Cara Pinjam Uang di Bank BNI dan CIMB Niaga

Meskipun angka kredit di berbagai perbankan mengalami penurunan namun tidak ada salahnya jika kita mengetahui cara pinjam uang di bank BNI sebagai salah satu wawasan jika suatu saat nanti kita membutuhkan pinjaman tunai untuk memenuhi kebutuhan. Dalam artikel ini akan kami sajikan cara pinjam uang baik di Bank BNI dan CIMB Niaga sebagai perbandingan layanan serta kemudahan dari kedua perbankan tersebut.

Dalam setiap akad kredit pasti terdapat ketentuan dan syarat yang diberikan oleh pihak perbankan bagi seorang debitur demikian pula jika kita ingin mengajukan kredit di Bank CIMB Niaga maupun Bank BNI.
cara-pinjam-uang-di-bank-bni-cimb-niaga
Kedua perbankan ini tergolong cukup gampang memberikan kredit kepada nasabah yang sekiranya mampu mengembalikan uang pinjaman sesuai waktu yang telah ditentukan. Nasabah atau calon debitur cukup mendatangi kantor terdekat dengan membawa syarat pengajuan serta mengisi formulir secara lengkap. Selang beberapa hari (biasanya 7 s.d 14 hari) akan ada petugas bank yang menginformasikan tentang aplikasi pengajuan kita. Untuk mengetahui lebih detail langka meminjam uang di CIMB Niaga dan BNI berikut penjelasannya.

Mendatangi Kantor Terdekat

Jika kita ingin mengajukan kredit hal utama dan pertama yang perlu kita lakukan yakni mendatangi kantor perbankan. Jika Bank CIMB yang kita pilih maka kita bisa mendatangi kantor cabang terdekat, begitu pula dengan Bank BNI.

Pada tahapan ini kita sebagai calon debitur bisa menanyakan langsung pada petugas bank secara detail. Jangan segan-segan menanyakan jenis kredit yang paling cocok bagi kita mulai dari ketentuan, persyaratan, hingga simulasi kredit seandainya kita mengajukan kredit dengan nominal tertentu.

Memilih Layanan Kredit yang Tepat

Meskipun kita bisa mencari informasi terkait layanan kredit secara online namun ada baiknya kita mendatangi langsung kantor perwakilan sehingga bisa bertatap muka dengan petugas Bank. Enaknya lagi kita bisa tahu langsung jika pada saat kita akan mengajukan pinjaman bank tersebut sedang ada promo misalnya gratis angsuran pada bulan pertama dan lain sebagainya.

Bank BNI dan CIMB Niaga memiliki beberapa layanan kredit yang bersaing mulai dari Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit dengan jaminan sertifikat rumah atau BPKB kendaraan bermotor, hingga kredit tanpa agunan baik KTA CIMB Niaga maupun KTA BNI.

Dari jenis produk pinjaman tersebut kita bisa mengajukan kredit sesuai kebutuhan dan kemampuan kita dalam mengembalikannya. Jika kita memiliki jaminan baik berupa sertifikat tanah maupun BPKB kendaraan yang bisa kita jadikan sebagai agunan kita bisa memilih layanan kredit dengan menggadaikan aset kita baik di Bank BNI maupun Bank CIMB Niaga.

Namun jika kita memiliki keterbatasan terkait aset berharga yang dapat kita jaminkan maka bisa memilih layanan kredit tanpa agunan. Berbeda lagi jika kita ingin meminjam uang untuk membeli rumah, layanan Kredit Pemilikan Rumah tentunya lebih tepat kita ajukan dengan nilai persetujuan 90%.

Mengisi Formulir Pengajuan dan Mengumpulkan Persyaratan

Dalam setiap pengajuan kredit, pihak bank baik BNI maupun Bank CIMB Niaga mewajibkan calon debitur untuk mengisi formulir permohonan. Pada tahap ini kita diminta untuk mengisikan data diri serta keluarga. Beberapa data lain mungkin juga diperlukan dalam pengajuan sesuai jenis kredit yang kita pilih.

Selain mengisi dan menandatangani surat permohonan kredit kita juga diminta untuk mengumpulkan dokumen persyaratan seperti fotokopi KTP, C1, Surat Nikah, dan lain sebagainya. Untuk mengetahui dokumen yang dibutuhkan dalam setiap pengajuan pinjaman kita bisa menengok ulasan sebelumnya tentang syarat pengajuan kredit BNI.

Menunggu Verifikasi

Cara pinjam uang di Bank BNI dan CIMB Niaga berikutnya hanyalah menunggu verifikasi atau persetujuan dari petugas Bank. Banyak-banyaklah berdoa agar permohonan kita dikabulkan sehingga kita bisa menerima pinjaman sesuai yang kita ajukan.

Pada beberapa jenis pinjaman seperti pinjaman dengan agunan sertifikat rumah biasanya pihak bank BNI dan CIMB Niaga terlebih dahulu akan melakukan survei terhadap objek yang kita jaminkan. Dengan demikian pihak bank mampu memberikan taksiran berapa harga dari objek bangunan yang kita jaminkan serta melakukan persetujuan sesuai dengan nilai objek tersebut.

Konfirmasi dan Penandatanganan Akad Kredit

Setelah proses verifikasi selesai pihak Bank CIMK Niaga atau BNI akan memberikan konfirmasi kepada kita (calon debitur) atas pengajuan kredit yang kita lakukan. Pada tahapan ini biasanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 hingga 10 hari kerja atau maksimal 2 minggu sejak aplikasi kredit kita ajukan.

Jika permohonan kredit kita disetujui maka kita bisa segera melakukan penandatanganan akad kredit, namun jika kurang beruntung berarti kita tidak memperoleh pinjaman.

Pencairan Dana Pinjaman

Setelah akad kredit terlaksana berikutnya yakni waktu yang ditunggu-tunggu. Pencairan dan pinjaman dapat kita lakukan secara tunai maupun transfer ke nomor rekening kita sesuai ketentuan bank baik di Bank BNI maupun di Bank CIMB Niaga. Dana pinjaman tersebut secara mutlak telah menjadi hak kita dan dapat kita gunakan dalam memenuhi kebutuhan sesuai dengan tujuan kita meminjam uang di bank.
Namun demikian terdapat jenis kredit di mana proses pencairan pinjaman dilakukan langsung dengan membelanjakan uang tersebut. Contohnya yaitu dalam kredit pemilikan rumah, pihak bank akan langsung mentransfer uang pinjaman pada pihak penyedia (developer) tempat kita membeli rumah.
Proses Angsuran

Jangan senang dulu, setelah proses pencairan tahap berikutnya ya mengembalikan pinjaman tersebut sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan misalnya 12 bulan, 24 bulan, atau 20 tahun tergantung jenis kredit yang kita pilih. Proses angsuran memang menjadi proses paling berat bagi debitur, namun demikian jika kita bisa memanajemen keuangan secara tepat maka angsuran demi angsuran dapat terselesaikan tanpa terasa.

Demikian cara pinjam uang di Bank BNI dan CIMB Niaga secara umum yang dapat kita lakukan. Jika memungkinkan mending kita memilih proses angsuran dengan cara autodebet sehingga tidak menambah beban kita dalam memanajemen keuangan keluarga. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel