bertransaksi menjadi salah satu kelebihan yang tidak dapat dipungkiri. Proses pembelian barang secara online dari mana saja dapat dilakukan dengan langkah mudah. Dengan demikian proses transaksi keuangan bisa anda lakukan dengan praktis tanpa ribet.

Kekurangan

# Tidak dapat Digunakan di Semua Toko/ Pembayaran

Bila anda hendak membeli sesuai di toko kecil katakanlah toko kelontong, Uang Elektronik belum dapat dipergunakan. Untuk itu sebaiknya anda tetap memegang uang tunai dalam dompet meski dengan jumlah kecil. Dalam kasus ini bisa kita ibaratkan ban kendaraan anda bocor di tengah jalan secara otomatis anda membutuhkan jasa tukang tambal ban. Sementara tukang tambal ban tentunya tidak menerima pembayaran dengan Uang Elektronik.

# Keterbatasan

Perbankan biasanya membatasi jumlah transaksi harian sehingga anda tidak bisa secara bebas membelanjakan saldo Uang Elektronik anda dalam satu hari. Batas maksimal transaksi harian ini masih menjadi salah satu kekurangan Uang Elektronik.

# Fasiltias Tekonologi harus Memadai

Guna mengakses dompet virtual anda perlu memiliki fasilitas berupa smartphone dan jaringan internet. Bila baterai handphone anda habis secara otomatis anda juga akan kehabisan uang saat ingin mempergunakannya. Selain baterai sinyal internet/ akses data menjadi salah satu fasilitas yang perlu anda pastikan ketersediaannya.

# Risiko Peretasan

Masih ingat kasus jual beli data nasabah? hampir serupa dengan kasus tersebut, risiko peretasan juga bisa dialami pemegang dompet virtual/ Uang Elektronik yang berjung kerugian bagi pengguna. Untuk itu selain memastikan handphone aman anda juga wajib menjaga keamanan akun anda. Meski menggunakan fasilitas pribadi kami sarankan agar anda tidak menyimpan password sekaligus menghindari login ke dompet virtual secara otomatis. Hal ini untuk berjaga-jaga jika kemungkinan terburuk terjadi pada handphone anda misal terjatuh atau dicuri orang.

# Susah Mengontrol Pengeluaran

Kekurangan yang satu ini sebenarnya terjadi karena ketidaktepatan seseorang dalam menggunakan fasilitas. Kemudahan dalam bertransaksi tidak jarang membuat pengguna fasilitas susah mengontrol pengeluaran terlebih keberadaan online shop saat ini yang kerap menawarkan barang dengan promo dan diskon tertentu. Menyiasati hal ini anda perlu menanamkan dalam diri prioritas transaksi yang anda lakukan.

Kelebihan dan kekurangan Uang Elektronik di atas sebaiknya anda pahami sedini mungkin sehingga dapat memaksimalkan penggunaan teknologi sebagai alat bantu bertransaksi dengan tetap meminimalisir resiko yang ada.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Kelebihan dan Kekurangan Uang Elektronik