Bunga KUR 2017 Akan Turun Jadi 7 Persen

KTA Bank – Rencananya Pemerintah akan menurunkan Bunga KUR 2017 jadi 7% sebagai upaya dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sektor riil semakin baik. Fasilitas kredit degan subsidi suku bunga dari pemerintah ini menjadi bukti keberpihakan terhadap Usaha Kecil Mikro (UKM) di Indonesia.

Sejak pertama diluncurkan pada 2007 silam Suku Bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari 22% secara bertahap turun ke level 12% hingga saat ini menjadi 9% per tahun. Penurunan suku bunga KUR rencananya akan dilakukan kembali oleh pemerintah jadi 7% di tahun 2017 mendatang. Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gusti Ngurah Puspayoga beberapa waktu lalu. Keberhasilan pemerintah dalam memberikan peluang pendanaan bagi pelaku UKM memang tidak serta merta dapat diraih begitu saja tanpa adanya dukungan dari berbagai lembaga dan pelaksana.

bunga-kur-2017-7-persen
Guna mewujudkan rencana tersebut Pemerintah melalui MENKOP menghimbau pada seluruh perbankan penyalur KUR 2016 untuk mempercepat penyaluran program tersebut sehingga semakin cepat pula para pelaku UKM merasakan manfaat dari Kredit Usaha Rakyat.

Di sisi lain kesejahteraan masyarakat Indonesia belum memperlihatkan pemerataan yang optimal sehingga program KUR 2017 masih akan menjadi salah satu program andalan guna menyetarakan kesejahteraan tersebut.

Meskipun demikian jangan lantas Anda selaku UKM menunggu penurunan suku bunga di tahun 2017 mendatang untuk mendapatkan tambahan modal. Karena bisa jadi syarat dan ketentuan penerima KUR 2017 akan berubah dan semakin ketat. Jika Anda termasuk UKM yang masuk kriteria penerimaan bantuan modal usaha dalam bentuk kredit ringan di tahun ini ada baiknya segera mengajukan pinjaman ke perbankan penyalur seperti Mandiri, BNI, BRI, dan lembaga keuangan lain sesuai dengan domisili. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak syarat mengajukan KUR 2016.

Pada pertengahan tahun 2016 ini pemerintah masih terus mengupayakan percepatan penyalur dana KUR agar mampu terselesaikan di akhir tahun dengan jumlah dana Rp 100 Miliar. Bahkan penambahan Lembaga Keuangan penyalur KUR 2016 juga masih dilakukan hingga saat ini untuk mempermudah masyarakat dalam melakukan pengajuan kredit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel