Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian untuk Pinjam Uang

Cara gadai BPKB Motor di Pegadaian untuk Pinjam Uang – Saat kita memerlukan dana talangan ada beberapa solusi yang dapat kita gunakan, pertama kita bisa pinjam uang tunai pada sahabat, rekan kerja, maupun keluarga. Namun jika kebetulan teman-teman termasuk keluarga kita tidak dapat memberikan bantuan ada pilihan lain yakni mengajukan kredit ke bank dan menggadaikan kendaraan baik itu Mobil maupun Sepeda Motor ke Pegadaian.

PT Pegadaian mempunyai beberapa pilihan layanan kredit dengan syarat dan proses pengajuan mudah. Bahkan pencairan pinjaman di Pegadaian bisa jauh lebih cepat (hanya butuh 15 menit) ketimbang layanan kredit perbankan seperti KTA BCA yang membutuhkan waktu berhari-hari.
cara-gadai-bpkb-motor-di-pegadaian-untuk-pinjam-uang

Pinjaman tunai Pegadaian menjadi pilihan banyak orang karena memang memiliki berbagai keunggulan yang nyata. Jaringan luas serta kemudahan dari segi syarat dan proses permohonan pembiayaan menjadi salah satu keunggulan yang tak dapat diragukan lagi. Meskipun kebanyakan masyarakat menggunakan layanan gadai BPKB Motor beserta kendaraan namun pada dasarnya jenis jaminan yang diterima sebagai agunan cukup beragam mulai BPKB Mobil, barang elektronik, hingga Perhiasan seperti emas dan permata.

Produk Gadai Pegadaian

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pegadaian memiliki lima jenis pembiayaan yang dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat di Indonesia. Kelima jenis kredit tersebut dapat diajukan dengan menggadaikan BPKB Motor beserta kendaraannya maupun jenis agunan lain sesuai dengan ketentuan. Berikut ketujuh layanan pinjaman PT Pegadaian.
  1. Konvensional (Kredit Cepat Aman)
  2. Syariah (Rahn)
  3. Kreasi
  4. Krasida
  5. Arrum
Ketujuh jenis produk di atas memiliki ciri dan peruntukkan masing-masing. Adapun penjelasan tetang produk tersebut dapat kita lihat di bawah ini.

Konvensional (Kredit Cepat Aman)

Kredit Cepat Aman (KCA) merupakan layanan gadai konvensional yang diperuntukkan bagi semua kalangan masyarakat baik untuk pemenuhan kebutuhan produktif maupun konsumtif. Layanan KCA merupakan layanan kredit dengan menggadaikan barang berharga seperti BPKB Motor dan kendaraannya, Mobil, hingga barang elektronik mulai dari Hanphone, Laptop, Camera, dll. Dengan menggadaikan barang berharga sesuai ketentuan nasabah dapat mengajukan permohonan kredit dana tunai mulai dari Rp 50.000 s/d Rp 500.000.000 dengan tenor pinjaman maksimal 4 bulan.

Untuk dapat mengajukan KCA nasabah diwajibkan menyerahkan salinan kartu tanda penduduk, bukti legalitas barang seperti surat pembelian, BPKB Motor, STNK, serta barang yang akan dijadikan sebagai jaminan itu sendiri baik itu Motor, Mobil, maupun barang berharga lainnya seperti Laptop, Hanphone, dll.

Rahn (Syariah)

Layanan pembiayaan Rahn merupakan inovasi baru dari PT Pegadaian dimana produk ini cukup istimewa karena menggunakan sistem hukum islam dalam proses pembiayaan tersebut. Perbedaan layanan syartiah bisa kita dapati dari sistem pembayaran biaya administrasi yang dibayarkan di awal pengajuan dengan akad ijaroh.

Melalui gadai syariah Rahn nasabah dapat mengajukan permohonan pembiayaan mulai dari Rp 50.000 s/d Rp 200.000.000 dengan tenor maksimal selama 4 bulan. Tak berbeda jauh dengan layanan KCA selain dapat diajukan dengan gadai BPKB Motor dan kendaraannya layakan gadai syariah Rahn juga dapat diajukan dengan jaminan Mobil, Laptop, Hanphone, Emas, dan lain sebagainya.

Kreasi

Kreasi adalah produk pegadaian yang dapat diajukan dengan Gadai Motor maupun kendaraan lain dengan nominal pinjaman uang tunai mulai Rp 3.000.000 s/d Rp 100.000.000 dengan jangka waktu 1 hingga 3 tahun.

Sedikit berbeda dengan layanan Rahn dan KCA pembiayaan Kreasi khusus diperuntukkan bagi kalangan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) sebagai tambahan dana dalam mengembangkan usahanya. Dengan kata lain Produk Pegadaian Kreasi merupakan jenis kredit produktif sebagai alternatif tambahan modal usaha dengan cara gadai BPKB Motor maupun Mobil.
Syarat utama dalam pengajuan gadai kreasi yakni nasabah telah memiliki usaha yang telah berjalan selama 12 bulan serta melengkapi dokumen pendukung seperti fotocopy KTP, C1, serta BKB  kendaraan bermotor baik itu sepeda motor maupun mobil.

Krasida

Produk Krasida sebenarnya hampir mirip dengan Produk Krediasi Pegadaian yakni sama-sama diperuntukkan bagi kalangan UKM sebagai pinjaman uang tunai guna tambahan modal usaha. Selain itu Krasida dapat diajukan dengan nominal pinjaman Rp 1 Juta s/d Rp 250 Juta dan masa tenor mulai 12 hingga 36 bulan.

Perbedaan juga terdapat pada jenis jaminan yang dapat dijadikan sebagai agunan dimana layanan kreasi dapat diajukan dengan agunan BPKB Motor dan Mobil sementara untuk layanan ini diperlukan kendaraan itu sendiri sebagai agunannya atau dengan agunan emas.

Syarat dalam mengajukan gadai Krasida juga hampir sama dengan Kreasi yakni memerlukan fotocopy KTP, C1, serta dokumen pemilikan kendaraan bermotor baik itu perhiasan emas, sepeda motor maupun mobil.

Arrum

Produk Arrum merupakan layanan pinjaman uang tunai dengan sistem gadai emas, BPKB Motor dan Mobil secara syariah yang ditawarkan pada pelaku UKM sebagai tambahan modal usaha.Melalui pengajuan Arrum nasabah dapat memilih tenor pinjaman mulai dari 1 hingga 3 tahun.

Adapun syarat dalam permohonan pembiayaan Arrum yakni nasabah telah memiliki usaha yang berjalan selama 12 bulan,, fotocopy identitas diri dan keluarga, serta surat kendaraan yang dijadikan jaminan baik itu BPKB Motor maupun Mobil.

Cara Gadai BPKB Motor di Pegadaian

Dari kelima produk pegadaian di atas terdapat dua produk diantaranya yang dapat diajukan dengan sistem gadai BPKB Motor yang layanan Arrum dan Kreasi. Secara umum cara gadai bpkb motor di pegadaian untuk pinjam uang dapat dilakukan dengan langkah berikut:
  • Datangi kantor layanan outlet Pegadaian.
  • Melengkapi syarat dan dokumen pendukung.
  • Menyertakan BPKB Motor dan memperlihatkan Kendaraan itu sendiri.
  • Penandatanganan akad kredit.
  • Proses pencairan selama 15 menit.
Dengan keunggulan layanan PT Pegadaian pastinya kita mendapatkan kemudahan dalam mencari pinjaman uang tunai kapan saja. Bahkan tak proses pengajuan tak perlu menunggu berhari-hari karena cukup selama 15 menit kita dapat mencairkan pinjaman dengan cepat dan aman. Demikian cara gadai BPKB Motor di Pegadaian untuk Pinjam Uang semoga dapat memberikan gambaran bagi kita dalam mengajukan pinjaman di PT Pegadaian. Simak juga cara Gadai SK PNS dan Swasta di Bank BRI untuk Keperluan Kredit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel