Ini Ciri KTA Disetujui Oleh Bank

Advertisement
Advertisement
Apa Ciri-Ciri KTA Disetujui Bank? Tidak sedikit faktor penentu pengajuan aplikasi kredit tanpa agunan nasabah disetujui oleh bank pemberi pinjaman. Meski produk KTA menjadi salah satu jenis kredit yang mudah didapatkan namun bukan berarti lembaga keuangan akan begitu saja mengabulkan permohonan pinjaman peminjam.

Baik nasabah yang berstatus sebagai karyawan kontrak, pengusaha, profesional, bahkan karyawan payroll sekalipun tetap harus memenuhi kriteria dan persyaratan secara lengkap. Wajar jika anda yang telah mengajukan aplikasi KTA misalnya di bank BNI, DBS, BCA, Bank Mandiri, dan lain sebagainya merasa was-was terhadap permohonan tersebut. Apalagi jika kita mengajukan pinjaman KTA untuk memenuhi kebutuhan mendesak yang harus segera diselesaikan pasti dalam hati bergumam “disetujui atau tidak ya aplikasi saya?”.
ciri-kta-disetujui

Sebelum membahas mengenai tanda dan ciri KTA disetujui perlu kiranya kita instropeksi terlebih dahulu faktor penentu pengajuan pinjaman.

Faktor Utama Penentu Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Disetujui

Secara umum terdapat dua faktor petugas bank mem-proses aplikasi kredit nasabah yakni:

1. Kelengkapan Berkas Aplikasi

Berkas aplikasi KTA menjadi kunci utama pengajuan dapat diproses oleh petugas. Untuk itu mengisi formulir pengajuan kredit sebaiknya dilakukan secara hati-hati dan sesuai kondisi sebenarnya. Jika tidak bisa-bisa anda tidak dipercaya oleh pihak bank lantaran data yang anda masukkan tidak logis atau tidak masuk akal. Selain data masih ada cukup banyak dokumen persyaratan yang wajib disertakan. Berikut beberapa dokumen yang biasanya diminta dalam setiap pengajuan pinjaman tanpa jaminan:
  • Identitas diri baik berupa e-KTP, Kartu Keluarga, dan lain sebagainya.
  • Identitas pekerjaan dan penghasilan mulai dari slip gaji atau bukti penghasilan, surat keterangan bekerja bagi nasabah yang berstatus sebagai karyawan, NPWP, dsb.
  • Identitas nasabah berupa fotokopi rekening koran/ rekening tabungan.
Selain syarat dokumen beberapa ketentuan lain seperti kepemilikan kartu kredit dengan limit tertentu, riwayat kredit dan minimum penghasilan rutin juga menjadi salah satu faktor penentu pengajuan KTA dapat disetujui.

2. Verifikasi Berkas dan Data

Dengan mengumpulkan seluruh persyaratan bukan berarti aplikasi KTA anda akan langsung disetujui begitu saja. Namun sebelum memberikan persetujuan petugas bank akan melakukan verifikasi bekas dan data dan menyimpulkan apakah pemohon pinjaman merupakan nasabah yang layak menerima pinjaman atau tidak.

Simak Juga:Kredit Tanpa Agunan BNI Fleksi

Faktor yang tidak kalah penting yakni nominal atau plafon pinjaman yang anda ajukan. Meski mayoritas produk pinjaman tanpa jaminan seperti KTA BNI, KTA BRI, KTA BCA, KTA Mandiri, KTA DBS dan sebagainya diberikan dengan plafon besar hingga ratusan juta, bukan berarti setiap nasabah berhak mengajukan pinjaman hingga bata atas plafon tersebut. Hal ini sangat penting karena nominal pengajuan akan diperhitungkan dengan penghasilan bulanan calon debitur. Wajarnya plafon kredit yang mudah disetujui yakni pengajuan dengan nominal antara 4 s/d 7 kali penghasilan bulanan debitur. Dengan demikian usaha permohonan pembiayaan anda tidak lebih dari 7 (tujuh) kali gaji atau pendapatan.

Apa Ciri KTA Disetujui?

Bila semua ketentuan telah terpenuhi dan berkas telah dikumpulkan petugas bank akan melakukan verifikasi dan mem- proses aplikasi tersebut sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku mulai dari pengecekan Sistem Informasi Debitur (SID) hingga riwayat pembayaran kartu kredit (Khusus pengajuan KTA dengan syarat Kartu Kredit).

Baca Juga: KTA Bank Artha Graha

Dalam setiap proses verifikasi ada banyak kemungkinan yang bisa menjadi ciri kredit tanpa agunan disetujui. Berikut beberapa ciri yang biasanya dapat dirasaka calon debitur:

1. Petugas Bank Menghubungi anda dan meminta berkas atau data (bila ada yang kurang).

Mendapat telephone dari petugas bank untuk melengkapi datau mapun dokumen bukan berarti aplikasi anda cacat. Karena melalui proses ini anda bisa menyempurnakan aplikasi yang telah diajukan. Disisi lain berkas maupun data tersebut bisa saja menjadi salah satu kunci pemberian persetujuan agar sesuai SOP yang berlaku.

2. Telephone Kantor dan Saudara Menanyakan Informasi tentang Anda

Meski hal ini tidak mutlak dilakukan, namun untuk melakukan verifikasi data dan berkas yang telah anda kumpulkan biasanya ada pihak bank yang menghubungi nomor kantor maupun saudara anda sesuai yang tercantum dalam berkas aplikasi.

Beberapa hal yang biasanya ditanyakan yakni kebenaran sebagai karyawan perusahaan, gaji atau penghasilan yang anda terima, dan lain sebagainya. Bila anda merasa mengisi formulir sesuai keadaan sebenarnya tentu saja tidak perlu khawatir karena di beberapa perbankan proses ini menjadi salah satu prosedur sebagaimana prosedur persetujuan permohonan kartu kredit.

3. Permintaan Penandatanganan Akad Kredit

Tanda KTA disetujui yang utama sebenarnya adanya pemberitahuan untuk menandatangani perjanjian pinjam meminjam. Bila anda diminta untuk melakukan penandatanganan akad kredit sudah bisa dipastikan bahwa aplikasi KTA anda disetujui oleh pihak bank.

Baca Juga: Kredit Tanpa Agunan Bank Mandiri

Setelah penandatanganan perjanjian pinjam meminjam tahap selanjutnya proses pencairan dana akan segera dilakukan sesuai prosedur yang berlaku.

Beberapa tanda di atas merupakan sedikit dari sekian banyak ciri KTA disetujui oleh pihak bank pemberi pinjaman. Meski demikian perlu anda sadari bahwa tidak semua perbankan memiliki prosedur yang sama jadi tergantung juga bank mana tempat anda mengajukan pinjaman tanpa jaminan.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ini Ciri KTA Disetujui Oleh Bank