Pinjaman Bank Mandiri Rp 200 Juta Tanpa Agunan

Pinjaman bank Mandiri  tanpa agunan bisa diajukan secara perseorangan hingga plafon maksimal Rp 200 juta. Apa saja persyaratan yang dibutuhkan selama proses pengajuan? Simak penjelasan jenis KTA Mandiri dan syarat pengajuan melalui ulasan di bawah ini.

Saat ini informasi produk kredit khususnya dari bank mandiri bisa lebih mudah kita peroleh secara online baik melalui situs resmi maupun blog personal. Perkembangan sistem informasi teknologi memberikan keuntungan tersendiri bagi masyarakat yang membutuhkan informasi produk keuangan secara detail dan lengkap. Dengan demikian kecenderungan masyarakat memilih jasa pinjaman rentenir secara perlahan mulai menurun dan beralih melakukan pengajuan kredit secara resmi melalui bank mandiri.
pinjaman-bank-mandiri

Meminjam uang melalui pinjaman bank Mandiri jauh lebih aman bagi debitur karena bank Mandiri merupakan lembaga keuangan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Terlebih status nya sebagai BUMN menambah kepercayaan masyarakat dalam memanfaatkan produk kredit secara nyaman.

Apa itu Pinjaman KTA Mandiri?

KTA Mandiri adalah produk pinjaman bank mandiri dimana proses pengajuan nya tidak memerlukan jaminan apapun. Adanya produk kredit tanpa agunan memberikan kemudahan sekaligus keuntungan bagi nasabah saat menghadapi masalah finansial. Layanan ini dibedakan menjadi beberapa jenis yakni KTA Mandiri Reguler, Payroll, dan Mitrakarya.

Ketiga jenis KTA tersebut ditujukan bagi nasabah umum, nasabah payroll yang menerima gaji melalui rekening mandiri, serta layanan khusus bagi karyawan perusahaan yang telah mendapatkan jatah pendanaan mitrakarya dari bank Mandiri.

Apa saja manfaat pinjaman Mandiri tanpa agunan?

Pada dasarnya pinjaman bank mandiri jenis KTA dapat dimanfaatkan untuk segala kebutuhan konsumtif pribadi. Dengan kata lain Bank Mandiri tidak mengharuskan penggunaan dana untuk kebutuhan tertentu sebagaimana pinjaman KUR Mandiri maupun kredit modal kerja. Dengan demikian debitur secara leluasa dapat mempergunakan uang pinjaman untuk memenuhi kebutuhan konsumtif. Berikut beberapa penggunaan dana yang kerap diajukan oleh nasabah:
  • Membiayai pendidikan anak.
  • Tambahan biaya pernikahan.
  • Sebagai tambahan modal usaha.
  • Sebagai biaya renovasi rumah.
  • Membiayai pengobatan dan persalinan.
  • Sebagai solusi menutup tagihan kartu kredit/ hutang lain.
  • Dan lain sebagainya.
Pemanfaatan uang pinjaman yang fleksibel di atas menjadi salah satu keunggulan layanan pinjaman tanpa agunan dari bank mandiri.

Keuntungan apa saja yang bisa diperoleh debitur?

Layanan KTA diberikan khusus untuk mempermudah nasabah dalam mengajukan pinjaman tanpa agunan apapun. Selain itu pinjaman KTA bank mandiri juga memiliki beberapa jenis dengan tingkat suku bunga ringan dan bersaing sesuai status nasabah calon debitur. Berikut beberapa keuntungan nyata yang bisa anda dapatkan melalui pinjaman mandiri tanpa jaminan:
  1. Syarat pengajuan mudah dengan proses cepat.
  2. Proses aman karena Bank Mandiri merupakan BUMN yang terdaftar dan diawasi oleh OJK.
  3. Tidak membutuhkan jaminan apapun.
  4. Plafon kredit hingga Rp 200 juta dengan tenor mencapai 5 tahun.
  5. Penggunaan uang pinjaman fleksibel sesuai kebutuhan debitur.
  6. Bunga ringan jenis flat sehingga mempermudah debitur mengatur keuangan selama periode cicilan kredit.
  7. Dapat diajukan langsung melalui kantor cabang maupun secara online.
  8. Dan lain sebagainya.
Segudang keunggulan di atas menjadi alasan kenapa produk KTA bank Mandiri saat ini banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Apakah bisa mengajukan pinjaman Rp 200 juta tanpa agunan melalui bank mandiri?

Bisa saja pinjaman bank mandiri tanpa agunan dapat diajukan dengan plafon maksimal Rp 200 juta. Namun demikian ada kriteria khusus bagi debitur dengan mempertimbangkan debt ratio. Debt Ratio sendiri merupakan perbandingan antara pemasukan dengan total angsuran kredit. Biasanya nominal pinjaman yang disetujui oleh Bank Mandiri dipertimbangkan dengan debt ratio debitur agar tidak melebihi 40% dari pemasukan atau gaji bulanan. Dengan adanya kontrol debt ratio setidaknya debitur akan lebih aman selama proses cicilan kredit tanpa khawatir akan timbulnya masalah keuangan keluarga. Umumnya persetujuan nominal kredit maksimal 5 kali gaji tetap yang diterima oleh calon debitur.

Misalnya anda memiliki gaji tetap Rp 5 juta per bulan maka pihak Bank akan mengijinkan anda mengajukan pinjaman maksimal Rp 25 juta. Dengan demikian bila anda ingin mengajukan pinjaman Rp 200 juta maka setidaknya gaji bulanan anda sekitar Rp 40 juta.

Apa syarat pengajuan yang dibutuhkan oleh nasabah?

Berikut persyaratan bagi calon debitur yang berhak mengajukan pinjaman tanpa agunan melalui bank Mandiri:
  1. Warga Negara Indonesia berdomisili di lingkup kerja bank Mandiri.
  2. Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun pada saat jatuh tempo pelunasan kredit.
  3. Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap minimal Rp 3 juta (Bandung, dan Jabodetabek) dan minimal Rp 2,5 juta (luar Jabodetabek dan Bandung) untuk pengajuan KTA Reguler.
  4. Gaji bulanan ditransfer melalui rekening bank Mandiri khusus untuk pengajuan KTA Payroll.
  5. Terdaftar sebagai karyawan perusahaan mitrakarya untuk pengajuan KTA Mitrakarya.
Selain ketentuan di atas tidak menutup kemungkinan terdapat syarat khusus sesuai dengan kebijakan bank mandiri terbaru.

Dokumen apa saja yang perlu dipersiapkan?

Sebagaimana pengajuan jenis kredit lain proses dimulai dengan mengisi formulir kredit sekaligus melengkapi dokumen yang dibutuhkan. Berikut beberapa dokumen yang diperlukan dalam proses pengajuan:
  1. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
  2. Fotokopi Kartu Pegawai atau Id Card.
  3. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak atau SPT.
  4. Fotokopi Rekening Tabungan Selama 3 bulan terakhir.
  5. Bukti pendapatan atau slip gaji terbaru atau fotokopi Kartu Kredit dengan limit Rp 5 juta dan masa keanggotaan selama 12 bulan.
Dengan melengkapi dokumen di atas proses persetujuan pinjaman bank Mandiri bisa berjalan dengan lancar sesuai ketentuan.

Berapa lama proses pinjaman Mandiri dapat dicairkan?

Proses KTA Mandiri dapat dicairkan dalam hitungan hari. Pada umumnya peroses persetujuan dan pencairan dana hanya membutuhkan 7 hari kerja untuk pengajuan jenis KTA Mitrakarya dan 4 hari untuk jenis Reguler dan Payroll.

Berapa cicilan yang harus dibayarkan bila memperoleh KTA Mandiri?

Nominal cicilan dan angsuran sangat tergantung dari nominal kredit yang disetujui. Anda bisa meliha tabel angsuran KTA Mandiri sebagai simulasi awal atau bisa juga menghitung secara mandiri dengan perhitungan sebagai berikut:

Cicilan Bulanan = Angsuran pokok (Total Pinjaman : Tenor) + Bunga (per bulan).

Untuk mempermudah perhitungan kita bisa berikan contoh misalnya Melinda Hapsari yang bekerja di perusahaan mitra Mandiri memperoleh pinjaman bank mandiri melalui  KTA Mitrakarya sebesar Rp 20 Juta dengan tenor 24 bulan/ 2 tahun dan bunga 18,60% per tahun.

Dari studi kasus di atas kita bisa menghitung cicilan bulanan yang harus dibayarkan Melinda Hapsari sebagai berikut:

Cicilan Pokok Per Bulan
Cicilan Bulanan = Rp 20.000.000 : 24 Bulan = Rp  833.333.

Bunga Per Bulan
Bunga per bulan = Pinjaman Pokok x Bunga : 12.
(Rp 20.000.000 x 18,60%) : 12 = Rp  310.000.

Dari perhitungan Angsuran Pokok dan Bunga di atas maka Melinda Hapsari harus membayarkan angsuran tiap bulan sebesar Rp 833.333 + 310.000 = Rp 1.143.333.

Biaya Apa Saja yang Dikenakan bagi Debitur?

Biaya Provisi, Adminisrasi dan Asuransi dikenakan sebesar 3% dari pencairan dana khusus nasabah yang berusia di bawah 50 tahun. Sementara biaya tersebut dikenakan sebesar 3,5% bagi nasabah yang usianya di atas 50 tahun. Perbedaan ini karena biaya asuransi nasabah usia di atas 50 tahun dikenakan lebih mahal. Biaya tersebut biasanya dipotong langsung dari pencairan pinjaman. Selain biaya tersebut masih ada lagi risiko lain seperti penalti penulasan lebih cepat sebesar 5% dari sisa pinjaman yang dilunasi.

Melalui informasi ringkas tentang pinjaman Bank Mandiri Rp 200 juta tanpa agunan di atas anda dapat mempertimbangkan pengajuan kredit melalui masing-masing  jenis KTA. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan solusi keuangan pribadi.

Belum ada Komentar untuk "Pinjaman Bank Mandiri Rp 200 Juta Tanpa Agunan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel