Cari Pinjaman Dana Tanpa Jaminan? Pertimbangkan Dulu Hal ini

KTABank.com - Bagi Anda yang sedang cari pinjaman dana tanpa jaminan sebaiknya terlebih dahulu menyimak 5 hal yang wajib dipertimbangkan sebelum proses pengajuan kredit. Hal ini perlu kita lakukan agar tidak menjadi masalah serius di kemudian hari. Dengan mencermati beberapa hal di bawah ini insya Allah kita tidak terjerat pada keadaan yang sulit.

Pinjaman tanpa jaminan yang kerap juga disebut dengan istilah kredit tanpa agunan (KTA) memang memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan jenis pekreditan sistem agunan. Salah satu keunggulan yang dimiliki layanan perbankan ini ialah tidak adanya agunan yang perlu kita sertakan sebagai jaminan kredit. Hal ini tentu sangat berbeda dengan model pinjaman dengan agunan yang memerlukan jaminan baik berupa sertifikat tanah, sertifikat rumah, BPKB kendaraan bermotor, maupun surat berharga lainnya.
cari-pinjaman-dana-tanpa-jaminan

Tak heran jika jenis jasa KTA akhir-akhir ini banyak diminati oleh kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah. Namun demikian tak jarang pula masyarakat yang terjerat dalam kasus kredit macet akibat dari kelalaian sendiri dalam mencermati ketentuan yang berlaku pada sebuah jasa keuangan.

Untuk itu bagi kita yang ingin cari pinjaman dana tanpa jaminan sebaiknya pertimbangkan dulu hal berikut ini.

1. Perbankan

Penawaran kredit tanpa agunan saat ini memang sudah sangat banyak dan menjamur. Tak jarang ada marketing yang menawarkannya sampai-sampai door to door. Strategi ini biasanya dilakukan oleh bank keliling yang mengaku sebagai salah satu koperasi terkemuka.

Sistem dan cara mereka menawarkan jasa keuangannya pun sangat beragam antara satu dengan yang lain. Jika Anda menemukan jenis marketing seperti ini ada baiknya terlebih dahulu mencari tahu bagaimana status perbankan atau koperasi tersebut. Apakah berbadan hukum atau tidak, mencari informasi pada orang-orang yang pernah menggunakan jasa layanan mereka juga sangat kita anjurkan agar bisa mendapat masukan dari orang lain.

Untuk itu ada baiknya kita mengajukan pinjaman ke perbankan yang profesional serta berbadan hukum dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti produk KTA Bank Mandiri, BCA, BNI, dan lain sebagainya.

2. Suku Bunga

Banyak sekali strategi marketing yang dilakukan oleh lembaga keuangan abal-abal untuk menjerat nasabah/ debitur mulai dengan mempermudah persyaratan, hingga memanipulasi data Anda tanpa menjelaskan secara terperinci resiko dan suku bunga yang akan ditanggung.

Belum lagi jika ada marketing “nakal” yang bisa saja memberikan pinjaman tanpa mempertimbangkan kemampuan debitur. Kasus seperti ini banyak sekali terjadi lantaran mereka mendapat target untuk mencari debitur dengan jumlah dan pinjaman tertentu.

Dengan mengetahui dan mempertimbangkan suku bunga yang berlaku akan mempermudah kita memperkirakan jumlah cicilan serta jangka waktu yang mampu kita lakukan dalam pelunasan.
Jangan sampai kita terjerat pada rentenir yang memberlakukan suku bunga terlalu besar sehingga semakin membuat kita tercekik saat melakukan angsuran.

3. Jangka Waktu Pelunasan

Jenis kredit tanpa jaminan ini biasanya memberikan masa tenor yang tidak terlalu panjang. Masing-masing waktu pelunasan dipertimbangkan dengan pendapatan Anda serta jumlah pinjaman yang diberikan.

Saat cari pinjaman dana tanpa jaminan sebisa mungkin ambilah jangka waktu yang paling singkat sesuai dengan kemampuan. Karena semakin lama jangka waktu yang kita ambil maka suku bunga yang harus kita bayarkan juga akan semakin besar. Jika ada yang menawari pinjaman jenis ini dengan jangka waktu pelunasan terlalu panjang maka perlu Anda curigai. Karena biasanya model pinjaman seperti ini benar-benar ingin mengambil keuntungan sebesar-besarnya dari suku bunga pinjaman.

4. Maksimal Pinjaman

Secara umum pinjaman tanpa agunan yang profesional akan memberikan pinjaman dana pada Anda tidak lebih dari 5 kali pendapatan bulanan Anda. Jika ada tawaran yang bisa memberikan lebih dari itu ada baiknya kembali dipertimbangkan dengan suku bunga serta pembiayaan lain yang diberlakukan.

5. Pembiayaan

Selain suku bunga ada juga perbankan yang memberlakukan biaya administrasi serta biaya pencairan. Hal ini wajib kita pertimbangkan sebelum proses pengajuan agar nantinya kita tidak merasa dibodohi.

Biaya keterlambatan serta pelunasan yang dipercepat juga bisa kita tanyakan untuk memastikan besarannya serta mengukur resiko yang kita hadapi di kemudian hari.

Dengan mempertimbangkan 5 hal di atas sebelum cari pinjaman dana tanpa jaminan Anda akan lebih tentang dan nyaman dalam melakukan cicilan. Intinya pastikan Anda bisa melakukan angsuran per bulan serta dana yang Anda ajukan benar-benar sangat mendesak untuk dipergunakan.

Belum ada Komentar untuk "Cari Pinjaman Dana Tanpa Jaminan? Pertimbangkan Dulu Hal ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel