Syarat Kredit Ultra Mikro (UMi) Bunga 2% – 4%

Kredit Ultra Mikro (UMi) adalah program pinjaman dari pemerintah yang ditujukan bagi pelaku usaha sangat kecil. Langkah ini diambil untuk menjangkau masyarakat khususnya yang selama ini belum tersentuh oleh pembiayaan kredit usaha rakyat. Harapannya dengan adanya program pro rakyat ini pelaku usaha ultra mikro mampu bersaing sekaligus mengembangkan bisnis yang telah berjalan sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

Pelaku usaha sangat kecil sering kali mendapatkan kendala saat hendak mengajukan pinjaman modal ke bank lantaran tidak layak terdaftar sebagai penerima pinjaman. program UMi menjadi jawaban dari masyarakat yang hingga saat ini masih kesulitan mengakses pinjaman modal.
syarat kredit ultra mikro

Berbeda dengan KUR Mikro yang dapat diajukan dengan plafon maksimal Rp 25 juta, plafon Kredit Ultra Mikro hanya dibatasi antara Rp 1 juta hingga Rp 10 juta saja per debitur. Pinjaman UMi diberikan dengan suku bunga sangat rendah yakn 2% - 4% per tahun, lebih rendah dibandingkan bunga program KUR.

Peluncuran program UMi secara resmi dilakukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat tepatnya di Desa Pasir Angin, Megamendung sebagai pilot project.

Lembaga Penyalur UMi

Dana yang ditujukan sebagai pembiayaan UMi diambilkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dengan total plafon Rp 1,5 Triliun yang rencananya akan disalurkan melalui Lembaga Keuangan Non Bank, dan Pengelola Dana maupun Koperasi. Berikut daftar lembaga penyalur UMi 2018:
  1. PT. Pegadaian
  2. Pt. Bahana Ventura
  3. PT. Pemodalan Nasional Madani
Ketiga lembaga keuangan non bank di atas menjadi beberapa perusahaan yang ditunjuk oleh pemerintah sebagai penyalur Kredit Ultra Mikro bagi koperasi yang kemudian akan dilanjutkan pada masyarakat yang membutuhkan.

Syarat Kredit UMi

Adapun syarat pengajuan UMi diantaranya dapat anda lihat di bawah ini:
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Mengantongi Surat Usaha atau Surat Keterangan Usaha dari Penjabat yang Berwewenang.
  • Tidak sedang menerima pinjaman dari lembaga keuangan, perbankan, maupun koperasi lain.
Pada tahap pertama, pemerintah akan menyediakan program kredit ultra mikro di 19 desa dengan target penerima manfaat sejumlah 300.000 pelaku usaha di sektor ultra mikro. Simak Juga: Tabel KUR BRI.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel