Cara Meminjam Uang Kredit di Bank BRI

Cara Meminjam Uang Kredit di Bank BRI – Keberadaan produk kredit Bank BRI menjadi solusi paling utama bagi seseorang yang membutuhkan dana talangan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Selain itu inovasi perbankan dalam memberikan layanan kredit mulai dari pemilikan rumah hingga pemilikan kendaraan bermotor secara jelas memberikan kemudahan bagi kita dalam memenuhi kebutuhan dalam hal finansial khususnya.

Selain dalam bentuk kredit konsumtif Bank BRI juga menawarkan pinjaman bagi nasabahnya dalam bentuk kredit produktif mulai dari kredit KUPEDES, kredit waralaba, hingga kredit usaha rakyat dengan suku bunga mulai dari 9 persen. Secara umum manfaat kredit produktif bagi masyarakat Indonesia dapat dirasakan oleh kalangan pengusaha dan wiraswasta dalam negeri.
cara-meminjam-uang-di-bank-bri
Meski kita dapat melakukan pengajuan kredit ke bank manapun namun selama ini Bank BRI menjadi perbankan favorit bagi masyarakat Indonesia dalam hal fasilitas kredit. Kenapa BRI menjadi andalan para wiraswasta di Indonesia? Pertanyaan itu tentunya dapat kita jawab dengan mudah yakni karena perbankan BUMN tersebut memiliki kantor perwakilan hampir di segala penjuru Indonesia.
Sebelum lebih jauh mengetahui cara meminjam uang di bank BRI ada baiknya kita ketahui keunggulan dari perbankan tersebut dalam memberikan penawaran sekaligus pelayanan kredit.

Keunggulan BRI

Sebagai perbankan pemerintah BRI memiliki berjibun keunggulan yang mungkin saja tidak dapat kita temukan melalui bank-bank lain. Beberapa keunggulan bank BRI dalam memberikan layanan pada nasabah nya antara lain dapat kita lihat dari uraian di bawah ini.

Gerai dan Kantor Perwakilan
Jika kita mampu mendata jumlah kantor perwakilan mulai dari kantor unit hingga cabang pembantu tentu saja Bank BRI menjadi perbankan dengan jumlah gerai terbanyak yang tersebut di seluruh Indonesia. Tak hanya di pulau Jawa saja BRI juga memberikan pelayanan hingga ke pelosok negeri.
Layanan serta profesionalitas yang diberikan petugas BRI pada seluruh nasabahnya tidak dapat membohongi publik jika perbankan ini pantas untuk dijadikan sebagai salah satu perbankan favorit dalam mengajukan kredit.

Jensi Tawaran Kredit yang Beragam
Selain ketersediaan kantor perwakilan yang sangat banyak BRI juga memberikan penawaran jenis produk kredit cukup banyak. Tak kurang dari 15 jenis kredit BRI yang dapat di akses masyarakat sesuai dengan kebutuhan baik kredit konsumtif maupun pinjaman produktif seperti kredit modal kerja dan kredit kupedes BRI.

Fasilitas yang Unggul
Bukan rahasia lagi jika BRI memiliki fasilitas yang lebih unggul jika dibandingkan dengan perbankan swasta mulai dari jumlah ATM hingga layanan internet banking yang handal. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan dalam hal pelayanan BRI rela merogoh kocek lebih dari 3 trilliyun ripiah guna meluncurkan satelit sendiri yang diberi nama BRISat. Selain dapat memangkas biaya operasional kepemilikan BRISat ini diyakini mampu memperbaiki pelayanan BRI pada seluruh nasabah di seluruh Indonesia.

Suku Bunga Ringan
Meskipun tidak jauh berbeda dengan suku bunga perbankan lain seperti BNI dan Mandiri namun Bank BRI tetap memiliki keunggulan tersendiri dalam hal memberikan suku bunga kredit. Hal dilakukan karena BRI memprioritaskan nasabah yang bergelut di sektor usaha kecil menengah.
Selain banyak menawarkan program kredit dari pemerintah seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR), kredit ketahanan pangan dan energi (KKPE) BRI juga memiliki kredit mikro mandiri yang terdapat pada produk KUPEDES. Selain itu Bank BRI juga memberikan layanan khusus dalam produk kredit waralaba dan agribisnis sebagai fasilitas pinjaman skala menengah.

Produk Kredit Bank BRI
Seperti yang telah kita singgung di atas BRI memiliki produk kredit yang sangat beragam. Tak kurang dari 15 jenis kredit dapat diakses nasabah sebagai cara meminjam uang di Bank BRI mulai dari pinjaman mikro hingga pinjaman konsumtif seperti KTA BRI dan KPR BRI dengan suku bunga ringan. Untuk mengetahui jenis produk kredit Bank BRI dapat kita lihat melalui tabel di bawah ini.
Jenis Kredit BRI
Kredit Usaha Rakyat (KUR)
KUPEDES BRI
Kredit Ketahanan Pangan & Energi (KKPE)
Kredit Ketahanan Pangan & Energi Tebu (KKPE Tebu)
Kredit Agribisnis
Kredit Waralaba
Kredit Batubara dan Pertambangan
Kredit Pemilikan Gudang
Kredit Resi Gudang
Kredit SPBU
Kredit BRI Guna
Kredit Modal Kerja Khusus Konstruksi (Developer)
Kredit Modal kerja Khusus Usaha Ekspor
Kredit Modal Kerja Reguler
Kredit Agunan Kas
Kredit Investasi
Kredit Pemilikan Rumah

Cara Meminjam Uang di Bank BRI

syarat-dan-cara-meminjam-uang-di-bank-bri
Bagi kita yang kerap mengajukan kredit melalui perbankan cara meminjam uang di Bank BRI tentu tidak jauh berbeda dari cara mengajukan kredit di bank lain. Beberapa orang berpendapat jika pengajuan kredit di bank sangat ribet dan susah, namun hal ini tidak berlaku bagi kita yang memenuhi syarat dan ketetuan dalam pengajuan tersebut. Langkah dalam meminjam uang melalui Bank Rakyat Indonesia diantaranya dapat kita lakukan sebagai berikut.

Pilih Jenis Kredit
Anda dapat memilih jenis kredit yang sesuai dengan tujuan pinjaman tersebut Anda ajukan. Berbagai layanan kredit seperti yang telah kita uraikan dalam tabel di atas dapat diajukan dengan syarat dan ketentuan berbeda-beda.
Meskipun jenis kredit konsumtif (KPR, KKB, KTA) dirasakan lebih mudah untuk diajukan namun akhir-akhir ini BRI memberikan kemudahan bagi pengajuan kredit produktif seperti kredit usaha rakyat dan KUPEDES yang memiliki suku bunga cukup ringan dibanding dengan layanan kredit di perbankan lain. Untuk itu pastikan terlebih dahulu jenis kredit yang sesuai dengan kebutuhan Anda sebelum melakukan permohonan.

Siapkan Persyaratan
Walau secara umum persyaratan yang dibutuhkan antara satu jenis kredit dengan jenis kredit lain tergolong sama namun dalam beberapa jenis kredit seperti KPR Bersubsidi terdapat beberapa ketentuan yang berbeda. Untuk itu mencari tahu tentang syarat kredit menjadi hal penting yang perlu kita lakukan sebelum mengisi aplikasi pengajuan.

Ajukan Aplikasi
Langkah berikutnya setelah segala persyaratan terpenuhi cara meminjam uang di Bank BRI dapat dilakukan dengan mengajukan aplikasi. Aplikasi kredit atau formulir permohonan bisa kita dapatkan di kantor perwakilan BRI. Satu poin yang perlu kita ketahui dalam pengajuan aplikasi kredit yakni tidak seluruh kantor perwakilan memberikan seluruh pelayanan jenis kredit yang ada. Salah satunya yakni produk KPR BRI yang hanya dapat diajukan pada kantor perwakilan tertentu sesuai ketentuan baik itu kantor unit maupun kantor cabang.

Akad Kredit dan Pencairan
Akad kredit yakni suatu perjanjian pinjam meminjam yang dilakukan oleh nasabah (debitur) dengan pihak BRI. Dengan penandatanganan surat perjanjian ini berarti Anda telah mengetahui ketentuan sebagai seorang debitur dalam kredit tertentu sesuai dengan jenis kredit yang Anda ajukan.

Persetujuan dalam akad kredit biasanya memuat ketentuan suku bunga yang wajib dibayarkan debitur termasuk nominal angsuran serta jangka waktu kredit sesuai pengajuan. Selain memuat hal tersebut beberapa resiko seperti denda keterlambatan, biaya administrasi, serta denda pinalti dalam percepatan pelunasan juga akan dicantumkan secara detail dalam perjanjian tersebut. Setelah proses penandatanganan akad kredit selesai tahap berikutnya yakni pencairan dana yang disesuaikan dengan jenis kredit yang diambil oleh debitur.

Ulasan di atas merupakan penjelasan mengenai cara meminjam uang kredit di Bank BRI. Perlu kita ketahui pula jika pihak BRI akan mempertimbangkan data-data calon debitur sebelum menyetujui aplikasi yang diajukan mulai dari identitas diri, kemampuan finansial, karakter pribadi, hingga riwayat kredit calon debitur atau yang kerap disebut dengan BI Checking.

Belum ada Komentar untuk "Cara Meminjam Uang Kredit di Bank BRI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel