Cara Mengajukan Pinjaman Uang di Bank CIMB Niaga

Cara pinjam uang di CIMB Niaga pada dasarnya sama dengan prosedur pengajuan kredit melalui bank lain. Proses ini biasanya diawali dengan penentuan produk pinjaman hingga pencairan pinjaman yang mayoritas dilakukan dengan mentransfer sejumlah pinjaman pada rekening tabungan debitur. Apa saja produk kredit CIMB Niaga dan bagaimana cara mengajukan pinjaman uang di CIMB Niaga? Silakan semak panduan lengkap di bawah ini.

Tuntutan gaya hidup serta melambungnya harga kebutuhan pokok kerap menjadi alasan kenapa gaji bulanan hanya lewat tanpa sisa. Jangankan untuk disisihkan sebagai dana darurat maupun tabungan, bisa mengatur keuangan sampai gajian berikutnya saja rasanya sudah menjadi hal istimewa saat ini. Di sisi lain, sebagai makhluk sosial, manusia kerap dihadang oleh kebutuhan tak terduga yang mengharuskan ketersediaan uang tunai segera. Ya kalu tabungan kita mencukupi untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kalau tidak?
cara-pinjam-uang-di-cimb-niaga

Dalam kondisi dan situasi seperti ini solusi terbaik tidak lain ialah meminta bantuan pada rekan atau saudara untuk meminjami uang guna menutup kebutuhan mendadak. Namun demikian meminjam uang pada teman maupun saudara tidak serta merta bisa kita peroleh secara mudah. Jika sudah mentok seperti ini solusinya hanya satu, yakni mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan salah satunya melalui Bank CIMB Niaga. Sebelum mempelajari cara pinjam uang di CIMB Niaga tidak ada salahnya jika terlebih dahulu kita kenal jenis produk pinjaman Bank CIMB Niaga.

Jenis Produk Pinjaman CIMB Niaga

CIMB Niaga memiliki produk kredit cukup beragam yang dibedakan berdasar jenis keperluannya. Beberapa produk pinjaman CIMB Niaga yang saat ini banyak diminati nasabah diantaranya sebagai berikut:

1. Kredit Pemilikan Rumah

Berbicara mengenai KPR, hampir semua bank di Indonesia menawarkan produk pinjaman yang ditujukan khusus sebagai sarana pembelian properti. Demikian pula CIMB Niaga yang menawarkan Kredit Pemilikan Rumah dalam beberapa jenis.
  • KPR iB CIMB Niaga (Syariah).
  • KPR iB Fleksi CIMB Niaga (Syariah).
  • KPR Xtra CIMB Niaga (Konvensional).
  • KPR Xtra Manfaat CIMB Niaga (Konvensional).
Anda dapat mengajukan pinjaman KPR CIMB Niaga untuk memenuhi kebutuhan properti mulai dari rumah tapak, rumah toko, rukan, apartemen, dan lain sebagainya. Dengan kata lain cara pinjam uang di CIMB Niaga untuk kebutuhan multiguna tidak bisa anda lakukan melalui produk ini.

2. Kredit Pemilikan Kendaraan

Produk Kredit Pemilikan Kendaraan CIMB Niaga atau yang lebih akrab disebut sebagai Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) adalah fasilitas pinjaman untuk pembelian mobil baru dan bekas. Fasilitas pinjaman khusus untuk membeli kendaraan bermotor ini sebenarnya termasuk jenis produk CIMB Niaga Auto Finance sehingga untuk proses pengajuannya anda perlu mendatangi kantor cabang CIMB Niaga Autofinance terdekat.
Baca >> Kredit Mobil Paling Murah Lewat Bank CIMB Niaga
Kehadiran tawaran Kredit Kendaraan Bermotor dari CIMB Niaga menambah pilihan bagi masyarakat dalam upaya memenuhi kebutuhan kendaraan baik baru maupun bekas. Melalui sarana ini anda dapat segera mewujudkan mobil idaman sebagai alat transportasi yang aman dan nyaman.

3. Pinjaman Tanpa Agunan Xtra Dana

Pinjaman Tanpa Agunan atau Kredit Tanpa Agunan adalah fasilitas pinjaman uang tunai yang dapat diajukan untuk semua jenis kebutuhan konsumtif tanpa memerlukan jaminan sebagai syaratnya. Melalui produk CIMB Niaga Xtra dana anda dapat mengajukan pinjaman tunai hingga Rp 200 juta dengan tenor maksimal mencapai 48 bulan.

Cara Pinjam Uang di CIMB Niaga

Dari ketiga produk di atas dapat kita ketahui jika cara pinjam uang di CIMB Niaga bisa kita peroleh melalui fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA). Produk yang bernama CIMB Niaga Xtra Dana tersebut memang sangat menarik bagi peminjam karena di samping persyaratan mudah dan tanpa agunan CIMB Niaga Xtra Dana dapat diproses dalam waktu 1 (satu) hari kerja.

Adapun cara mengajukan pinjaman uang di CIMB Niaga melalui produk KTA secara umum dapat kita lihat dari prosedur di bawah ini.

1. Datangi Kantor Cabang Terdekat

Bagi anda yang baru pertama kali mengajukan pinjaman uang di CIMB Niaga kami sarankan untuk mendatangi kantor cabang terdekat. Dengan demikian anda akan memperoleh informasi produk secara resmi mulai dari ketentuan, persyaratan, hingga suku bunga, dan risiko yang dihadapi oleh debitur. Meski demikian prosedur pengajuan online juga memungkinkan untuk anda lakukan asalkan benar-benar telah memahami ketentuan dan risiko sebagai seorang debitur bank.

2. Mengisi Formulir Aplikasi Kredit dan Melengkapi Persyaratan

Formulir pengajuan kredit menjadi hal utama yang tidak boleh terlewatkan. Jika anda mengajukan dengan mendatangi kantor cabang terdekat tidak menutup kemungkinan petugas akan membimbing dan mengarahkan anda agar proses pengisian data berjalan lancar sesuai ketentuan. Oh iya, fasilitas pinjaman KTA CIMB Niaga hanya dapat diajukan oleh Warga Negara Indonesia dengan usia antara 21-55 tahun serta memiliki fasilitas kartu kredit baik yang dikeluarkan oleh CIMB Niaga sendiri maupun bank lain.

Selain mengisi formulir pengajuan anda juga diwajibkan menyertakan beberapa dokumen sebagaimana di bawah ini.
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Slip Gaji Terbaru bagi seorang karyawan.
  • Fotokopi Kartu Kredit.
Selain dokumen di atas anda juga diwajibkan mengumpulkan fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) khusus untuk pengajuan pinjaman di atas Rp 50 juta.

3. Menunggu Proses Persetujuan

Proses ini biasanya memerlukan waktu paling capar 1 (satu) hari dan rata-rata membutuhkan waktu selama tujuh hari kerja. Selama proses verifikasi ini tidak ada salahnya anda senantiasa membaca handphone agar bila sewaktu-waktu ada petugas yang menghubungi via telephone anda bisa segera menjawabnya.

4. Perjanjian Kredit Pencairan Dana.

Jika proses persetujuan telah diberikan pada tahap selanjutnya anda diwajibkan menandatangani perjanjian pinjam meminjam antara anda dengan pemberi pinjaman. Setelah proses tersebut selesai pada tahap selanjutnya dana akan ditransfer ke rekening tabungan milik debitur. Untuk itu tidak ada salahnya anda memastikan bawah rekening tabungan masih berlaku.Dengan beberapa cara mengajukan pinjaman uang di CIMB Niaga anda dapat menentukan besaran limit pinjaman yang diajukan seusai ketentuan serta kemampuan pengembaliaan dana.

Hal yang perlu ana garis bawahi sebelum mengajukan pinjaman CIMB Niaga yakni berkaitan suku bunga dan biaya. Berikut tingkat bunga pinjaman CIMB Niaga khusus produk Xtra Dana berdasar status nasabah.
  • Bagi nasabah payroll suku bunga yang berlaku yakni 0,99% per bulan untuk pengajuan pinjaman di atas Rp 25 juta.
  • Pengajuan pinjaman di bawah Rp 25 juta untuk nasabah payroll dikenakan bunga 1,59% per bulan.
  • Bagi nasabah non payroll namun memiliki tabungan di CIMB Niaga dikenakan bunga 1,35% per bulan.
  • Nasabah pemilik kartu kredit yang diterbitkan oleh CIMB Niaga dikenakan bunga 1,69% per bulan.
  • Nasabah pemilik kartu kredit yang diterbitkan oleh bank lain dikenakan bunga 1,79% per bulan.
Selain suku bunga beberapa biaya juga perlu anda perhatikan. Berikut beberapa biaya yang wajib anda konfirmasikan pada petugas bank:
  • Biaya bank sebesar 4% sudah termasuk administrasi dan asuransi.
  • Penalti pelunasan sebelum jatuh tempo sebesar 7% dari sisa pinjaman.
  • Denda keterlambatan pembayaran sebesar 3,5% dari cicilan tertunggak.
Nb: Data di atas khususnya suku bunga flat hanya sebatas ilustrasi dan dapat berubah sewaktu-waktu, bunga sebenarnya yang akan dikenakan bagi debitur yakni efektif per tahun.

Dengan memperhatikan syarat ketentuan serta biaya dan suku bunga anda bisa mempertimbangkan apakah produk KTA CIMB Niaga Xtra Dana layak untuk anda jadikan solusi terbaik maupun tidak. Pastikan anda mengikuti prosedur cara pinjam uang di CIMB Niaga sesuai ketentuan yang berlaku.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengajukan Pinjaman Uang di Bank CIMB Niaga