Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

Review GoRupiah – Pinjaman Online Tanpa Jaminan

GoRupiah merupakan salah satu aplikasi pinjaman online tanpa jaminan hingga Rp 2 juta yang dapat kita jadikan sebagai alternatif memperoleh dana tunai secara cepat. Financial Technology (Fintech) yang diluncurkan oleh PT InFin Tech Indonesia ini menambah semakin banyaknya pilihan bagi bagi kita dalam mengajukan pinjaman online secara cepat dan mudah. Jika pada kesempatan sebelumnya kita telah membahas mengenai aplikasi TunaiKita  pada kesempatan kali ini kita akan sedikit banyak berkenalan dengan Fintech GoRupiah mulai dari fitur yang ditawarkan hingga syarat dan cara mengajukan pinjaman melalui aplikasi online tersebut. 

Dilatarbelakangi semakin banyaknya kebutuhan masyarakat Indonesia, pinjaman online tanpa jaminan menjadi inovasi terbaik yang memungkinkan pengguna mengajukan sekaligus memperoleh pinjaman dana tunai secara cepat dan mudah. Jika sobat menjadi seorang pekerja seperti saya pasti pernah mengalami suatu kondisi di mana gaji yang diterima dalam satu bulan ludes dan hanya numpang lewat ke rekening bank saja. Wajar jika kemudian kita mencari pinjaman ke sana ke mari menghubungi teman-teman dekat untuk meminta bantuan. Sayangnya upaya meminjam uang ke teman sejawat sering berujung pada kekecewaan lantaran kebutuhan serta kondisi keuangan mereka juga hampir sama dengan kita. Nah jika sobat pernah mengalami hal serupa seperti yang saya alami tersebut kini ada aplikasi online yang bisa kita andalkan untuk mencari pinjaman. Ya, aplikasi GoRupiah bisa kita jadikan alternatif untuk memperoleh pinjaman online tanpa jaminan.
review aplikasi go rupiah pinjaman online tanpa jaminan

Apa Itu GoRupiah?

GoRupiah adalah salah satu Fintech di Indonesia yang menawarkan pinjaman online tanpa jaminan yang diselenggarakan oleh PT InFin Tech Indonesia dan berkantor pusat di Gedung Grand Slipi Lantai 9 Jl. Letjen S. Parman Kav. 22-24, Palmerah, Jakarta Barat, DKI Jakarta. Kendati hingga ulasan ini diterbitkan GoRupiah belum menjadi salah satu fintech yang terdaftar OJK, namun melihat reputasi dan pengalaman pengguna yang pernah mengajukan pinjaman melalui aplikasi GoRupiah banyak yang merasakan manfaat maka tidak ada salahnya jika kita sedikit mengulas tentang GoRupiah.  Secara garis besar GoRupiah menawarkan beberapa fitur berikut ini:
PlatformGoRupiah
PenyelenggaraPT InFin Tech Indonesia
Terdaftar OJK, NomorBelum
Jenis PinjamanKredit Online Tanpa Jaminan
Plafon Pinjaman1.000.000 s/d 2.000.000 Limit dapat Ditingkatkan
Jangka Waktu15-30 Hari
Persetujuan Aplikasi20 Menit
Metode PengajuanOnline/ Aplikasi Mobile
Suku bunga0,15% - 1% Per hari
JaminanTanpa jaminan

Jika kita lihat dari tabel di atas pinjaman GoRupiah lebih cenderung sejenis dengan payday loan di mana jangka waktu kredit hanya ditawarkan dalam 2 pilihan yakni 15 hari dan 30 hari. Hal ini tentu berbeda dengan jenis Fintech Peer to Peer Lending yang biasanya menawarkan jangka waktu pinjaman antara 1-12 bulan.

Di sisi lain, prosedur pengembalian pinjaman sekali lunas juga menegaskan jika tawaran ini hanya tepat bagi pengguna yang memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap sehingga bisa langsung membayar hutang saat gajian.

Syarat Apa Saja yang Dibutuhkan Sebagai Peminjam?

Syarat pengajuan mudah menjadi ciri utama pinjaman online tanpa agunan yang akhir-akhir ini banyak ditawarkan. Demikian halnya GoRupiah juga menawarkan pinjaman dengan persyaratan mudah. berikut beberapa persyaratan yang perlu sobat perhatikan.
KewarganegaraanWNI
PekerjaanKaryawan
Rentang Usia18 tahun - 60 tahun
Penghasilan minimumN/A
Syarat Kartu KreditTidak
Ketentuan LainBerdomisili di Jabodetabek, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, dan Bandung

Selain memenuhi ketentuan di atas, peminjam juga diwajibkan menyertakan beberapa dokumen pendukung seperti KTP, Slip Gaji/ Kartu Identitas Pegawai, serta Ijazah. Seluruh dokumen tersebut perlu difoto/ scaner agar bisa di-upload melalui aplikasi GoRupiah yang bisa sobat dapatkan melalui Google Play Store.

Tenor, Limit dan Bunga Pinjaman GoRupiah

Kendati deskripsi APP GoRupiah di Google Play Store dituliskan bahwa bunga maksimal 12% per tahun sebaiknya anda waspadai pada saat mengajukan permohonan kredit. Karena tidak menutup kemungkinan deskripsi tersebut berbeda dengan bunga pinjaman GoRupiah sebenarnya. Sama halnya deskripsi tenor pinjaman yang ditulis mulai 61 hari hingga 104 hari di mana saat saya mencoba instal aplikasi tersebut dan mencoba menggunakannya hanya terdapat 2 pilihan jangka waktu kredit yakni 15 hari dan 30 hari serta limit kredit Rp 1 juta dan Rp 2 juta.
review aplikasi pinjaman online gorupiah tanpa jaminan

Cara Pinjam Uang di GoRupiah

Cara pinjam uang di GoRupiah secara umum hampir sama dengan pengajuan fintech lending lainnya seperti TunaiKita dan DanaKita. Berikut 4 (empat) langkah agar sobat bisa memperoleh pinjaman online tanpa jaminan lewat GoRupiah.

1. Unduh dan Instal Aplikasi

Sobat bisa unduh aplikasi GoRupiah via Google Play Store kemudian instal hingga selesai. Sebagai informasi tambahan hingga review ini diterbitkan aplikasi GoRupiah telah lebih dari 18 ribu kali di unduh dan dipergunakan.

2. Isi Formulir dan Data

Agar memperoleh limit kredit, pengguna wajib mengisi formulir online. Caranya cukup mudah silakan buka aplikasi yang telah sobat instal. Selanjutnya isi formulir sesuai keadaan mulai dari identitas diri, informasi kontak, informasi pendidikan, informasi pekerjaan, dan upload dokumen pendukung.

3. Persetujuan dan Limit Kredit

Setelah pengisian formulir selesai, sistem GoRupiah akan melakukan verifikasi sekaligus memberikan limit kredit sesuai skor yang anda dapatkan. Agar proses verifikasi dan perolehan limit kredit berjalan cepat ada tips tersendiri yakni dengan meng-upload Bukti Kepemilikan Rumah, SIM, dan Akun Jejaring Sosial. Dengan tips tersebut sobat bisa memperoleh verifikasi dan limit kredit lebih cepat bahkan lebih besar hingga Rp 50 juta.

4. Terima Dana Tunai ke Rekening Bank

Jika permohonan pinjaman online tanpa jaminan yang sobat ajukan memperoleh persetujuan dan telah dilakukan penandatanganan kontrak, proses pencairan dana akan dilakukan langsung dengan mengirim uang sesuai nominal pinjaman ke rekening bank milik peminjam.
Kelebihan dan Kekurangan

Sebagai salah satu inovasi baru di bidang finansial, GoRupiah tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan. Berikut kelebihan dan kekurangan aplikasi GoRupiah menurut KTABank.com.
KelebihanKekurangan
Tanpa Jaminan & Kartu KreditTenor pinjaman singkat
Proses cepat & syarat mudahNominal pinjaman kecil
Limit dapat ditingkatkan hingga Rp 50 jutaBelum terdaftar OJK
Pencairan dana mudahBaru melayani beberapa daerah
Proses pengembalian pinjaman fleksibelInformasi Rancu

Cara Bayar GoRupiah

Cara pembayaran pengembalian pinjaman Gorupiah bisa dilakukan melalui beberapa metode berikut:
  • Transfer Melalui ATM;
  • Transfer melalui SMS Banking;
  • Transfer via Internet Banking.
  • Dan lain sebagainya sesuai ketentuan yang berlaku.
Dengan melihat review GoRupiah di atas sobat bisa mempertimbangkan prosedur dan cara mengajukan pinjaman online tanpa jaminan hingga melihat kelebihan serta kekurangan fintech besutan PT InFin Tech Indonesia tersebut. Sebelum mengajukan permohonan kredit kami sarankan bagi anda untuk membandingkan fitur pinjaman yang ditawarkan oleh GoRupiah dengan fintech sejenis.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Review GoRupiah – Pinjaman Online Tanpa Jaminan