Pengajuan online KTA Bank dan pinjaman tanpa agunan non bank

Pinjaman Amartha dengan Cara Pengajuan Efektif

Pengajuan pinjaman Amartha memiliki tingkat efisiensi dan efektifitas lebih baik jika dibandingkan cara mengajukan kredit ke Bank. Cara kerja Amartha yang mengandalkan teknologi informasi dalam memberikan layanan pinjaman online bagi personal dan kelompok menjadi salah satu bukti kinerja Amartha lebih baik dibandingkan dengan jenis Fintech Lending yang memberikan pinjaman kilat dengan jangka waktu pendek.

Amartha sendiri memiliki produk pembiayaan mikro mulai Rp 3 juta bagi usaha mikro kelompok yang membutuhkan pendanaan dengan pilihan tenor mulai 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Secara garis besar cara kerja Fintech Amartha mempertemukan antara pengusaha mikro dengan investor yang bersedia memberikan pinjaman. Dengan demikian pinjaman yang disetujui dan mendapatkan pendanaan merupakan usaha layak yang memperoleh pinjaman langsung dari investor.
pengajuan-pinjaman-amartha-cara-kerja-kelompok

Apa Itu Pinjaman Amartha?

Pinjaman Amartha adalah pembiayaan mikro yang diberikan kepada pengusaha mikro secara kelompok dengan jangka waktu 3,6, dan 12 bulan. Sebagaimana yang telah kita uraikan di atas, Amartha sebenarnya tidak berperan sebagai pemberi pinjaman melainkan menjadi platform Fintech Peer to Peer lending atau wadah antara pengusaha mikro yang membutuhkan pinjaman dengan investor yang berperan sebagai pemberi pinjaman. Dengan demikian pengajuan pinjaman Amartha hanya akan memperoleh dana jika ada dari sekian banyak investor yang berani memberikan pinjaman bagi calon peminjam.

Amartha mentargetkan pelayanan bagi pengusaha mikro yang selama ini mengalami kesulitan mengakses produk kredit bank kareana keterbatasan legalitas usaha serta jaminan. Dengan demikian pinjaman Amartha dapat dijadikan sebagai alternatif dalam memperoleh modal usaha jika ada kesulitan mengajukan pinjaman bank termasuk mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari pemerintah.

Jika kita berbicara soal keunggulan sudah pasti setiap orang akan bertanya-tanya apakah pinjaman diberikan dengan bunga rendah?, apakah cara mengajukan pinjaman Amartha mudah dan cepat cair? Dan lain sebagainya. Untuk memperoleh jawaban tersebut anda bisa mengunjungi blog amartha.
Secara umum pembiayaan yang ditawarkan Amartha cukup menarik lantaran dapat diajukan oleh wiraswasta di seluruh pedesaan di pulau jawa. Bahkan hampir semua sektor usaha mendapatkan kesempatan untuk memperoleh pinjaman modal usaha baik itu pelaku usaha mikro di bidang perdagangan, usaha rumah tangga, peternakan, pertanian, maupun usaha jasa.

Cara Pengajuan Pinjaman Amartha Sangat Efektif

Pengajuan pinjaman Amartha cukup efektif dilakukan guna memperoleh tambahan modal usaha. Bagi anda yang berkeinginan mengajukan pembiayaan ada baiknya terlebih dahulu kita simak prosedur pengajuan pinjaman di bawah ini.

1. Pembentukan Kelompok 15-20 Orang

Ini nih yang menjadi keunggulan Amartha dibanding jenis pinjaman online lainnya. Sebelum memperoleh pembiayaan calon peminjam akan dikelompokkan berdasar domisili masing-masing untuk memperoleh pelatihan sekaligus membangun komitmen secara kelompok. Amartha akan membuat kelompok antara 15-20 orang yang nantinya akan bersama-sama mendapatkan pelatihan sekaligus memberikan bekal kesetiakawanan dengan menggunakan sistem tanggung renteng. Dengan demikian setelah memperoleh pinjaman nantinya setiap kelompok bertanggungjawab membantu jika terdapat salah satu anggota mengalami kesulitan dalam membayar angsuran pinjaman. Fasilitas pelatihan tersebut selain mampu membentuk komunitas usaha mikro juga dapat dijadikan sebagai ajang bertukar pikiran antar anggota.

2. Penerimaan Pembiayaan

Jika kelompok usaha mikro telah terbentuk dapat mengajukan pinjaman Amartha berdasar rencana usaha serta profile calon debitur. Pengajuan tersebut nantinya akan terlebih dahulu melalui proses verifikasi dan persetujuan yang dilakukan oleh Tim Amartha. Jika pengajuan disetujui, kebutuhan modal usaha akan ditampilan di dasboard pendanaan yang nantinya bisa dilihat dan dicermati oleh calon investor. Jika pendanaan dari investor telah terkumpul Amartha akan memberikan fasilitas akad kredit sesuai ketentuan yang berlaku.

3. Fasilitas Pertemuan Tiap Minggu

Selain memberikan pelatihan di awal, Amartha juga memfasilitasi pertemuan mingguan yang wajib diikuti oleh pengusaha mikro penerima pinjaman. Poin ini juga menjadi keunggulan Amartha dalam memberikan fasilitas pinjaman bagi usaha mikro karena dalam pertemuan tersebut Tim Lapangan akan memberikan pemahaman bagi peminjam tentang manajemen keuangan, kedisiplinan, serta pengembangan usaha yang telah berjalan.

Dari metode pengajuan pinjaman amartha yang efektif tersebut peminjam tidak hanya memperoleh tambahan modal usaha namun juga mendapatkan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan serta pengembangan bisnis.

Meski pengajuan pinjaman Amartha cukup efektif dan memberikan keuntungan bagi peminjam disisi lain Amartha juga memiliki kekurangan. Kekurangan Fintech Amartha salah satunya ialah pinjaman hanya diberikan bagi kalangan pengusaha mikro perempuan sehingga anda pelaku usaha pria belum diperkenankan untuk mengikuti program tersebut. Kendati demikian seiring perkembangan di masa yang akan datang tidak menutup kemungkinan Amartha memberikan kesempatan bagi pengusaha pria untuk mengajukan pinjaman modal usaha. Baca juga Pinjaman Online 5 Juta Tanpa Jaminan Langsung Cair.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pinjaman Amartha dengan Cara Pengajuan Efektif