Manfaat Kartu Kredit Sebagai Syarat Pengajuan KTA Online

Advertisement
Advertisement
KTA Bank - Bukan rahasia lagi jika mayoritas Kredit Tanpa Agunan (KTA) online memerlukan syarat kartu kredit dalam pengajuan nya. Bagi calon debitur yang tidak memiliki kartu kredit tentu saja hal ini menjadi kendala utama saat berkehendak mengajukan KTA online. Lantas kenapa hampir seluruh perbankan/ lembaga keuangan mensyaratkan kepemilikan kartu kredit bagi calon peminjam? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut ini.

KTA online merupakan produk pinjaman yang khusus diberikan bagi debitur tanpa memerlukan jaminan apapun. Namun demikian lembaga keuangan atau bank yang memberikan penawaran KTA tidak serta merta memberikan persetujuan setiap pengajuan melainkan melalui prosedur sesuai ketentuan, salah satunya persyaratan. Kartu kredit sebagai syarat pengajuan KTA online bermanfaat meminimalisir risiko kredit debitur.
pengajuan kta online

Berikut beberapa alasan kenapa kartu kredit dibutuhkan dalam proses pengajuan KTA:

  1. Kartu kredit dapat dimanfaatkan sebagai tambahan informasi berkaitan dengan riwayat kredi calon debitur. Melalui BI Chacking pihak bank dapat mengetahui bagaimana riwayat kredit calon debitur sehingga dengan lebih mudah bisa menentukan apakah calon debitur layak mendapatkan pinjaman atau tidak.
  2. Meminimalisir risiko kredit karena secara logika debitur telah mengetahui kewajiban pengembalian pinjaman sesuai ketentuan yang berlaku. Dengan demikian pihak bank atau pemberi pinjaman tidak ragu terhadap kemampuan debitur melakukan cicilan.
Kedua poin di atas menjadi alasan kenapa mayoritas KTA online hanya diberikan bagi pemegang kartu kredit. Dengan kata lain, manfaat kartu kredit dalam persyaratan pengajuan KTA online berfungsi sebagai validasi data calon debitur sekaligus meminimalisir risiko kredit macet.

KTA Tanpa Kartu Kredit Sebagai Solusi Pengajuan Pinjaman

Persoalan pemilikan kartu kredit sebagai syarat pengajuan KTA menjadi salah satu celah yang saat ini banyak dimanfaatkan oleh lembaga keuangan dengan menawarkan KTA Tanpa Kartu Kredit. Meski secara praktis tawaran tersebut memberikan kemudahan bagi calon peminjam, namun disisi lain layanan KTA tanpa kartu kredit biasanya diberikan dengan suku bunga lebih tinggi.

Bahkan beberapa fintech di Indonesia saat ini dengan sengaja menawarkan KTA online dengan menyasar konsumen yang tidak memiliki kartu kredit. Sayangnya layanan ini biasanya diberikan dalam jangka pendek dan suku bunga tinggi. Bahkan ada pula lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman tanpa jaminan online tanpa syarat kartu kredit dengan bunga 40% per bulan. Saran kami, jauhi lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman dengan bunga lebih dari 10% per bulan karena mereka lebih tepat disebut sebagai rentenir online karena bunga yang mencekik.

Bagi anda yang hendak mengajukan KTA online kami sarankan untuk memastikan reputasi pemberi pinjaman agar tidak merasa terjebak dan menjadi korban rentenir online.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Kartu Kredit Sebagai Syarat Pengajuan KTA Online