Cara Pinjam Uang di Bank Mandiri Syariah 2018

Cara pinjam uang di Bank Mandiri Syariah pada  umumnya hampir sama dengan pengajuan kredit melalui perbankan konvensional. Bank Syariah Mandiri (BSM) sendiri memiliki berbagai macam produk pembiayaan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan konsumtif dan produktif. Apa saja dan bagaimana cara mengajukan pinjaman melalui perbankan syariah termansyur di Indonesia ini? Yuk simak dan cermat ulasan lengkap di bawah ini.

Sebagai perbankan syariah di Indonesia BSM memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan perbankan lain. Salah satu diantaranya ialah jaringan yang cukup luas serta kualitas layanan profesional. Sebagai anak perusahaan PT Bank Mandiri Tbk, BSM berada satu tingkat di bawah perbankan BUMN dengan reputasi baik serta kualitas SDM & teknologi yang mumpuni. Tidak heran jika masyarakat Indonesia memiliki tingkat kepercayaan lebih baik pada Bank Syariah Mandiri dibandingkan dengan perbankan sejenis. Terlebih bagi masyarakat muslim yang hendak mencari pinjaman tanpa riba. Produk pinjaman atau pembiayaan melalui bank syariah dipercayai tidak mengandung riba lantaran akad yang dipergunakan dalam perjanjian menggunakan hukum islam baik dengan Akad Mudharabah, Musyarakah, Murabahah, Wadi’ah, dan lain sebagainya.
cara pinjam uang di bank syariah mandiri

Produk Pinjaman Bank Mandiri Syariah

Sebelum lebih lanjut membahas mengenai cara pinjam uang di Bank Mandiri Syariah tidak ada salahnya terlebih dahulu kita mengenal produk pembiayaan yang ditawarkan BSM yang dapat kita bagi menjadi dua jenis yakni pembiayaan consumer dan pembiayaan buisness.

1. Pembiayaan Consumer

Pembiayaan Consumer atau Consumer Finance adalah produk pinjaman yang telah dikaji berdasar hukum islam sehingga  berubah menjadi sebuah produk pembiayaan.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pembiayaan Konsumer dapat kita sebut sebagai kegiatan pembiayaan bagi debitur dengan tujuan pengadaan barang konsumen yang diberikan dengan metode pengembalian berkala atau cicilan. Adapun beberapa produk pembiayaan konsumer Bank Syariah Mandiri dapat kita lihat pada tabel di bawah ini.
Jenis PembiayaanManfaat
BSM ImplanPembiayaan yang diberikan kepada nasabah yang berstatus sebagai karyawan tetap
Pembiayaan Bagi PensiunanJenis pembiayaan yang ditujukan khusus bagi pensiunan
Pembiayaan Griya BSMSejenis KPR untuk pembelian rumah non subsidi
Pembiayaan Griya BSM BersubsidiSejenis Kredit Pemilikan Rumah khusus pembelian rumah Bersubsidi
Pembiayaan Kendaraan BermotorPembiayaan khusus untuk pembelian kendaraan bermotor Mobil dan Motor
BSM Gadai EmasPembiayaan dengan menggunakan emas sebagai jaminan
BSM Cicil EmasPembiayaan untuk pembelian emas dengan sistem cicilan
Pembiayaan Mikro UmrahPembiayaan untuk memenuhi kebutuhan ibadah Umrah

2. Pembiayaan Business

Pembiayaan Business merupakan produk pinjaman yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan usaha. Secara umum produk ini serupa dengan pembiayaan produktif yaitu pinjaman yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan modal kerja dan investasi. Sebagai perbankan yang melayani nasabah secara nasional, Bank Syariah Mandiri menawarkan cukup banyak produk pembiayaan Business. Berikut beberapa diantaranya.
Jenis PembiayaanManfaat
CorporateCorporate
Pembiayaan Modal Kerja MusyarakahPembiayaan untuk keperluan modal kerja dengan sistem bagi hasil
Pembiayaan Dana BerputarPembiayaan untuk pemenuhan kebutuhan modal kerja sementara
Pembiayaan Modal Kerja MudharabahPembiayaan modal kerja degan sistem bagi hasil
Pembiayaan Resi GudangPembiayaan untuk keperluan pengadaan komoditas/ produk dagangan

Cara Pinjam Uang di bank Mandiri Syariah

Dari kedua jenis pembiayaan di atas, anda bisa memperoleh pinjaman uang melalui produk pembiayaan consumer khususnya produk BSM Implan, Pembiayaan Bagi Pensiunan, dan BSM Gadai Emas. (Baca: Gadai Emas BRI Syariah).

Khusus untuk pengajuan pembiayaan melalui produk gadai emas ada beberapa ketentuan dan persyaratan yang wajib dipenuhi oleh nasabah. Berikut beberapa ketentuan umum pengajuan pinjaman uang melalui produk Gadai Emas.
  • Kartu Identitas Diri berupa KTP.
  • Plafon pembiayaan mulai Rp 500 ribu.
  • Emas yang dijadikan objek gadai merupakan emas batangan.
  • Tenor pembiayaan maksimal 4 bulan dan dapat diperpanjang setelah dilakukan penaksiran ulang harga perhiasan tersebut.
Keunggulan dari pembiayaan BSM Gadai Emas diantaranya proses mudah, biaya murah, serta terjamin keamanannya. Adapun cara pinjam uang di bank Mandiri Syariah dapat anda lakukan dengan prosedur berikut:
  • Mendatangi kantor cabang terdekat.
  • Mengambil nomor antrian ke Customer Service.
  • Mengisi aplikasi pembiayaan gadai emas.
  • Melengkapi persyaratan dokumen dan jaminan sesuai ketentuan.
  • Menunggu proses penaksiran emas dan persetujuan kredit.
  • Penandatanganan surat perjanjian.
  • Pencairan dana.
Cara pinjam uang di bank Mandiri Syariah melalui BSM Gadai Emas anda dapat memperoleh uang tunai untuk memenuhi kebutuhan pribadi. Untuk memperoleh informasi resmi kami sarankan bagi anda untuk mendatangi kantor cabang BSM terdekat atau melakukan pengajuan awal secara online via situs resmi Bank Syariah Mandiri dengan memberikan data berupa nama lengkap, alamat, nomor handphone, dan kantor cabang BSM terdekat di kota anda. Baca juga: KTA Bank Syariah Mandiri.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Pinjam Uang di Bank Mandiri Syariah 2018