Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

Cari Tempat Gadai STNK Motor? Coba Alternatif Ini

Apakah ada tempat gadai STNK Motor sebagai jaminan pinjaman?– Barangkali ada diantaranya anda merasa kecewa saat mendatangi tempat Pegadaian untuk menggadaikan STNK Motor namun ditolak. Ya, PT Pegadaian memang tidak menerima Surat Tanda Nomor Kendaraan sebagai salah satu aset yang dapat dijadikan jaminan. Kendati demikian anda bisa mencari alternatif pinjaman jaminan STNK Motor. Bagaimana caranya? Simak selengkapnya melalui ulasan di bawah ini.

STNK adalah  sebagai bukti pendaftaran dan pengesahan kendaraan memang sangat vital keberadaannya sebagai bukti sah kepemilikan. Tidak heran jika dalam operasi kepatuhan lalu lintas biasanya Polisi akan menanyakan keberadaan STNK. Jika pengendara tidak dapat menungjukan surat tersebut, jangan kaget bila mendapat surat tilang dari pihak yang berwajib. Kendati memiliki fungsi penting, namun STNK secara mandiri tidak memiliki nilai ekonomis sehingga tidak bisa dijadikan sebagai jaminan dalam pengajuan pinjaman.
mulai Jakarta, Bandung, Malang, Medan, Jogja, hingga Surabaya

Perusahaan Gadai dan Pembiayaan Multiguna Sebagai Alternatif Mencari Pinjaman

Selain PT Pegadaian, saat ini telah ada 16 perusahaan pegadaia resmi terdaftar OJK. Lembaga keuangan tersebut bisa anda jadikan sebagai alternatif saat membutuhkan pinjaman mendadak. Kendati demikian dari semua perusahaan gadai resmi sepertinya tidak ada yang bisa anda jadikan sebagai tempat gadai STNK Motor. Secara umum, perusahaan gadai menerima aset bergerak sebagai jaminan pinjaman. Berikut beberapa aset yang dapat anda gadaikan:
  • Laptop dan Komputer;
  • Televisi;
  • Handphone atau Smartphone;
  • Sepeda Motor dan BPKB;
  • Mobil & BPKB:
  • Kendaraan angkutan barang & angkutan penumpan;
  • Kamera Digital; dan
  • Barang elektronik rumah tangga seperti AC, Kulkas, Mesin Cuci, dan lain sebagainya.
Selain perusahaan gadai, anda sebenarnya bisa mengajukan pinjaman dengan jaminan kendaraan bermotor atau BPKB melalui perusahaan Multi Finance seperti BFI, Adira, Wom Finance, dan lain sebagainya. Bahkan tidak jarang yang menawarkan gadai motor tanpa BPKB karena masih kredit.
Banyaknya pilihan dan keberadaan geray kantor cabang di berbagai kota mulai Jakarta, Bandung, Malang, Medan, Jogja, hingga Surabaya memudahkan masyarakat mengajukan pinjaman dana tunai secara cepat dan aman. Sayangnya lagi-lagi anda tidak bisa menjadikan perusahaan Multi Finance sebagai tempat gadai STNK karena memang tidak termasuk aset yang bisa dijadikan sebagai agunan. 

Sebagai Alternatif Tempat Gadai STNK Motor Anda Bisa Lakukan Hal Ini

Mencari pinjaman jaminan STNK Motor melalui lembaga keuangan baik perbankan, koperasi, pegadaian, maupun Multi Finance memang bukan perkara mudah. Bahkan hingga saat ini sepertinya belum ada salah satu perusahaan yang berani memberikan pinjaman dengan agunan STNK.
Untuk itu anda perlu mencari alternatif agar tetap bisa memenuhi kebutuhan keuangan secara tepat. Anda bisa mencoba menghubungi kerabat atau sahabat untuk meminjam uang dengan jaminan STNK Motor. Kendati tidak menjadi aset berharga dengan nilai tinggi, namun dengan adanya STNK tersebut pasti sahabat maupun kerabat anda akan lebih percaya bahwa anda berkomitmen mengembalikan pinjaman sesuai janji.

Agar tidak terjadi kesalahpahaman, anda juga bisa membuat perjanjian hitam di atas putih atau surat perjanjian gadai STNK Motor yang ditandatangani oleh kedua belah pihak. Inti dari perjanjian tersebut setidaknya memuat beberapa hal diantaranya sebagai berikut:

Pihak Peminjam
Berkewajiban mengembalikan pinjaman sesuai janji yang ia berikan dan tidak berhak meminta STNK sebelum pelunasan dilakukan.

Pihak Pemberi Pinjaman
Menjamin keamanan STNK dan tidak menyerahkan atau meminjamkan barang tersebut pada pihak lain.

Dengan mengutamakan sistem kekeluargaan, kedua poin di atas sudah cukup memberikan keyakinan bagi pemberi pinjaman dan memberikan keamanan bagi anda selaku peminjam sehingga anda tidak perlu bingung mencari tempat gadai STNK Motor untuk sekedar mendapatkan pinjaman sejumlah uang. Kendati demikian sebelum melakukan perjanjian gadai STNK secara pribadi kami sarankan bagi anda untuk menjadikan aset lain sebagai barang gadai mengingat peran STNK sangat penting dalam berkendara.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cari Tempat Gadai STNK Motor? Coba Alternatif Ini