Cara Mengajukan Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Mengajukan pinjaman koperasi tanpa Jaminan sangat banyak diminati oleh masyarakat, pasalnya dalam layanan tersebut kita tidak membutuhkan aset berharga yang perlu dijadikan jaminan. Namun demikian ada prosedur dan mekanisme yang perlu kita tahu untuk mengakses layanan tersebut.

Peran penting Koperasi memang tak bisa dianggap remeh, asas kekeluargaan untuk kepentingan bersama bagi anggotanya menjadi salah satu semboyan berdirinya tempat simpan pinjaman ini. Sebenarnya ada beberapa jenis koperasi di dunia namun demikian koperasi simpan pinjam lebih mendominasi keberadaannya di Indonesia.

Pinjaman Koperasi Tanpa Agunan

Sebagai badan yang dibentuk guna kepentingan bersama Koperasi Simpan pinjam berperan sebagai tempat penyedia layanan tabungan dan pinjaman. Salah satu ciri utama layanannya yakni pinjaman koperasi tanpa jaminan.

Selain memberlakukan layanan untuk menyimpan uang atau menabung, koperasi simpan pinjam juga memiliki layanan untuk meminjamkan uang hasil dari tabungan seluruh anggotanya baik berupa simpanan pokok, simpanan wajib, maupun simpanan sukArela. Maka dari itu ada banyak kelebihan layanan jasa keuangan ini. Beberapa kelebihannya dapat kita lihat di bawah ini.
  • Memudahkan para anggotanya dalam menyimpan uang serta melakukan pinjaman.
  • Pungutan jasa pengurus yang sangat ringan terlebih jika kita bandingkan dengan layanan perbankan saat ini.
  • Mengedepankan asas kekeluargaan sehingga lebih mudah bagi kita dalam mengajukan pinjaman sesuai dana yang ada.
  • Adanya Hasil Bagi Usaha yang akan didapatkan bagi seluruh anggotanya baik bagi yang sekedar berlaku sebagai penyimpan maupun berlaku sebagai penyimpan sekaligus peminjam.
Selain terdapat kelebihan di atas tentunya ada pula kekurangan dari koperasi simpan pinjam. Beberapa kelemahan dari koperasi simpan pinjam antara lain sbb:
  • Modal yang tidak begitu besar sehingga terdapat keterbatasan dalam memberikan layanan pinjaman.
  • Memiliki daya saing rendah karena bersifat satu untuk bersama sehingga tidak terlalu memikirkan kemajuan dalam persaingan dengan badan lembaga lain.
Oleh sebab itu koperasi di Indonesia saat ini sangat banyak yang belum terdaftar atau belum berbadan hukum.

Cara Meminjam Uang di Koperasi

Bagi kita yang telah menjadi anggota dan kerap melakukan pinjaman di salah satu koperasi tentunya cara meminjam uang di Koperasi sudah tidak asing lagi. Namun demikian bagi yang menjadi anggota koperasi namun belum pernah mengajukan pinjaman tentu perlu memahami cara meminjam uang di koperasi.

Keanggotaan

Adapun cara mengajukan pinjaman bisa kita lakukan dengan ketentuan kita telah menjadi anggota di koperasi simpan pinjam yang akan kita jadikan tempat untuk mengajukan pinjaman tersebut. Jika belum menjadi peserta atau anggota tentu saja kita bisa mendaftar sebagai anggota sesuai ketentuan yang ada. (Baca Juga: KTA BCA Syariah).

Permohonan

Jika kita telah menjadi salah satu anggota koperasi berikutnya kita bisa mengajukan pinjaman Koperasi tanpa jaminan sesuai dengan prosedur yang berlaku di tempat simpan pinjam tersebut. Pada umumnya prosedur yang biasa berlaku dimulai dengan cara mengajukan permohonan baik secara lisan maupun tertulis.

Proses Persetujuan dan Pencairan

Setelah kita mengajukan pinjaman berikutnya kita tinggal menunggu proses persetujuan. Sebenarnya terlalu berlebihan juga sih jika kita sebut dengan proses persetujuan, karena Koperasi bertujuan untuk kesejahteraan anggotanya biasanya proses persetujuan benar-benar dimudahkan dengan ketentuan dana yang ada mencukupi untuk kita pinjam.

Maksudnya mencukupi di sini bukan berarti ada uang berapa kemudian kita pinjam semuanya namun pengurus biasanya juga akan mempertimbangkan kepentingan untuk seluruh anggotanya. Misalnya suatu koperasi memiliki saldo dana simpanan sebesar Rp 50 Juta kemudian Anda ingin meminjam seluruhnya. Maka para pengurus tidak akan bisa menyetujui permintaan tersebut mengingat nantinya pasti juga akan ada anggota lain yang membutuhkan pinjaman uang dari Koperasi. (Baca Juga: Tabel Angsuran KUR BRI 2016).

Jika permohonan anggota disetujui maka pencairan dana biasanya dapat dilakukan pada waktu itu juga baik secara tunai maupun transfer tergantung besar kecilnya pinjaman serta mekanisme yang berlaku pada koperasi tersebut.

Nah tunggu apa lagi, jika Anda belum menjadi anggota koperasi simpan pinjam segera daftarkan diri Anda sebagai keanggotaan koperasi baik dalam lingkup desa maupun yang lebih besar. Pokoknya nggak ada ruginya deh jadi anggota koperasi. Dan tentunya kita akan dapat kemudahan dalam setiap mencari pinjaman uang karena layanan pinjaman koperasi tanpa jaminan yang ada.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel