Review Tunaikita – Aplikasi Pinjaman Online Terdaftar OJK

Bagi sobat yang masih bertanya-tanya Aplikasi Pinjaman Tunaikita itu pinjaman dari bank apa ya? Perlu kiranya dari awal sobat ketahui bahwa fasilitas pinjaman online yang ditawarkan oleh TunaiKita bukanlah pembiayaan dari salah satu perbankan seperti perkiraan banyak orang. Fasilitas kredit tersebut diberikan oleh PT Digital Tunai Kita yang berkantor pusat di Setiabudi Atrium Building, 8th Floor Suite 810 Jl. HR. Rasuna Said Kav. 62 Kuningan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Selain pertanyaan di atas ada juga beberapa diantaranya yang penasaran dan negative thinking bertanya apakah TunaiKita penipu? Untuk menjawab hal tersebut sebaiknya teman-teman ketahui bahwa PT Digital Tunai Kita telah terdaftar sebagai salah satu penyelenggara layanan pinjam meminjam online dengan mengandalkan teknologi informasi. Dengan demikian bisa kita pastikan bahwa pinjaman online TunaiKita bukanlah penipuan sebagaimana yang dikhawatirkan beberapa orang.

Terhitung sejak bulan Agustus 2017, TunaiKita secara resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga cukup meyakinkan bahwa perusahaan yang kerap disebut dengan Fintech tersebut merupakan perusahaan legal dan mengikuti peraturan OJK terkait kewajiban penyelenggara pinjaman online.

Fitur Pinjaman TunaiKita

Kehadiran TunaiKita menjadi bukti bahwa pertumbuhan fintech khususnya di dunia pinjam meminjam online di Indonesia berjalan sangat pesat. Perusahaan Digital Tunai Kita sendiri sebagai perseroan terbatas yang bergerak di sektor jasa keuangan telah terdaftar OJK dengan nomor S-3973/NB.111.17.
PlatformTunai Kita
PerusahaanPT Digital Tunai Kita
Terdaftar OJKYa, S-3973/NB.111.17
Jenis PinjamanPinjaman multiguna
Plafon PinjamanRp. 1 juta sampai 20 juta
Jangka Waktu1-30 hari / 3-6 bulan
Persetujuan Aplikasi1-2 Hari
Metode PengajuanOnline/ Aplikasi Android
Suku bunga0,7%-8% per hari
JaminanTanpa jaminan

Dari tabel di atas dapat kita ketahui bahwa TunaiKita menerima pengajuan pinjaman mulai Rp 500 ribu hingga Rp 20 juta dengan dua pilihan skema pengembalian. Skema pertama yakni pengembalian pinjaman sekali lunas dengan jangka waktu antara 10-30 hari dan skema kedua yakni pengembalian pinjaman melalui cicilan dengan tenor antara 3 bulan – 6 bulan.

Produk Pinjaman TunaiKita

Sebelum mengajukan aplikasi pinjaman,sobat perlu mengetahui bahwa terdapat dua jenis produk yang dapat kamu ajukan secara online baik melalui situs/ website maupun aplikasi TunaiKita yang bisa kamu download dan instal melalui Play Sotre. Adapun kedua produk pinjaman tersebut dapat kita simak di bawah ini.

1. Pinjaman Jangka Pendek/ Short Term

Pinjaman jangka pendek merupakan fasilitas pinjaman dana tunai dengan nominal antara Rp 1 juta hingga Rp 5 juta dan jangka waktu antara 10-30 hari. Jika kita melihat perkembangan fintech secara global, di negara maju jenis pinjaman online ini kerap disebut sebagai Payday Loan atau penarikan gaji. Sebutan ini diberikan karena plafon pinjaman yang relatif kecil dengan tenor pendek semacam ini hanya cocok bagi peminjam yang jelas dapat mengembalikan pinjaman setelah gajian.

Melalui Aplikasi TunaiKita sobat bisa mengajukan permohonan pinjaman dalam waktu 5 menit dan akan memperoleh persetujuan dalam hitungan jam. Ciri utama dari pinjaman TunaiKita jangka pendek yakni tenor pinjaman 10-30 hari dan pengembalian pinjaman dilakukan sekali lunas pada tanggal yang telah ditentukan. Bunga pinjaman atau biaya jasa yang dikenakan pada pinjaman jangka pendek yakni antara 0,7%- 0,95% per hari.

2. Installment/ Cicilan

Pinjaman ini diberikan dengan metode pengembalian cicilan. Sobat bisa mengajukan pinjaman Installment mulai Rp 4 juta hingga Rp 20 juta dengan tenor 3 hingga 6 bulan. Pinjaman berjangka dengan pengembalian menggunakan metode cicilan bisa jadi alternatif terbaik bagi sobat yang membutuhkan dana tunai secara cepat.  Adapun bunga pinjaman atau biaya jasa harian installment TunaiKita berkisar antara 2,75% - 8%.

Persyaratan dan Dokumen yang Dibutuhkan

Kriteria utama calon peminjam yakni: merupakan Warga Negara Indonesia dengan usia antara 18-55 tahun; Memili Kartu Tanda Penduduk dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang masih berlaku; dan Berdomisili di area kerja TunaiKita. Adapun area kerja yang menjadi target pasar PT Digital Tunai Kita diantarnaya: Jabodetabek, Surabaya, Kudus, Bandung, Surakarta, Yogyakarta, Batam, Palembang, Pekanbaru, Makassar, Padang, Manado, Banjarmasin, hingga Pontianak.

Selain memenuhi kriteria di atas, calon peminjam juga diwajibkan menyertakan dokumen persyaratan. Adapun dokumen yang dibutuhkan diantaranya: e-KTP; NPWP; dan salah satu Rekening Bank BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata Bank atau Bank Mega.

Cara Pinjam Uang di TunaiKita

Prosedur pengajuan pinjaman TunaiKita bisa sobal lakukan dengan mengikuti 4 (empat) langkah berikut:

1. Registrasi

Langkah awal sobat harus mendaftarkan diri sebagai pengguna aplikasi TunaiKita yang bisa kamu dapatkan melalui google Play Store. Silakan isi data dengan lengkap sehingga kamu bisa segera memperoleh skor kredit.

2. Ajukan Pinjaman

Pengajuan aplikasi kredit hanya bisa dilakukan bagi pengguna yang telah mendapatkan skor kredit. Hal ini dikarenakan penentuan bunga pinjaman TunaiKita salah satunya dipertimbangkan berdasar skor kredit yang sobat dapatkan. Sebelum mengajukan pinjaman kami sarankan bagi anda untuk terlebih dahulu mencari referensi khususnya pengalaman mengajukan pinjaman di TunaiKita.

3. Proses Persetujuan – Pencairan Dana

Proses persetujuan akan dilakukan begitu permohonan pinjaman yang sobat ajukan memenuhi persyaratan. Jika permohonan disetujui, sobat akan mendapatkan informasi sekaligus menerima transferan dana pinjaman ke rekening bank sesuai nomor yang kamu isikan pada tahap pendaftaran.

4. Pengembalian Pinjaman

Pinjaman berakhir setelah sobat mengembalikan dana plus bunga/ biaya jasa harian sesuai ketentuan yang berlaku. Besar kecilnya pengembalian ditentukan berdasar skor kredit, jangka waktu, dan nominal uang yang dipinjam. Agar memperoleh reward ada baiknya kamu segera mengembalikan pinjaman sehari sebelum jatuh tempo pembayaran.

Keunggulan

Berikut beberapa keunggulan pinjaman TunaiKita
  • Adanya Reward yang diberikan bagi peminjam (untuk peminjaman kedua) dengan pengembalian pinjaman tepat waktu.
  • Syarat mudah, tanpa kartu kredit, bahkan bisa dibilang hanya butuh KTP saja.
  • Proses pengajuan dan persetujuan cepat.
  • Adanya pilihan produk yakni pinjaman jangka pendek dan premier.
  • Dapat digunakan untuk segala kebutuhan.
  • Terdaftar OJK sehingga terpercaya.

Kekurangan

Ngomongin soal keunggulan tentunya pinjaman TunaiKita juga memiliki kekurangan. Berikut beberapa kekurangan pinjaman online yang ditawarkan PT Digital Tunai Kita versi KTABank.com.
  • Suku bunga tinggi jika dihitung dalam tahun bisa mencapai 200% lebih.
  • Belum melayani pengajuan pinjaman di seluruh Indonesia melainkan masih terdapat batasan kedaerahan sebagaimana yang telah kita simak di atas.
  • Kewajiban memiliki rekening tabungan dari bank tertentu.
Simpulan: Pinjaman TunaiKita menjadi salah satu pelopor Fintech Lending di Indonesia. Persyaratan mudah dan proses persetujuan cepat menjanjikan keuntungan bagi pencari pinjaman. Disisi lain suku bunga tinggi menjadi salah satu kekurangan layanan pinjaman online. Setelah mempelajari beberapa ulasan dan review di atas, apakah layanan Fintech yang telah terdaftar OJK ini pantas untuk sobat jadikan sebagai alternatif pinjaman online non bank? Semua terantung keputusan sobat sendiri. Terakhir perlu kami ingatkan bahwa keterlambatan pembayaran pinjaman bisa menjadi masalah serius. Untuk itu yakinkan diri sobat dapat mengembalikan pinjaman sesuai ketentuan yang berlaku.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel