Estimasi Biaya Pernikahan Sederhana 2018

Advertisement
Advertisement
KTA Bank - Apakah biaya pernikahan sederhana 2018 dengan budget Rp 30 juta sudah cukup? Barang kali ada teman-teman yang bertanya demikian. Untuk itu pada artikel kali ini, akan kita sampaikan beberapa anggaran yang dibutuhkan selama acara pernikahan mulai dari tukar cincin hingga acara resepsi. Sebenarnya jika kita mau merencanakan jauh-jauh hari dan berpedoman dengan prioritas kebutuhan acara pernikahan tidak akan membuat kantong bolong. Kendati demikian, setiap pribadi tentunya memiliki impian dan keinginan sendiri-sendiri. Untuk itu beberapa contoh estimasi biaya nikah di bawah ini sebatas gambaran semata. 

Pernikahan menjadi salah satu momen penting dalam kehidupan setiap orang. Tidak pandang buluh mau tinggal di desa, di kota, maupun di pinggiran kota yang namanya akad nikah memiliki kesan besar dan tidak akan terlupakan. Tidak salah bila calon pengantin baik mempelai wanita maupun pria telah jauh-jauh hari mempersiapkan anggaran untuk acara tersebut agar acara berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan. Pun demikian, tidak jarang pula diantara kita merasa was-was akan budget pernikahan yang sangat terbatas misalnya hanya memiliki anggaran Rp 10 juta, Rp 20 juta, atau Rp 30 juta.
rincian biaya pernikahan sederhana

Contoh Biaya Pernikahan Sederhana Buat Kamu yang Punya Dana Rp 10 Juta – Rp 30 Juta

Pada dasarnya, pernikahan merupakan upacara yang dilakukan untuk mengikat janji nikah yang dilakukan oleh dua mempelai (pria dan wanita) dengan tujuan meresmikan hubungan keduanya secara norma hukum, agama, maupun sosial. Untuk itu acara pernikahan tidak harus diselenggarakan dengan mewah. Berikut beberapa contoh rincian biaya pernikahan yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Cuma Punya Duit Rp 10 Juta, apakah Bisa Menikah?

Siapa bilang punya uang 10 juta tidak bisa nikah? Dengan estimasi biaya di bawah ini acara akad nikah kamu akan tetap khidmat.
rincian biaya nikah 10 juta
Anggaran di atas diperkirakan untuk acara sangat sederhana degan beberapa ketentuan berikut:
  • Acara pernikahan hanya dilangsungkan di Kantor Urusan Agama (KUA).
  • Tidak mengadakan acara resepsi dan hanya mengundang kurang lebih 35 orang termasuk keluarga sebagai saksi akad nikah.
  • Paket seserahan sederhana yang terdiri dari baju mempelai wanita, sendal, make up, dan alat mandi.
  • Transportasi ditanggung masing-masing, dalam artian hanya menggunakan kendaraan pribadi (keluarga).
Rincian biaya pernikahan di atas bisa kamu jadikan pedoman bila bermaksud menyelenggarakan akad nikah di KUA tanpa mengadakan acara resepsi.

Contoh Biaya Pernikahan Sederhana dengan Budget Rp 30 Juta

Jika kamu memiliki dana lebih longgar, kamu bisa mengadakan acara resepsi pernikahan dengan budget Rp 30 juta. Berikut contoh estimasi biaya yang perlu kamu persiapkan.
estimasi biaya pernikahan sederhana 2018

Tips Cerdas Meminimalisir Biaya Pernikahan

Khusus bagi calon mempelai pria sebenarnya bisa menyiasati biaya pernikahan agar tidak terlalu besar dengan tips di bawah ini.

1. Persiapkan Mas Kawin Lebih Dini

Meski tidak menurunkan biaya dalam acara pernikahan, membeli perhiasan emas jauh-jauh hari sebelum merencanakan pernikahan menjadi salah satu tips cerdas. Pasalnya dengan siapapun dan kapanpun kamu menikah, mas kawin tetap menjadi kebutuhan pokok dalam acara pernikahan. Jangan takut jika ukuran maupun modal perhiasan tidak sesuai dengan kemauan calon mempelai wanita karena perhiasan tersebut bisa dengan mudah kamu tukarkan di toko tempat pembelian. Pun demikian semua bukti pembelian khususnya nota harus kamu simpan baik-baik.

2. Manfaatkan Kendaraan Tetangga untuk Transportasi

Untuk meminimalisir biaya, kamu bisa meminta tolong pada kerabat maupun tetangga dekat yang memiliki mobil. Dengan demikian kamu tidak perlu menyewa kendaraan dan cukup memberi uang bensin saja. Pun demikian bia tetangga kamu punya sikap sosial yang baik tidak menutup kemungkinan akan menolak pemberian uang bensin.

3. Konsep Resepsi Pernikahan Sederhana & Selektif Memilih Tamu Undangan

Resepsi pernikahan dan tamu undangan menjadi satu kesatuan yang tidak boleh dipisahkan. Agar acara berlangsung sesuai harapan kamu wajib selektif dalam memilih tamu undangan. Jangan sampai persiapan konsumsi sia-sia karena tamu undangan banyak yang tidak hadir.

Dengan melihat tips dan estimasi biaya pernikahan sederhana 2018 di atas apakah kamu sudah siap menjalin janji suci bersama kekasih tercinta? Kalau toh tabungan kamu belum mencukupi bisa terlebih dahulu mengajukan pinjaman pernikahan dengan ketentuan anda mampu mengembalikan pinjaman tersebut sesuai ketentuan yang berlaku. Terlebih era fintech saat ini memudahkan masyarakat memperoleh dana tunai secara cepat dan mudah.
Advertisement



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Estimasi Biaya Pernikahan Sederhana 2018