Manfaat Safe Deposit Box dalam Dunia Perbankan

Apa sih Manfaat Safe Deposit Box dalam Dunia Perbankan? Pertanyaan awal yang mungkin saja keluar dalam benak kita selaku masyarakat awam. Sama halnya dengan saya yang jujur saja sebelumnya sama sekali tidak tahu apa itu safe deposit box, lebih-lebih mengenal manfaat dan kegunaannya.

Karena rasa penasaran tersebut akhirnya saya coba browsing dan mencari tahu benda macam apa yang kerap disebut-sebut dengan Safe Deposit Box. Setelah beberapa kali membaca berbagai artikel serta makalah akhirnya sedikit banyak saya ketahui jika safe deposit box merupakan layanan suatu perbankan dalam menyediakan tempat penyimpanan barang berharga.
manfaat-safe-deposit-box-dalam-dunia-perbankan
Jika kita lihat dari segi penggunanya tentu saja layanan ini tidak banyak dipergunakan oleh masyarakat kecil seperti saya ini (lha wong gak punya barang berharga kok mencari tahu manfaat deposit box hehehe). Namun demikian para konglomerat termasuk di dalamnya para pejabat tinggi banyak yang memanfaatkan layanan penyimpanan barang tersebut.

Manfaat Safe Deposit Box Bagi Nasabah

Sebagai tempat penyimpanan barang berharga Safe Deposit Box tentunya memiliki manfaat lebih dalam hal keamanan dan keselamatan barang yang disimpan di dalamnya. Jadi jika kita simpulkan layanan tempat penyimpanan ini mayoritas digunakan untuk menjaga keselamatan sekaligus keamanan dari barang berharga baik milik perorangan maupun lembaga. Adapun beberapa manfaat Safe Deposit Box bagi nasabah diantaranya dapat kita lihat di bawah ini.

Keamanan Ekstra

Perbankan penyedia layanan tempat penyimpanan tentunya memiliki Standar Operasional Procedure ketat dalam melakukan keamanan benda berharga milik nasabah nya. Bahkan dalam keadaan tertentu suhu serta kelembapan udara tempat Safe Deposit Box berada senantiasa dijaga.

Sebagai tambahan keamanan kotak semacam brangkas tersebut hanya dapat dibuka oleh pemiliknya sendiri yang didampingi petugas Bank dimana di dalamnya terdiri dari 2 buah kunci yang masing-masing kunci disimpan oleh nasabah dan Perbankan tempat penyimpanan. Disisi lain kotak penyimpanan yang disewakan oleh Bank tersebut terbuat dari bahan berkualitas tinggi serta tahan terhadap segala cuaca dan kondisi termasuk tahan api jika sewaktu-waktu terjadi musibah kebakaran yang tidak diinginkan di tempat tersebut. Dengan demikian keamanan ektra senantiasa didapatkan oleh nasabah dalam menyimpan barang berharganya.

Kerahasiaan

Selain memberikan keamanan ekstra perbankan juga menjaga kerahasiaan dari isi Safe Deposit Box itu sendiri. Bahkan pihak bank bisa saja tidak mengetahui apa saja yang terdapat di dalam tempat penyimpanan tersebut asal nasabah tetap memenuhi ketentuan dan peraturan yang berlaku.

Kedua manfaat di atas banyak sekali dibutuhkan oleh kalangan konglomerat yang ingin menjaga secara lebih benda-benda berharga milik mereka mulai dari dokumen penting seperti sertifikat tanah, BPKB kendaraan bermotor, surat warisan, saham, akte perusahaan, hingga perhiasan seperti emas batangan, emas perhiasan, mutiara, dan lain sebagainya.

Cara Menyewa Safe Deposit Box

Untuk menggunakan layanan safe deposit box seorang nasabah perlu melakukan langkah permohonan yang hampir serupa dengan membuka rekening tabungan. Beberapa cara yang diperlukan dalam menyewa tempat penyimpanan barang dapat dilakukan melalui langkah berikut.
  • Mendatangi perbankan yang dituju (BRI, Mandiri, BNI, BCA, BTN, dan lain sebagainya).
  • Mengisi aplikasi penyewaan tempat penyimpanan (Safe Deposit Box).
  • Mengisi surat perjanjian sekaligus surat kuasa yang dibutuhkan.
  • Registrasi open card atau yang kerap disebut dengan kartu ijin masuk ke ruangan tempat Safe Deposit Box berada.
  • Melakukan penyelesaian administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku di bank tersebut.
Melalui beberapa langkah di atas kita dapat menempatkan benda-benda berharga mulai dari mulai dari dokumen penting seperti sertifikat tanah, BPKB kendaraan bermotor, surat warisan, saham, akte perusahaan, hingga perhiasan seperti emas batangan, emas perhiasan, mutiara, dan lain sebagainya. Demikian sekilas ulasan dengan judul Manfaat Safe Deposit Box dalam Dunia Perbankan yang perlu kita ketahui, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel