Apa itu Kredit Agunan Deposito?

Advertisement
Advertisement
Kredit Agunan Deposito adalah salah satu produk kredit yang biasa ditawarkan oleh perbankan. Di Indonesia sendiri fasilitas kredit ini termasuk ke dalam jenis kredit multiguna yang bisa diajukan untuk memenuhi segala macam kebutuhan nasabah baik untuk keperluan konsumtif maupun produktif. Beberapa perbankan terkemuka di Indonesia yang menawarkan pinjaman dengan jaminan deposito diantaranya Bank Mandiri, Bank DBS, Bank Tabungan Negara (BTN), dan sebagainya.

Pada dasarnya kredit dengan jaminan deposito merupakan inovasi baru disamping kredit multiguna dengan agunan aset berharga seperti Kendaraan Bermotor maupun Sertifikat Rumah. Inovasi ini tentunya diciptakan lantaran adanya beberapa keterbatasan aset-aset di atas sebagai jaminan kredit seperti usia kendaraan bermotor maupun letak rumah yang akan dijadikan sebagai jaminan.
kredit-agunan-deposito

Bank yang Menerima Deposito Sebagai Jaminan Kredit

Dewasa ini cukup banyak perbankan baik yang berstatus sebagai BUMN maupun swasta yang menerima deposito sebagai jaminan kredit. Berikut beberapa kredit multiguna beragun deposito dari perbankan terkemuka yang dapat anda jadikan pilihan dalam pengajuan pinjaman:

1. Bank DBS

Bank DBS sebagai bank swasta di Indonesia juga memiliki produk kredit dengan jaminan deposito yakni DBS AssetLine. Melalui fasilitas kredit ini nasabah bisa mengajukan pinjaman antara Rp 10 juta hinngga Rp 200 juta atau maksimal 80% dari total deposito. Syarat mudah dan proses pencairan cepat dalam 3 (tiga) hari menjadi salah satu keunggulan pinjaman bank DBS agunan deposito. (Baca: KTA DBS, Syarat Mudah Mengajukan Kredit Tanpa Agunan)

2. Bank Mandiri

Sebagai perbankan milik negara Mandiri menawarkan Kredit dengan Jaminan Deposito berjangka. Adapun syarat utama deposito yang bisa dijadikan sebagai jaminan yakni harus diterbitkan oleh bank Mandiri dan dengan sistem perpanjangan otomatis minimal sesuai dengan tenor kredit yang diambil. Fasilitas ini dapat diajukan oleh Bada Usaha Berbadan Hukum, Badan Usaha tanpa Badan Hukum, Maupun perseorangan.

3. Bank Tabungan Negara (BTN)

Melalui produk Kredit Swadana BTN anda juga bisa mengajukan kredit agunan deposito. Bahkan melalui produk pinjaman BTN ini nasabah juga dapat memperoleh pinjaman dengan jaminan tabungan. Tak tanggung-tanggung BTN menerima persetujuan kredit dengan plafon maksimal 90% dari total tabungan atau deposito nasabah.

Baca Juga: Cara Meminjam Uang di Bank BRI

Apa Keunggulan Kredit Agunan Deposito?

Produk kredit multiguna agunan deposito dipilih masyarakat karena cukup banyak keunggulannya. Berikut beberapa keuntungan dalam pengajuan kredit jaminan deposito yang perlu anda tahu:

# Plafon Kredit Sesuai Kebutuhan

Mayoritas perbankan di Indonesia berani memberikan pinjaman antara 70-90% dari jumlah deposito nasabah. Dengan demikian kita dapat memperkirakan jumlah pinjaman yang tepat secara mudah dengan melihat nominal deposito yang kita miliki.

# Proses Pengajuan dan Pencairan Cepat

Selain proses pengajuan pencairan pinjaman juga bisa dilakukan secara cepat. Hal ini karena jaminan deposito khususnya dari bank yang sama lebih memudahkan pihak bank dalam melakukan persetujuan. Hal ini sangat berbeda dalam persetujuan pengajuan kredit multiguna jaminan rumah maupun mobil dimana pihak bank perlu melakukan survey terhadap aset yang akan dijadikan sebagai jaminan.

# Suku bunga Rendah dan Kompetitif

Dengan memanfaatkan deposito sebagai jaminan kredit, nasabah bisa memperoleh pinjaman dengan bunga lebih rendah jika kita bandingkan dengan jenis Kredit Tanpa Agunan. Hal ini tidak lain dikarenakan adanya jaminan sehingga risiko kredit macet sangat rendah.

Dengan mengetahui apa itu kredit agunan deposito dan keunggulan nya tentu anda bisa mempertimbangkan jenis pinjaman ini sebagai salah satu pilihan disaat membutuhkan pinjaman tunai maupun non tunai.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Apa itu Kredit Agunan Deposito?