Cara Menghemat Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros

Keuangan menjadi salah satu masalah rumah tangga yang dapat berujung pada perceraian. Masalah keuangan biasanya terjadi apabila penghasilan suami kecil sehingga tidak mampu mencukupi kebutuhan hidup dalam rumah tangga. Akibatnya istri menjadi sering marah dan tidak patuh pada suami. Untuk itu diperlukan pemahaman tentang cara menghemat keuangan rumah tangga agar tidak boros.

Setelah menikah, seorang suami berkewajiban untuk mencari nafkah, sementara istri berkewajiban untuk mengelola keuangan. Dalam mengelola keuangan, ada beberapa hal yang perlu diperhitungkan. Mulai dari uang saku anak, biaya tagihan bulanan seperti telepon dan listrik, belanja bulanan, dan biaya mendadak lain juga perlu diperhitungkan. Pada intinya, ada banyak hal yang harus diperhitungkan dalam pengaturan keuangan. Sehingga seorang istri  perlu memahami cara menghemat keuangan rumah tangga agar tidak boros.

5 Cara Menghemat Keuangan Rumah Tangga

Ada banyak cara menghemat keuangan rumah tangga agar tidak boros yang mudah dan ampuh, namun sayangnya cara-cara tersebut sering terlupakan.

1. Berbelanja di Pasar Tradisional

Saat ini, kita dapat menjumpai supermarket dengan mudah. Keperluan sehari-hari kita dapat dengan mudah didapat di supermarket, ditambah lagi tempat yang bersih, ber-AC, berbeda dengan pasar tradisional yang “kotor”. Ditambah lagi di supermarket seringkali kita jumpai berbagai promosi yang mereka tawaran untuk menarik konsumen berbelanja dan akhirnya konsumen meninggalkan pasar tradisional.

Kebiasaan inilah yang mempersulit kita untuk menghemat pengeluaran rumah tangga. Perlu kita tahu, harga yang dipatok di supermarket umumnya lebih mahal daripada di pasar tradisional untuk barang yang sama. Perbedaan harga tersebut akan berpengaruh besar pada besarnya pengeluaran kita. Jadi jika ingin menghemat pengeluaran, berbelanjalah di pasar tradisional.

2. Hemat Pemakaian Listrik

Biaya listrik dalam pengeluaran rumah tangga bisa dibilang cukup besar. Semakin banyak barang elektronik yang digunakan, tagihan listrik akan meningkat. Hal inilah yang menyebabkan tagihan listrik membengkak. Cara mudah mengurangi tagihan listrik adalah dengan menghemat pemakaian listrik di rumah Anda. Berikut ini dua cara yang bisa dilakukan untuk menghemat listrik.

Pertama, pilihlah produk yang hemat energi, dengan memilih produk hemat energi, kita dapat menghemat biaya pemakaian listrik. Meskipun harga produk hemat energi lebih mahal, namun produk tersebut lebih menguntungkan di kemudian hari. Kedua yakni disiplin dalam menggunakan listrik seperti mematikan TV saat tidak di tonton, memakai AC saat tidak diperlukan, mematikan lampu saat tidak diperlukan dan masih banyak yang lainnya.

3. Minimalisis Biaya Transportasi

Saat ini, hampir semua orang memiliki kendaraan, baik sepeda motor ataupun mobil. Hal ini memang diperlukan untuk memudahkan kita bertransportasi. Namun dengan memiliki kendaraan, pengeluaran rumah tangga juga menjadi bertambah. Mulai dari servis kendaraan, bensin, tol, hingga parkir. Hal yang perlu kita biasakan adalah jika tempat yang akan kita tempuh cukup dekat, biasakanlah berjalan kaki atau gunakan sepeda. Selain dapat berhemat, kita juga menjadi lebih sehat.

Bagi anda yang tidak memiliki kendaraan pribadi, Anda harus cerdasa dalam memilih transportasi umum. Saat ini banyak tersedia transportasi umum, mulai dari ojek, bus, angkot, taksi, dan masih banyak lainnya. Jika Anda salah memilih transportasi umum tersebut, pengeluaran rumah tangga Anda juga bisa membengkak.

4. Miliki Gaya Hidup Sehat

Dengan hidup sehat kita bisa menghemat pengeluaran. Kita harus ingat selalu bahwa biaya kesehatan itu tidak murah. Jika kita memiliki pola hidup yang sehat, kita bisa meminimalisir sakit sehingga biaya kesehatan dapat berkurang.

5. Kurangi Hangout

Kebiasaan yang sulit untuk dihindari adalah keseringan hangout. Pergi nongkrong dengan teman memang diperlukan, namun tidak setiap hari. Hal ini dikarenakan ketika kita hangout dipastikan kita akan mengeluarkan uang berapapun nominalnya. Sehingga pengeluaran pun bertambah.

Untuk berhemat memanglah tidak mudah, namun ingatlah bahwa ketika kita memulai berumah tangga, berarti yang harus kita pikirkan bukan hanya tentang diri kita sendiri tetapi juga pasangan kita juga anak-anak kita. Kita harus mempersiapkan tabungan hari tua untuk anak-anak kita. Untuk itu berproseslah untuk mengubah pola hidup Kita. Pahami dengan benar bagaimana cara menghemat keuangan rumah tangga agar tidak boros. Ajak juga pasanganmu untuk selalu mendukung hidup berhemat. Baca ulasan sebelumnya tentang pinjaman KTA untuk Biaya Pernikahan.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghemat Keuangan Rumah Tangga Agar Tidak Boros